Sebagian besar orang di dunia ini mengaku tak bisa melupakan penerbangan pertama mereka, apa kamu salah satunya Bela? Tentu saja hal itu wajar kalau dianggap pengalaman berkesan dan menakjubkan, tapi waktu itu kamu nggak melakukan hal yang memalukan kan? Agar penerbangan-penerbanganmu berikutnya jadi lebih nyaman, pahami tujuh aturan penerbangan tak tertulis ini dengan baik ya. Ingat, jangan pernah lakukan yang dilarang.

Saat pemeriksaan barang dilakukan, siapkan dulu sebelum diminta petugas

 
Karena kalau kamu menunggu disuruh, itu akan makan waktu lebih lama dan antrian pun akan semakin mengular. Kamu juga udah dewasa, jadi gunakan inisiatif dan kesadaran sendiri aja ya. Keluarkan benda cair yang kamu bawa dan pegang kartu identitasmu. Kalau di luar negeri, kamu juga wajib buka jaket atau outer-mu Bela. Kamu harus sudah siap ketika check in.

Jangan gunakan pakaian berbahan kulit yang ketat

 
Makin maraknya maskapai bujet rendah, sekarang siapapun bisa naik pesawat. Baju mereka pun jadi semau-maunya. Bukan hanya pakaian berbahan kulit saja yang tidak disarankan, tapi juga pakaian berbahan nilon. Intinya, jangan pakai baju yang membuat kulitmu susah bernafas, termasuk jaket anti air. Di dalam pesawat terbang, udara begitu kering dengan tingkat kelembaban begitu rendah hingga bisa mencapai 10 persen. Jenis kain-kain tadi hanya akan membuat kulitmu kering.

Lupakan soft lens-mu dan gantilah dengan kacamata

 
Kalau kamu menempuh penerbangan jarak panjang yang memakan waktu lebih dari 8 jam, sangat disarankan bagimu melepaskan soft lens yang kamu kenakan dan menggantinya dengan kacamata. Turunnya kelembaban di dalam pesawat akan membuat matamu tak nyaman, kalau dibiarkan nantinya malah akan berujung pada mata kering dan iritasi lho.

Kalau duduk di tengah atau bagian dalam, jangan banyak minum ya

 
Kamu pasti sudah paham kalau yang namanya toilet dalam sebuah kendaraan itu jumlahnya sangat terbatas. Kamu tak bisa pergi ke toilet seenaknya, gantian juga dong dengan yang lainnya. Kalau kamu banyak minum, itu artinya kamu akan makin sering ke kamar kecil. Belum lagi kalau kamu duduk di tengah atau bagian dalam, kamu akan merepotkan penumpang di sampingmu karena harus berdiri dan membuat ruang untukmu. Duh, emangnya kamu mau diganggu terus?

Ketika berada di toilet, waktu maksimalmu adalah 5 menit

 
Namanya juga pesawat, penumpangnya banyak, toiletnya sedikit. Tiket yang kamu beli juga sama dengan penumpang-penumpang lainnya, jadi kamu juga harus adil dan bijak dengan mereka. Gunakan seperlunya saja, supaya orang lain yang membutuhkan juga bisa mengaksesnya. Idealnya, jangan menggunakan toilet lebih dari lima menit, jangan sampai penumpang lain menunggu terlalu lama.

Kalau kamu ingin bersandar, mengatur sandaran kursinya juga jangan sembarangan

 
Ini juga tak ada aturan tertulisnya, tapi bukan berarti kamu boleh mengatur sandaran kursi sesuka hatimu ya. Kamu boleh berbaring asal penerbangan lebih dari dua jam dan orang di belakangmu punya tinggi kurang dari 180 sentimeter. Hal ini seringkali terjadi dalam kelas penerbangan ekonomi dengan ruang kaki yang sangat terbatas. Kalau mengatur sandaran dikira-kira ya, biar orang di belakangmu tetap nyaman tanpa mendapati kakinya terjepit.

Jangan pakai parfum dengan aroma berlebihan

 
Ini sih tak hanya di udara, dimanapun tak akan ada orang yang suka dan tahan dengan aroma parfum yang menyengat. Bahkan, ada beberapa orang yang malah alergi parfum. Kasihan kan kalau sampai orang di sampingmu terganggu penebangannya dan bersin-bersin tiada henti? Agar aman, lebih baik kenakan parfummu setelah kamu turun dari pesawat terbang. Kalau masih ingin menggunakan wewangian, ada baiknya kamu pakai cologne bayi atau body mist dengan aroma ringan yang lebih cepat menguap.

Kamu sudah paham tujuh aturan tak tertulis di atas Bela? Jangan pernah jadi orang menyebalkan di atas pesawat ya!

BACA JUGA : Pramugari Ini Bantu Penumpang Melahirkan di Atas Ketinggian 12.800 meter!