Apa kamu pernah mengalami kejadian menyedihkan nan memilukan berikut ini, Bela? Ketika kamu sudah membeli tiket jauh-jauh hari, namun beberapa hari atau bahkan beberapa jam sebelum keberangkatan kamu justru mendapat kabar kalau jadwal penerbangan tersebut dibatalkan karena alasan operasional misalnya, tentu kamu merasa rugi kan? Agar tidak kebingungan lagi, lakukan lima tips ini untuk mengatasi kejadian serupa di kemudian hari ya.

Segera hubungi maskapai yang bersangkutan via telepon

Jangan Panik! Lakukan 5 Hal Ini Saat Penerbanganmu Dibatalkanwww.pexels.com
 
Daripada kamu mengantri dengan ratusan orang lainnya untuk meminta keterangan mengenai hal ini di bandara, alangkah lebih baiknya jika kamu menghubungi maskapai yang bersangkutan via telepon saja. Cobalah berbicara dengan mereka dan atur ulang penerbanganmu. Selain itu, coba cari tahu tentang cara refund atau pengembalian dana kepada customer service-nya ya.

Cek penerbangan selanjutnya, baik dari maskapai yang sama atau maskapai selanjutnya

Jangan Panik! Lakukan 5 Hal Ini Saat Penerbanganmu Dibatalkanwww.pexels.com
 
Cari tahu dengan cepat via online jam berapa akan ada penerbangan selanjutnya menuju destinasimu. Kalau memang maskapai yang membatalkan penerbanganmu tadi cukup bertanggung jawab, pasti mereka akan membantumu mendapatkan jadwal yang kamu butuhkan. Yang perlu kamu ingat, kamu harus melakukannya dengan cepat. Sebab, ada ratusan orang lain yang senasib denganmu dan juga melakukan hal yang sama.

Ketika kamu tak mendapat penerbangan di hari yang sama, segera booking hotel!

Jangan Panik! Lakukan 5 Hal Ini Saat Penerbanganmu Dibatalkanwww.pexels.com
 
Kalau kamu tak berhasil mendapatkan penerbangan di hari yang sama, entah dari maskapai tersebut atau maskapai lainnya, segeralah cari penginapan dan booking saat itu juga. Kecuali, kalau kamu merelakan dirimu ada di bandara semalaman. Akan sangat beruntung kalau maskapai yang membatalkan tadi juga memberimu kompensasi penginapan. Coba tanyakan dulu pada mereka ya!

Bersikaplah tegas, tapi tetap ramah

Jangan Panik! Lakukan 5 Hal Ini Saat Penerbanganmu Dibatalkanwww.pexels.com
 
Meski kamu merasa sedih, kecewa, dan bahkan marah, tapi tetap ingatlah untuk selalu bersikap ramah. Karyawan maskapai yang sedang kamu temui dan kamu mintai keterangan itu bukanlah penyebab dibatalkannya penerbanganmu. Tetaplah bersikap pengertian dan menyenangkan, karena kamu bukan satu-satunya korban. Dan karyawan di maskapai itu hanya melakukan pekerjaannya.

Perhatikan apa yang penumpang lain lakukan

Jangan Panik! Lakukan 5 Hal Ini Saat Penerbanganmu Dibatalkanwww.pexels.com
 
Hal ini juga penting kamu lakukan, karena bisa saja perlakuan karyawan tidak sama dalam mengatasi pembatalan penerbangan. Ada yang mengoordinasikan re-booking penerbangan ke tempat tujuan dengan maskapai lain tanpa biaya, ada yang mendapatkan pengembalian dana penuh untuk penerbangan plus kompensasi transportasi mereka ke bandara, sementara kamu sendiri mendapat perlakuan berbeda. Dengan fakta ini, kamu bisa menuntu kejelasan.
 
Semoga hal ‘mengenaskan’ ini tak sampai kamu dapati ya, Bela. Kalaupun ternyata iya, lakukan 5 tips di atas untuk mengatasinya ya!

BACA JUGA : 7 Aturan Penerbangan Tak Tertulis yang Belum Kita Ketahui