Jepang dan sakura, seakan sudah menjadi dua hal yang saling melekat. Sakura sendiri adalah bunga musiman yang akan indah pada musim bermekarannya. Sakura atau yang juga disebut Cherry Blossom merupakan bunga nasional negara Jepang. Dan inilah enam fakta di balik keindahan si sakura ini.

Sakura merupakan bagian dari keluarga mawar, Rosaceae

Sakura atau Hazakura? Ini Lho 6 Fakta Unik Dibalik Bunga Nasional Jepangunsplash.com/Galen Crout

Apa sebelumnya kamu pernah berpikir kalau sekilas bentuk bunga sakura ini mirip dengan bunga mawar, Bela? Benar saja, karena pasalnya tanaman indah ini termasuk ke dalam subfamili dari Rosaceae. Nama bahasa Inggris untuk sakura adalah Cherry Blossom.

Ada nama khusus ketika kelopak bunga sakura semuanya jatuh ke bawah

Sakura atau Hazakura? Ini Lho 6 Fakta Unik Dibalik Bunga Nasional Jepangmoments-of-joy.deviantart.com

Mereka biasa menyebutnya hazakura. Mungkin inilah satu-satunya pohon dengan sebutan khusus tatkala bunga-bunganya telah berguguran. Hazakura, adalah sebutan bagi pohon dengan bunga Sakura yang telah mekar dan gugur. Pada kondisi tersebut, yang tersisa adalah pucuk-pucuk baru.

Ada lebih dari 600 jenis sakura di Jepang

Sakura atau Hazakura? Ini Lho 6 Fakta Unik Dibalik Bunga Nasional Jepangunsplash.com/Jake weirick

Jumlah ini termasuk spesies endemik dan hybrid di Jepang.  Bunga Sakura memang diketahui memiliki kemampuan untuk bermutasi secara berkala. Hal ini yang menjadi penyebab terdapat banyak jenis pohon Sakura. Ragam jenis Sakura bisa dilihat dari perbedaan warna dan ukuran kelopak bunga.

Pohon sakura tertua di Jepang mencapai usia 2000 tahun

Sakura atau Hazakura? Ini Lho 6 Fakta Unik Dibalik Bunga Nasional Jepangthetreeographer.com

Pohon sakura yang sangat tua ini ada di Kuil Jissou. Saking tuanya, pohon ini bahkan disebut sebagai salah satu monumen alam di Jepang. Lokasi tepatnya adalah di kawasan Prefektur Yamanashi. Jangan lupa berfoto di sini saat berkunjung ke Jepang nanti ya!

Daun dan kelopak bunga sakura bisa dimakan

Sakura atau Hazakura? Ini Lho 6 Fakta Unik Dibalik Bunga Nasional Jepanghungerhunger.blogspot.co.id

Setelah diolah melalui proses pencelupan ke dalam garam, daun dan kelopak bunga Sakura bisa digunakan sebagai bahan pembuatan makanan. Nah, bahan hasil olahan dari Sakura ini dikenal dengan nama Sakurazuke. Bahan ini biasa digunakan dalam pembuatan mochi dan roti. Kamu tertarik?

Tak hanya sebagai makanan, sakura ternyata juga dapat diminum

Sakura atau Hazakura? Ini Lho 6 Fakta Unik Dibalik Bunga Nasional Jepangbarmagazine.co.uk

Kelopak bunga sakura yang telah direndam garam kemudian bisa diseduh dalam secangkir air panas. Bunga Sakura akan terlihat mengembang kembali di dalam cangkir. Nah, kelopak bunga yang diseduh ini disebut sakurayu. Sakurayu biasanya menjadi minuman yang disajikan dalam acara-acara formal seperti pernikahan.

Setelah mengetahui fakta menarik tentang bunga cantik ini, apa kamu semakin ingin melihatnya Bela? Segera perbanyak tabungan untuk pergi ke Jepang ya!

BACA JUGA : Kalau Jadi Turis di Jepang, Pokoknya Hindari 7 Hal ini Ya!