Jendela menjadi komponen penting yang harus dimiliki oleh setiap rumah, karena jendela berfungsi sebagai media untuk pertukaran antara udara di dalam dan luar rumah.

Namun, kadangkala kamu kebingungan untuk menentukan desain jendela maupun nama jenis desain jendela yang ingin kamu sampaikan atau cari di internet. Berikut nama desain jendela minimalis yang bisa kamu gunakan sebagai referensi.

1. Jendela model tenda (Awning window)

12 Nama Desain Jendela untuk Mempercantik Tampilan Rumahhttps://sc04.alicdn.com

Desain jendela untuk rumah masa kini yang pertama yaitu jendela dengan model tenda atau awning window. Jendela model ini dibuka dengan cara mendorong bagian bawah hingga seperti tenda.

Awning window cocok digunakan untuk ruangan yang tertutup seperti garasi atau kabin. Dengan jendela model ini, air hujan akan meluncur pada permukaan kaca jendela.

2. Jendela yang tidak bisa dibuka (Stationary window)

12 Nama Desain Jendela untuk Mempercantik Tampilan Rumahhttps://unsplash.com

Model jendela berikutnya adalah stationary window yang cocok untuk melengkapi estetika rumah dengan gaya yang minimalis. Konsep jendela dengan gaya kontemporer, meskipun tidak bisa dibuka namun tetap memberikan keindahan pada rumah minimalis saat ini.

Untuk mendukung penggunaan jendela ini, harus memerhatikan ventilasi yang memadai agar sirkulasi udara dapat berganti dengan baik.

3. Jendela model gantung Ganda (Double-hung window)

12 Nama Desain Jendela untuk Mempercantik Tampilan Rumahhttps://unsplash.com

Jendela model ini merupakan jendela yang dirancang dengan cara membukanya secara vertikal ke atas. Kaca jendela model Double-Hung Window, dapat dibuka di salah satu sisinya, yaitu membuka bagian atasnya saja atau bagian bawahnya saja.

Desain jendela seperti ini bernuansa klasik, namun mampu memberikan kesan indah pada rumah model minimalis masa kini. 

4. Jendela geser (Sliding window)

12 Nama Desain Jendela untuk Mempercantik Tampilan Rumahhttps://unsplash.com

Desain jendela minimalis selanjutanya adalah sliding window atau jendela geser. Desain jendela satu ini menjadi pilihan yang banyak diminati, karena selain estetika dari jendela itu sendiri juga memberikan kemudahan menggunakannya serta tidak memakan banyak ruang.

Jendela ini memberikan kesan yang berkelas dibandingkan jendela model lainnya. Kamu hanya perlu menggesernya secara horizontal untuk membuka jendela.

5. Jendela model gantung tunggal (Single-hung window)

12 Nama Desain Jendela untuk Mempercantik Tampilan Rumahhttps://unsplash.com/@mrrrk_smith

Sama halnya dengan double hung window, cara kerja desain jendela ini dapat dibuka secara vertikal. Hanya saja pada jendela model ini hanya terdapat satu sisi saja yang bisa dibuka.

Jelas bahwa jendela model ini bernuansa klasik, tapi akan menjadi cantik apabila digunakan pada desain rumah minimal saat ini. 

6. Jendela taman (Garden window)

12 Nama Desain Jendela untuk Mempercantik Tampilan Rumahhttps://unsplash.com

Jendela model taman ini memiliki desain lebih menonjol keluar daripada dindingnya membentuk seperti kotak kaca. Kotak garden window ini berfungsi sebagai rak untuk meletakkan tumbuhan atau tanaman.

Garden window cocok untuk dipasang di dapur, kamar mandi atau ruang makan. Sisi kosong pada jendela taman ini bisa kamu isi dengan tanaman seperti tumbuhan bumbu dapur kamu.

7. Jendela model kaca atap (Skylight window)

12 Nama Desain Jendela untuk Mempercantik Tampilan Rumahhttps://unsplash.com

Desain jendela ini cocok dipakai di bagian rumah paling atas, jendela model ini menambah nilai estetika dari rumah. Skylight window memiliki desain yang sebagian atau seluruh atap digunakan untuk keperluan ventilasi atau penerangan.

Jendela kaca atap ini memberikan pemandangan langit yang indah, sehingga sesuai jika digunakan pada ruangan kerja atau ruang tidur kamu.

8. Jendela dinding (Wall window)

12 Nama Desain Jendela untuk Mempercantik Tampilan Rumahhttps://unsplash.com

Wall window ini biasa digunakan pada bangunan gedung perkantoran, wall window ini didesain untuk mengganti dinding dari beton dengan jendela kaca transparan. Namun tidak menutup kemungkinan untuk diterapkan di desain rumah, gaya rumah dengan jendela dinding ini membuat desain rumah dengan gaya yang berkelas.

9. Jendela gerbong (Hopper window)

12 Nama Desain Jendela untuk Mempercantik Tampilan Rumahhttps://unsplash.com

Hopper window merupakan jendela dengan model ketika dibuka akan menghadap ke atas dengan engsel di bagian bawah jendela. Jendela jenis ini cocok digunakan untuk ruang garasi atau ruang bawah tanah. Namun, sayangnya air akan menggenang di jendela ketika dibuka di hari hujan.

10. Jendela tingkap (Casement window)

12 Nama Desain Jendela untuk Mempercantik Tampilan Rumahrbrapidcity.com

Jendela model ini bisa dibuka selebar mungkin karena memiliki engsel yang terpasang di samping jendela. Jendela model ini sering digunakan pada desain rumah-rumah yang mengutamakan aliran udara untuk menyejukkan rumah, ketimbang penggunaan penyejuk ruangan.

11. Jendela melengkung (Bow window)

12 Nama Desain Jendela untuk Mempercantik Tampilan Rumahhttps://www.pellabranch.com

Berasal dari kata Prancis kuno. "baee", yang berarti bukaan atau lubang. Bow Window atau jendela teluk adalah kombinasi dari tiga jenis jendela yang bersudut dan memiliki kompartemen untuk menjadi ruang duduk atau meletakkan barang. Ada yang berbentuk persegi, heksagonal atau segi delapan. 

12. Jendela model kaca susun (Jalousie window)

12 Nama Desain Jendela untuk Mempercantik Tampilan Rumahhttps://modernize.com

Jendela model kaca susun ini adalah desain klasik yang biasa kita temui di rumah-rumah desain 70-an hingga 90-an. Meskipun jendela ini berkesan jadul, namun tetap dapat memberikan nilai estetika pada desain rumah kamu.

Dari beberapa daftar model desain jendela minimalis di atas, dapat diketahui bahwa setiap desain jendela memiliki fungsi dan nilai estetikanya masing-masing. Desain jendela tersebut bisa disesuaikan dengan desain rumah yang diinginkan.

Seperti untuk mendapatkan kesan mewah dan berkelas, slidding window cocok untuk digunakan. Sedangkan untuk bangunan seperti gedung perkantoran, wall windows lebih sesuai digunakan.

Baca Juga: Inspirasi Desain Hunian Ramah Lingkungan dengan Banyak Jendela

Baca Juga: 11 Inspirasi Desain Jendela Rumah untuk Hunian Minimalis

Baca Juga: 8 Inspirasi Desain Ruang Kerja Minimalis, Kerja Semakin Semangat