Mungkin kamu adalah orang yang menyukai dan hobi koleksi tanaman hias bunga, atau hanya sekadar ingin membuat halaman dan ruangan kamu menjadi lebih indah. Namun, saat ini kamu sedang kebingungan sehingga mencari referensi tanaman hias apa lagi yang bisa melengkapi koleksi dan memperindah halaman rumah. 

Berikut beberapa jenis tanaman hias bunga yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk koleksi tanaman hias dan memperindah halaman rumah. Simak, yuk!

1. Bunga pentas

Tambah Koleksi dan Perindah Halaman Rumah dengan 11 Tanaman Hias Bungahttps://1.bp.blogspot.com/

Tanaman hias bunga pentas ini memiliki beberapa jenis warna bunga. Di antaranya; ungu, merah, putih dan merah muda dengan daun hijau. Bunga pentas ini memiliki perawatan yang mudah serta rimbun, sehingga cocok sebagai tanaman hias bunga.

2. Bunga melati

Tambah Koleksi dan Perindah Halaman Rumah dengan 11 Tanaman Hias BungaDok. Internet

Bunga melati dengan kelopak putih dan beraroma wangi ini, sangat populer dijadikan tanaman hias. Bunga bernama latin jasminum sambac tersebut merupakan jenis melati yang sering ditanam di pekarangan rumah. Selain itu, bunga melati serta daunnya bisa mengobati flu, demam dan diare.

3. Bunga lavender

Tambah Koleksi dan Perindah Halaman Rumah dengan 11 Tanaman Hias Bungafreepik.com/pvproductions

Bunga lavender memiliki warna yang indah sehingga sering digemari untuk dijadikan tanaman hias. Namun, lavender adalah jenis bunga yang sensitif terhadap kelembapan dan cahaya, sehingga membutuhkan perawatan yang lebih.

Bunga lavender juga memiliki aroma yang wangi sehingga sering digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk sekaligus aromaterapi, yang dipercaya akan meningkatkan ketenangan sehingga dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres.

4. Bunga kamboja

Tambah Koleksi dan Perindah Halaman Rumah dengan 11 Tanaman Hias Bungathegardenlady.org

Tanaman hias bunga kamboja tidak memerlukan perawatan yang ekstra. Karena meski tidak sering disiram, bunga kamboja dapat tumbuh dengan subur.

Bunga kamboja ini memiliki mahkota dengan warna merah atau putih dengan harum yang khas. Pohonnya kecil dengan daun jarang, cantik untuk dijadikan hiasan di halaman rumah.

5. Bunga kembang sepatu

Tambah Koleksi dan Perindah Halaman Rumah dengan 11 Tanaman Hias Bungahttps://unsplash.com/@kingmaphotos

Tanaman hias bunga berikutnya adalah bunga kembang sepatu memiliki ciri bunga yang besar dan mekar. Bunga ini sangat cocok untuk tumbuh dan ditanam di Indonesia, karena mampu tumbuh sepanjang tahun di negara-negara tropis seperti Indonesia.

Kembang sepatu juga memiliki kandungan zat antioksidan, yang dipercaya mampu mengendalikan radikal bebas, menurunkan risiko penyakit kronis dan mencegah kerusakan sel.

6. Bugenvil

Tambah Koleksi dan Perindah Halaman Rumah dengan 11 Tanaman Hias BungaFreepik.com

Bunga bugenvil sering ditemukan di halaman rumah. Memiliki kecantikan dan cara merawat yang mudah, membuat bunga jenis ini menjadi favorit untuk menjadikan bagian dari koleksi tanaman hias bunga banyak orang.

Bunga bugenvil juga memiliki manfaat yang baik untuk lingkungan, yaitu mampu meningkatkan kadar kualitas dari air dan udara. Sehingga mampu menekan kadar polusi di lingkungan sekitarnya.

7. Bunga kupu-kupu

Tambah Koleksi dan Perindah Halaman Rumah dengan 11 Tanaman Hias Bungahttps://unsplash.com/@ankumpan

Penampakan bunga kupu-kupu yang cantik dengan warna daun ungu, akan terlihat indah jika dijadikan tanaman hias di halaman rumah. Tanaman ini menjadi favorit dikarenakan perawatannya yang tidak sulit. Cukup dengan akses cahaya matahari yang cukup dan tidak terlalu terik, tanaman ini sudah dapat tumbuh dengan baik.

Selain itu, bunga kupu-kupu juga dipercaya mampu mengobati diabebetes, anti bakteri, mencegah diet, mengobati rematik, menghilangkan nyeri dan mengobati diare.

8. Cocor bebek

Tambah Koleksi dan Perindah Halaman Rumah dengan 11 Tanaman Hias Bungahttps://tanahkaya.com/

Tanaman cocor bebek cocok untuk hiasan di dalam rumah, karena warna bunganya yang indah. Tanaman cocor bebek juga memiliki daun yang tebal dan mengandung banyak air.

Tanaman hias bunga ini juga memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah untuk menurunkan kolesterol, mengatasi infeksi bakteri dan jamur, mencegah peradangan, mengobati luka, menurunkan tekanan darah dan sebagainya.

9. Bunga mawar

Tambah Koleksi dan Perindah Halaman Rumah dengan 11 Tanaman Hias BungaPexels.com/Hebert Santos

Bunga yang paling digemari oleh sebagian besar permepuan sebagai lambang kasih, adalah bunga mawar. Meskipun berduri, bunga mawar memiliki aroma yang wangi serta warnanya yang indah. Bunga mawar sangat cocok dijadikan tanaman hias, dengan warna yang beragam. Bunga mawar merah juga hadir sebagai simbol romansa dan simbol cinta di seluruh dunia.

10. Bunga anggrek

Tambah Koleksi dan Perindah Halaman Rumah dengan 11 Tanaman Hias Bungaflickr.com

Bunga anggrek juga merupakan tanaman bunga hias favorit bagi para kolektor tanaman, karena bentuknya yang indah dengan pilihan warna yang beragam. Bunga anggrek ini biasanya tumbuh dengan bentuk simetri bilateral.

Di samping memanfaatkan keindahannya sebagai hiasan, bunga anggrek juga memiliki manfaat lain di dalam dunia kesehatan. Di antaranya adalah meredakan demam, meredakan masalah pernapasan, meredakan sakit perut dan menyehatkan mata.

11. Bunga tapak dara

Tambah Koleksi dan Perindah Halaman Rumah dengan 11 Tanaman Hias Bungahttps://pixabay.com/

Bunga tapak dara mampu beradaptasi pada cuaca yang panas, sehingga tanaman hias bunga ini cocok untuk tumbuh di negara tropis seperti Indonesia. Bunga ini juga tidak memiliki perawatan khusus dan mudah untuk ditanam.

Bunga tapak dara juga memiliki khasiat sebagai obat oles, sedangkan air rebusannya dapat dimanfaatkan untuk mengurangi pendarahan, menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi gigitan serangga hingga menurunkan kadar gula darah.

Ada banyak cara untuk mendekorasi ruangan dan halaman rumah, namun salah satu cara yang dapat memperindah setiap sudut dapat dilakukan dengan menanam tanaman hias bunga. Selain memuaskan mata akan keindahan, ternyata ada banyak tanaman hias bunga yang memberikan manfaat untuk lingkungan dan kesehatan.

Jadi, ada baiknya selain memperhatikan aspek keindahan juga memilih tanaman yang akan memberikan banyak manfaatnya.

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Akan Mempercantik Halaman Rumah

Baca Juga: 15 Jenis Tanaman Bunga Merambat yang Tahan Panas

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tanaman Semak Harum yang Cocok Ditanam di Halaman Rumah