Sebentar lagi akhir tahun Bela, kamu sudah ada rencana liburan kemana? Apa selama ini kamu termasuk tipe orang yang bersemangat ketika liburan tiba, namun sangat malas saat harus packing atau berkemas barang? Agar barangmu tetap rapi di dalam koper atau ransel saat dibawa pergi, lakukan lima tips mudah untuk packing berikut ini ya!

Pertama, pilih dulu tas apa yang akan kamu bawa

 
Jangan abaikan poin yang satu ini. Memilih tas yang tepat adalah hal yang sangat krusial dan penting. Kalau kamu memilih tas koper yang mempunyai roda untuk ditarik, tentu akan memiliki bobot yang berat. Belum lagi kalau ditambah membawa beban lain berupa pakaian dan barang-barang kebutuhan selama bepergian. Menurut para expert di dunia travelling, sebuah tas ransel ukuran lima liter ialah pilihan yang tepat. Pilih ransel atau backpack yang memiliki bobot ringan.

Bawalah baju yang ringan dan tidak mudah kusut

 
Meski sedang jauh dari rumah dan lemari bajumu, kamu tetap ingin tampil oke dan cantik saat liburan kan? Karena itulah, sangat penting untukmu memilah baju-baju yang harus dibawa agar tak salah kostum. Tapi, jangan malah memasukkan semua baju bagusmu ke dalam tas ya. Agar lebih mudah dan ringan, bawa saja pakaianmu yang berbahan kain tipis namun tetap elegan. Kamu bisa menggulungnya menjadi ukuran kecil sehingga menyisakan banyak ruang untuk barang lainnya.

Pilah bajumu berdasarkan hari

 
Dari sekian baju berbahan ringan yang telah kamu ambil dari lemari dan sisihkan tadi, kemudian pilahlah berdasarkan jumlah hari liburan dan jenis aktivitas yang sudah kamu rencanakan. Misalnya ketika kamu tiba di hari Sabtu pagi, baju mana yang akan kamu kenakan, dan untuk hari-hari berikutnya hingga liburanmu berakhir dan kamu harus pulang. Kalau kamu berlibur dalam waktu lama atau lebih dari dua minggu, pertimbangkan juga untuk membawa baju yang bisa kamu kenakan ulang. Jadi, tak semua baju ringan harus kamu bawa ya.

Bawa perlengkapan mandi dan kosmetik, lalu kategorikan ya..

 
Selama perjalanan, kamu pasti tetap ingin menjaga penampilanmu kan? Itulah fungsinya kamu membawa barang-barang ini. Jangan lupa untuk mengategorikan segala barang bawaanmu ya. Hal ini akan mempermudah dalam melakukan pengecekan benda mana saja yang belum terbawa. Setelah semua benda dikelompokkan, barulah kamu susun ke dalam tas berdasarkan prioritas yang dibutuhkan lebih dulu. Agar lebih aman, simpan peralatan mandi dan kosmetik di dalam kantong yang kedap air lebih dulu ya sebelum masuk ke dalam ransel. Hal ini untuk mengantisipasi jika barang-barang tersebut tumpah dan bajumu menjadi korban.

Jangan lupa bawa tas kecil untuk menyimpan kebutuhan utama

 
Kamu wajib membawa tas kecil yang bisa kamu pakai kemana saja tanpa mengganggu aktivitasmu. Tas kecil ini bisa kamu isi dengan benda-benda penting dan berharga, seperti ponsel, dompet, tiket, kunci penginapan, atau yang lainnya. Dengan tas kecil ini, kamu bisa dengan mudah mengambil barang-barang penting yang kamu butuhkan tanpa repot membuka ransel ataupun koper. Susunlah secara rapi barang-barang tersebut agar tidak kesulitan untuk mengeluarkannya.

Sisipkan uang cadangan di tempat tersembunyi namun mudah dijangkau

 
Bepergian ke kota orang, apalagi kalau kamu sendirian dan perempuan, sangat rentan terhadap tindak kejahatan. Tentu tak sekali dua kali kamu mendengar ada traveller yang kehilangan uang dan segala barang bawaannya bukan? Karena itulah, kamu harus waspada dan tetap mengantisipasi kejadian buruk yang sewaktu-waktu bisa menimpamu. Jangan pernah menyimpan uang dalam satu tempat saja. Sisipkanlah sebagian pada saku di kantong tersembunyi di celana atau pada bagian ransel yang tidak mudah dijangkau.

Terakhir, manfaatkan ruang kosong dalam koper atau ranselmu

 
Apa kamu sering galau ketika masih ingin membawa beberapa barang namun ternyata tasmu malah tidak muat? Tenang, kamu bisa memanfaatkan ruang kosong yang tercipta dengan sendirinya di koper atau ranselmu kok. Misalnya kamu bisa menyelipkan ikat pinggang atau bahkan sandal di sela-sela tumpukan pakaianmu. Atau kalau kamu membawa tas cadangan di dalam koper atau ransel, kamu bisa memasukkan celana dalammu ke dalamnya. Ruang kosong di sepatumun juga bisa untuk tempat kaos kaki atau bahkan botol kaca bukan?

Setelah semuanya sudah tertata rapi, ada baiknya kamu menimbang tasmu ya Bela. Tujuannya sederhana, kalau kamu tarveling menggunakan pesawat, jangan sampai melebihi limit yang ditetapkan oleh pihak maskapai. Selamat berkemas!

BACA JUGA : 5 Tips Praktis Packing Produk Makeup Buat Mudik