Menuntut ilmu adalah kewajiban untuk semua muslim di seluruh dunia, orang yang bersungguh–sungguh dalam menuntut ilmu sejatinya adalah golongan orang–orang yang mencintai pengetahuan dan kebaikan.

Allah sangat menyukai orang yang memiliki tujuan hidup ingin bahagia baik di dunia maupun akhirat. Salah satu kewajibannya adalah menuntut ilmu. Nah, perlu kamu ketahui, berikut adalah kumpulan hadis tentang menuntut ilmu yang harus kamu tau.

1. Hadis tentang ilmu adalah warisan yang sangat berharga

5 Hadis Tentang Menuntut Ilmu yang Wajib Kamu Tauunsplash.com/PriscillaDuPreez

Salah satu hadis tentang menuntut ilmu adalah hadis yang berasal dari riwayat Abu Dawud. Dinilai sahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Abu Dawud  no. 3641. Dalam hadis tersebut diriwayatkan:

“Keutamaan orang berilmu di atas ahli ibadah bagaikan keutamaan bulan purnama atas seluruh bintang-bintang. Sesungguhnya ulama itu adalah pewaris para nabi. Para Nabi tidaklah mewariskan dirham dan dinar, akan tetapi mereka mewarisi ilmu. Maka barang siapa yang mengambilnya, sungguh dia telah mengambil keberuntungan yang besar” (HR. Abu Dawud. Dinilai sahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Abu Dawud  no. 3641). 

Hadis tersebut menjelaskan bahwa warisan yang sangat berharga bukan hanya terbatas harta dan kekayaan saja, tetapi jauh daripada itu ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas adalah warisan paling berharga dalam bumi ini. 

2. Hadis tentang ilmu adalah sumber pahala dan kebajikan

5 Hadis Tentang Menuntut Ilmu yang Wajib Kamu Tauunsplash.com/ChrisMontgomery

Dalam hadis lain ilmu pengetahuan juga dinilai sebagai sumber pahala dan kebajikan, seperti dalam hadis yang diriwayatkan oleh muslim:

“Barang siapa menempuh satu jalan (cara) untuk mendapatkan ilmu, maka Allah pasti mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

Ilmu pengetahuan dalam Islam bisa menjadi ladang untuk mendapatkan pahala, manusia dimudahkan dalam mengumpulkan pahala dan kebajikan. Karena menuntut ilmu bisa menjadikan manusia lebih bertakwa kepada Allah. 

3. Hadis tentang ilmu pengetahuan adalah kewajiban bagi setiap orang

5 Hadis Tentang Menuntut Ilmu yang Wajib Kamu Tauunsplash.com/AvelChuklanov

Sebagaimana telah diriwayatkan oleh Ibnu Majah, bahwa ilmu pengetahuan adalah sebuah kewajiban bagi hamba Allah yang bertakwa.

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap  muslim.” (HR. Ibnu Majah no. 224).

Sesuai dengan riwayat tersebut, dikatakan bahwa kegiatan menuntut ilmu adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap hamba Allah yang bertakwa. Kewajiban untuk menuntut ilmu ini juga tidak memandang status sosial baik kaya ataupun miskin, pejabat atau masyarakat biasa, laki–laki maupun perempuan semuanya memiliki kewajiban yang sama, yaitu mempelajari ilmu pengetahuan. 

4. Hadis tentang Allah meninggikan derajat orang-orang yang menuntut ilmu

5 Hadis Tentang Menuntut Ilmu yang Wajib Kamu Tauunsplash.com/ClarkTibbs

Seperti yang telah dituliskan dalam buku Hadis Tarbawi Hadis-hadis Pendidikan, karya Dr. H. Abdul Majid Khon, M.Ag. (2012), Penerbit Kencana, dikutip tentang hadis menuntut ilmu. Allah Pernah berfirman yang artinya adalah: 

“Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: 'Berlapang-lapanglah dalam majelis', maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: 'Berdirilah kamu', maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS.SuratAl-Maidahayat:11).

Dalam firman tersebut telah disebutkan bahwa Allah akan meninggikan beberapa derajat orang–orang yang menuntut ilmu dan memiliki pengetahuan. 

5. Hadis tentang ilmu pengetahuan mengubah akhlak menjadi lebih baik

5 Hadis Tentang Menuntut Ilmu yang Wajib Kamu Tauunsplash.com/RobinWorrall

Bagi seseorang yang menuntut ilmu, harus bisa mengambil manfaat dari ilmu yang telah diajarkan. Maka bisa diartikan bahwa Ilmu yang didapatkan bukan hanya terletak pada seberapa kuat hafalan dan pemahaman yang didapatkan. Terdapat dua nasihat yang wajib didapatkan. Dua manfaat yang wajib diperoleh yaitu pengamalan ilmu itu sendiri dan bagaimana ilmu itu mampu mengubah akhlak kita menjadi lebih baik.

Mengamalkan atau mengajarkan ilmu yang kita miliki dan pahami akan mendatangkan manfaat yang sangat banyak bagi diri sendiri maupun kepada orang lain yang diajarkan. Mengamalkan ilmu bukan berarti kita menggunakannya untuk argumen (hujjah) yang menyudutkan orang yang mempelajarinya. Akan tetapi, tujuannya itu untuk memberi manfaat dan mengamalkan untuk mengejar dunia dan akhirat. Seperti apa yang telah diriwayatkan oleh muslim bahwa:

“Jika seorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang sholeh”. (HR. Muslim No.1631)

Hadis tersebut menjelaskan bahwa ketika seseorang sudah berpulang ke rahmatullah maka terputus sudah segala amalannya di dunia kecuali tiga hal, yaitu sedekah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak soleh. Dan ilmu yang bermanfaat bagi banyak orang adalah salah satu amalan yang bisa mendatangkan pahala bagi kita walaupun sudah meninggal.

Ulasan di atas adalah beberapa kumpulan hadis tentang menuntut ilmu dalam Islam, semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan keilmuan mengenai hadis–hadis yang berhubungan dengan menuntut ilmu.

Baca Juga: Kumpulan Doa Saat Menghadapi Kesulitan Menurut Alquran dan Hadis

Baca Juga: Bisa Membuka Pintu Rezeki, Ini Hadis Tentang Sedekah dan Keutamannya

Baca Juga: Inilah 13 Doa Harian Beserta Artinya yang Mudah Dihafalkan