Ketika berselancar di dunia YouTube, kamu pasti sering mendengar para YouTubers mengucapkan kalimat "Jangan lupa subscribe, like dan comment!" Ini kan, Bela? Hal ini terjadi karena mereka sadar, jika channel mereka tidak memiliki subscribers, maka cita-cita untuk memiliki karier yang cemerlang di dunia per-YouTube-an akan sirna.

Untuk bisa mempunyai ribuan subscriber, kamu harus memiliki konten atau video yang unik dan menarik dibanding yang lainnya. Jika subscriber-mu sudah banyak, kamu pun berpeluang untuk 'mengeruk' penghasilan besar sebagai YouTuber atau pebisnis online. Ingin tahu bagaimana cara meningkatkan subscriber YouTube mu dengan mudah? Ini dia jawabannya!

1. Upload video secara rutin

Cara Menambah Subscriber YouTube Pexels.com/Teono123

Semakin kreatif dan produktif sebuah channel YouTube, maka akan semakin banyak pula penggemarnya. Hal ini terjadi karena pengunjung akan menunggu video-video baru. Apalagi kalau jumlah subscriber mu mulai banyak, jangan sampai disia-siakan. Terus tambah kuantitas dan intensitas unggahan videonya, dengan tetap menjaga kualitas. 

2. Manfaatkan trending untuk membuat video

Cara Menambah Subscriber YouTube Pexels.com/Pixabay

Biasanya konten yang viral adalah konten trending seperti "Lagu baru minggu ini," "Film layak tonton bulan ini," dan semacamnya. Biasanya video ini akan banyak dilihat, meski bersifat sementara atau tidak bertahan lama. Kamu bisa membuat video mengenai trending dengan merekam peristiwa yang terjadi di sekitarmu.

3. Sebarkan link video ke berbagai media sosial dan situs website

Cara Menambah Subscriber YouTube Pexels.com/Pixabay

Kamu bisa memanfaatkan media sosial dan situs website populer seperti Facebook, Twitter, Instagram, forum kaskus, dan lain sebagainya. Lakukan cara ini setiap kamu selesai mengunggah sebuah video. Jika kamu konsisten melakukannya, perlahan channel YouTube-mu juga akan memiliki banyak subscriber.

4. Jangan lupakan SEO

Cara Menambah Subscriber YouTube Pexels.com/Brett Sayles

Bagi mereka yang sudah tenar, menerapkan SEO YouTube mungkin tidak terlalu penting, karena sudah banyak subscriber setia yang akan langsung menyerbu video mereka. Tapi untuk kamu yang baru saja berkecimpung di dunia YouTube, fokuslah pada SEO lebih dulu. Mulailah dengan membuat judul dan deskripsi YouTube sesuai dengan penelusuran yang sedang dicari.

5. Pelajari dan aplikasikan tips dari YouTube

Cara Menambah Subscriber YouTube Pexels.com/freestocks.org

Perlu kamu ketahui, pihak YouTube sudah menyediakan berbagai tips agar setiap orang bisa sukses di media sosial ini. Banyak tutorial membuat video berkualitas dan kiat meningkatkan jumlah pengunjung. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengakses menu yang ada di dashboard, pelajari dengan baik, dan praktikkan saran dari mereka.

6. Terjemahkan videomu

Cara Menambah Subscriber YouTube Pexels.com/Fancycrave.com

Mungkin nampak sebagai hal sepele, tapi kamu kamu pikirkan lagi, ini bisa jadi sangat menguntungkan. Lihatlah di Analytics, dari mana saja penonton videomu itu berasal. Kalau ada salah satu negara Eropa atau mungkin Amerika, maka memasang terjemahan sangatlah disarankan. Kalau merasa kesulitan, setidaknya kamu menerjemahkan satu video yang jumlah viewers-nya paling banyak.

7. Menggunakan Addmefast

Cara Menambah Subscriber YouTube 

Kalau yang ini adalah agar subscriber-mu cepat bertambah. Caranya, daftarkan emailmu lebih dulu agar bisa log in ke addmefast. Lalu, klik Addsite/page dan isilah kolom-kolom yang tersedia, lalu disave. Selanjutnya, kamu bisa kembali ke Youtube dan melakukan setting. Buka "Channel Setting" dan pilih opsi "Advanced." Lalu, scroll ke bawah untuk mencari opsi "Do not display the number of people subscribed to my channel," tekan dan save. Setelahnya, kamu tinggal melihat jumlah subscriber-mu meningkat.

Apakah cara menambah subscriber  YouTube diatas sudah siap kamu eksekusi, Bela? Intinya, membangun sebuah channel  itu bukan hal mudah, dan kamu harus menerapkan beberapa strategi.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari YouTube