Semua orang pasti sepakat jika mampu menghasilkan uang dari hobi, maka itulah sebuah keberuntungan dalam hidup ini. Tapi sayangnya, beberapa hobi anak muda millennial zaman sekarang seringkali dianggap remeh orang lain dan tak jarang diberi komentar "kurang kerjaan." Padahal siapa sangka kalau hobi yang sering disepelekan tersebut jika ditekuni bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan.

Berikut 7 kegiatan yang sering disepelekan tapi pada akhirnya bisa membuat hidup seseorang mapan. Mana yang jadi hobimu, Bela?

Dari hobi traveling kamu bisa jadi blogger atau vlogger ngetop

7 Kegiatan Ini Sering Dibilang Kurang Kerjaan, Padahal Bisa Membuatmu Hidup Mapan unsplash.com/Franciele Cunha

Banyak orang menganggap traveling atau jalan-jalan itu hanya menghabiskan uang. Tapi siapa sangka, kalau kamu benar-benar menekuninya bisa saja traveling justru mendatangkan penghasilan. Kamu bisa membuat paket wisata misalnya, jadi guide untuk pendakian gunung atau bahkan jadi blogger dan sekaligus vlogger.

Hobi coba-coba makeup bisa jadi langkah awalmu sebagai MUA

7 Kegiatan Ini Sering Dibilang Kurang Kerjaan, Padahal Bisa Membuatmu Hidup Mapanunsplash.comHazel Olayres

Karena doyan dandan alias mencoba-coba makeup baru, kamu jadi sering dibilang keganjenan. Padahal dengan hobimu ini, kamu jadi sering diandalkan untuk mendandani teman-teman. Tanpa sadar kamu sudah jadi MUA dengan penghasilan lumayan. Bukankah kalau ditekuni akan cukup menjanjikan?

Hobi cosplay pun bisa menghasilkan uang puluhan juta lho

7 Kegiatan Ini Sering Dibilang Kurang Kerjaan, Padahal Bisa Membuatmu Hidup Mapanunsplash.com/Paolo Nicolello

Apa orangtuamu sudah frustasi gara-gara melihat anaknya memiliki hobi cosplay? Sekarang kamu harus membuktikan pada mereka kalau hobi yang satu ini bisa menghasilkan uang. Caranya macam-macam, mulai dari mengikuti lomba, mengisi acara, menjual merchandise diri sendiri seperti foto, hingga endorsement.

Hobi bermain game bahkan memungkinkan untuk meraup jutaan dollar

7 Kegiatan Ini Sering Dibilang Kurang Kerjaan, Padahal Bisa Membuatmu Hidup Mapanunsplash.com/NeONBRAND

Untuk game online, biasanya ada fitur tertentu yang dimiliki oleh sosok karakter di dalam game tersebut yang harus didapat dengan regulasi tertentu. Nah, kalau kamu memang sudah andal dan menemukan cara untuk memenangkan permainan serta membuat karakter baru, maka karyamu bisa dijual pada sesama gamerss.

Hobi nonton K-Drama? Lama-lama kamu bisa mahir bahasa Korea dan bisa jadi penerjemah

7 Kegiatan Ini Sering Dibilang Kurang Kerjaan, Padahal Bisa Membuatmu Hidup Mapanunsplash.com/Ciaran O'Brien

Menikmati K-Drama sebenarnya tak sekadar membuang-buang waktu saja. Toh kamu bisa belajar bahasa Korea dan ujung-ujungnya bisa jadi freelancer serba Korea. Salah satunya jadi penerjemah variety show Korea.

Hobi memasak bisa membuka peluang usaha katering

7 Kegiatan Ini Sering Dibilang Kurang Kerjaan, Padahal Bisa Membuatmu Hidup Mapanunsplash.com/Gianna Trewavas

Kalau kamu belajar memasak secara profesional, kesempatanmu untuk mendapatkan penghasilan tambahan pun akan semakin lebar. Kamu bisa saja membuka toko kue, rumah makan, atau bahkan usaha katering yang bisa kamu kendalikan dari rumah.

Kamu yang hobi mendandani orang juga punya peluang untuk jadi fashion stylist

7 Kegiatan Ini Sering Dibilang Kurang Kerjaan, Padahal Bisa Membuatmu Hidup Mapanunsplash.com/ Charisse Kenion

Apa selama ini kamu suka mengomentari fashion teman-temanmu dan mendandani mereka? Kalau iya, ke depannya kamu berkesempatan menjadi seorang fashion stylist dengan gaji yang sangat menjanjikan. Biasanya mereka dibutuhkan untuk acara pernikahan, pertunangan, atau acara resmi lainnya.

Hobi apapun sejatinya bisa menghasilkan rupiah, tinggal bagaimana kamu mengembangkan dan menekuninya. Jadi, apa hobi yang kini kamu jalani, Bela?


BACA JUGA : 10 Pilihan Hobi ini Bisa Membuat Kamu Lebih Baik Pasca Putus Cinta