Saat Idul Fitri tiba, pasti kamu akan bertemu seseorang atau mendapat pesan yang berisikan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. 

Sudah banyak dituliskan dalam hadits-hadits, bahwa ketika seorang muslim bertemu dengan sesama muslim pada momen hari raya, baik Idul Fitri maupun Idul Adha, para sahabat Nabi mencontohkan untuk mengucapkan kalimat tersebut. Tapi, apakah kamu sudah tahu arti dan jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum , Bela? Cari tahu di sini yuk!

Bukan sekadar ucapan, tapi sekaligus doa

Arti dan Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa MinkumUnsplash.com/Fahrul Azmi

Arti kalimat Taqabbalallahu Minna Wa Minkum adalah "semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian." Hari Raya Idul Fitri pasti didahului dengan puasa dan amal-amal lainnya. Nah, dengan ucapan dan doa melalui kalimat Taqabbalallahu Minna Wa Minkum ini sesama muslim pun saling mendoakan.

Ucapan lain tidak dilarang, tapi ucapan ini memiliki keutamaan tersendiri

Arti dan Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa MinkumUnsplash.com/Daniil Silantev

Ucapan lain seperti minal aidin wal faizin memang tidak dilarang, namun Taqabbalallahu Minna Wa Minkum memiliki keutamaan tersendiri. Yaitu, menghidupkan sunnah yang dicontohkan para sahabat nabi. Dan keutamaan menghidupkan sunah adalah mendapat pahala seperti orang-orang yang mengamalkannya.

Karena berupa doa, maka bisa dijawab dengan "Amin..."

Arti dan Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa MinkumUnsplash/azhrjl

Amin sendiri bermakna "kabulkanlah" atau "terimalah doa ini." Siapapun pasti berharap agar puasa dan amalan-amalan lain di bulan ramadan ini diterima Allah kan? Kamu bisa menjawab ucapan ini dengan kata "Amin" atau "Amin Ya Rabbal 'Alamin," jangan menjawabnya dengan "sama-sama" ya.

Atau bisa juga dijawab dengan ucapan yang sama

Arti dan Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa MinkumUnsplash.com/Azamat Kinzhitaev

Jawaban yang satu ini sesuai dengan perintah di dalam al-Quran, "Jika kalian diberi salam dalam bentuk apapun, maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal" (QS An Nisa': 86). Karena itulah, kamu bisa mendoakan lawan bicaramu dengan ucapan yang sama di hari raya nanti. 

Pada saat lebaran, ternyata tidak ada pengkhususan untuk saling memaafkan

Arti dan Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa MinkumUnsplash.com/Juan Camilo Guarin P

Sering kita dengar tersebar ucapan, "Mohon Maaf Lahir dan Batin" saat Idul Fitri. Seolah-olah momen ini adalah waktu khusus untuk saling memaafkan. Padahal, waktu untuk saling memohon maaf itu luas. Saat berbuat salah, baiknya kita langsung meminta maaf, tidak perlu menunggu saat Idul Fitri. 

Ucapan ini baiknya mulai diucapkan setelah selesai shalat Idul Fitri, Bela. Jadi, sudah tak ragu lagi kan dengan jawabannya? Itulah arti dan jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Semoga bermanfaat, Bela.

Baca Juga: Arti dari Ucapan ‘Minal Aidin Wal Faizin’