Kesuksesan yang diraih oleh BTS tak hanya membuat Namjoon, Seokjin, Yoongi, Hoseok, Jimin, Taehyung dan Jungkook saja yang tenar. Ada hal lain juga di sekitar mereka yang ikut terkenal dan populer yakni hewan peliharaan mereka.

Ketujuh anggota BTS memiliki atau pernah memiliki hewan peliharaan, dan mereka tak kalah tenar, lho dengan tuannya. ARMY, penggemar BTS, juga ikut sayang sama mereka meski hanya melihat foto dan videonya saja.

Yuk, kita kenalan sama hewan-hewan peliharaan BTS yang lucu dan menggemaskan.

1. Yeontan

8 Hewan Peliharaan Member BTS yang Populer dan Jadi Kesayangan ARMYpinterest.co.uk

ARMY pasti sudah tak asing lagi pada sosok anjing kecil berwarna hitam bercampur coklat peliharaan Kim Taehyung atau V yang memiliki bentuk alis runcing seperti orang yang sedang marah. Yup, anjing yang juga disebut-sebut sebagai anggota ke delapan BTS ini bernama Yeontan atau Kim Yeontan. 

Keberadaan Yeontan pertama kali diketahui ARMY saat ia tampil numpang lewat dalam acara perayaan ulang tahun Jin di channel V-Live pada Desember 2017. Kala itu, Yeontan yang masih kecil dan bertubuh mungil berada dalam gendongan V. Kemunculannya membuat banyak ARMY penasaran sehingga V pun memperkenalkan Yeontan di akun Twitter BTS.

2. Eomuk, Odeng dan Gukmul

8 Hewan Peliharaan Member BTS yang Populer dan Jadi Kesayangan ARMYvisiteiffel.com

Pada September 2017 di sela-sela kesibukan BTS mempromosikan lagu DNA, Kim Seokjin memperkenalkan hewan peliharaan barunya kepada ARMY yakni dua ekor sugar glider yang ia beri nama Eomuk dan Odeng. Dalam bahasa Korea, Eomuk dan Odeng berarti fish ball atau fish cake, salah satu jenis menu makanan laut Negeri Ginseng.

Jin mengatakan ia sering memberi makan sugar glider peliharaannya berupa yogurt tawar. Sayangnya beberapa waktu kemudian Jin memberitahu ARMY bahwa Eomuk mati sehingga ia mengadopsi seekor sugar glider lagi untuk teman Odeng yang ia beri nama Gukmul, yang berarti sup dalam bahasa Korea.

3. Jjanggu

8 Hewan Peliharaan Member BTS yang Populer dan Jadi Kesayangan ARMYtwitter.com/kinkyjoons

Sebelum memelihara sugar glider, Jin memiliki sahabat dekat, yaitu seekor anjing bernama Jjanggu. Jin sering membagikan kelucuan Jjanggu dan kebersamaan mereka kepada ARMY melalui akun Twitter resmi @bts_twt.

Pada September 2017, melalui sebuah postingan di fancafe, Jin mengumumkan kabar duka kepada ARMY bahwa Jjanggu telah mati karena sakit. Jin mengatakan Jjanggu telah menjadi sahabatnya selama 12 tahun. Satu hal yang paling diingat oleh ARMY tentang Jjanggu adalah kesukaannya terhadap makan dan makanan, persis seperti tuannya, Jin.

4. Holly

8 Hewan Peliharaan Member BTS yang Populer dan Jadi Kesayangan ARMYkoreaboo.com

Holly merupakan anjing jenis poodle berwarna coklat yang dipelihara oleh Suga. Karena Suga bermarga Min (Suga memiliki nama asli Min Yoongi), ARMY pun memanggil Holly dengan nama Min Holly. Suga memperkenalkan Holly kepada ARMY pada September 2016 melalui akun Twitter BTS. 

Kabar Suga memelihara seekor anjing cukup mengejutkan ARMY karena ia dikenal sebagai sosok yang cool. Suga sendiri bahkan mengakui hal tersebut. Tapi begitu melihat Holly, Suga mengaku langsung jatuh hati. Jimin pernah membocorkan suatu rahasia bahwa Suga suka memanggil atau berbicara pada Holly dengan suara imut dan lembut.

5. Mickey

8 Hewan Peliharaan Member BTS yang Populer dan Jadi Kesayangan ARMYpinterest.com.au

Mickey adalah anjing jenis Shih Tzu berwarna putih dan coklat milik Jung Hoseok atau Jhope. Jhope pernah beberapa kali memposting tentang Mickey dan kebersamaan mereka di akun Twitter BTS. Jhope bersama sang kakak, Jung Jiwoo, kerap mendandani Mickey dengan baju dan aksesoris untuk anjing sehingga Mickey tampil amat menggemaskan.

6. Rapmon

8 Hewan Peliharaan Member BTS yang Populer dan Jadi Kesayangan ARMYpinterest.com

Sebelum berganti nama panggung menjadi RM, Kim Namjoon pernah dikenal dengan nama Rap Monster yang disingkat Rapmon. Rupanya, nama singkatnya itu sama dengan nama anjing peliharaannya, Rapmon.

Rapmon merupakan anjing berwarna putih yang diadopsi RM pada Agustus 2013. Sejak itu, RM sering membagikan kebersamaannya dengan Rapmon di akun Twitter BTS. RM mengaku pernah mewarnai kuku Rapmon dengan cat kuku berwarna pink, warna yang sama seperti warna rambut dirinya ketika mempromosikan Run bersama BTS.

7. Gureum

8 Hewan Peliharaan Member BTS yang Populer dan Jadi Kesayangan ARMYmobile.twitter.com

Gureum atau Cloud adalah anjing berwarna putih milik Jungkook. Gureum jarang terlihat bersama Jungkook dan jarang juga diperlihatkan oleh Jungkook, karena ia sehari-hari dirawat oleh abang Jungkook, Junghyun. Foto dan video Gureum lebih banyak diposting oleh Junghyun di akun Instagram pribadinya. Jungkook pernah bilang di siaran channel V-Live bahwa Gureum adalah anak anjing yang terlantar sebelum ia mengadopsinya.

8. Ddosun

8 Hewan Peliharaan Member BTS yang Populer dan Jadi Kesayangan ARMYaminoapps.com

Ddosun merupakan anjing peliharaan Jimin. Namun sayang Ddosun sudah pergi meninggalkan dunia untuk selama-lamanya. Hal itu diungkapkan Jimin pada 2015 lalu dalam acara The Pet Clinic. Saat itu, Jimin mengatakan Ddosun sudah berada di tempat yang lebih baik. Banyak foto Jimin bersama anjing yang beredar. Sayangnya tidak dapat dipastikan yang mana Ddosun.

Itulah hewan-hewan peliharaan anggota BTS. Meski sibuk dan punya jadwal padat, anggota BTS tetap bisa meluangkan waktu untuk merawat dan mengasuh hewan peliharaan mereka dengan baik dan penuh kasih sayang. Kalian juga harus begitu ya, Bela sama hewan peliharaan kalian.

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "8 Hewan Peliharaan Member BTS yang Populer dan Jadi Kesayangan ARMY"

Baca Juga: Serba Bisa, Ini 4 Video Pendek Hasil Karya Jungkook BTS!