Betapa banyak keajaiban yang dihadirkan Tuhan di muka bumi ini. Ada keajaiban berupa tempat bersejarah, benda-benda peninggalan sejarah, ataupun segala sesuatu yang dianggap unik. Kalau dulu saat sekolah kamu cukup akrab dengan istilah "7 Keajaiban Dunia", sekarang ada istilah barunya Bela. Yaitu, 10 Keajaiban Dunia. Agar kamu tak ketinggalan zaman, simak yuk daftarnya.

Roman Baths di Sommerset, UK

 
Tempat ini ialah kompleks pemandian bersejarah di zaman Romawi. Suhu air yang memancar dari sumber air panasnya mencapai 46 derajat celcius, dan semenjak ditemukan telah mengeluarkan air sebanyak 240 ribu galon setiap harinya. Selalu ada lebih dari satu juta pengunjung setiap tahunnya.

Menara Miring Pisa, Italia

 
Menara Pisa sebenarnya adalah lonceng dari sebuah katedral. Yang membuatnya unik dan sampai dikenal di seluruh dunia adalah kemiringan bangunannya. Kemiringan menara ini disebabkan karena kondisi tanah yang tidak stabil. Satu hal yang menjadi sangat menarik, meski posisinya miring, namun bangunan menara Pisa tetap tahan selama berabad-abad.

Colosseum di Roma, Italia

 
Colosseum juga disebut Flavian Amphitheater, yakni merupakan bangunan terbesar dan kebanggaan kekaisaran Roman. Bangunan ini sengaja dibuat untuk arena pertarungan yang mampu menampung hingga 50 ribu penonton. Ada 80 pintu masuk yang jadi pelengkapnya, dan yang paling terkenal adalah pintu barat yang digunakan untuk membawa keluar gladiator yang tewas dalam pertarungan.

Chichen Itza di Yucatan, Meksiko

 
Merupakan peninggalan arkeologi suku Maya di Meksiko yang paling lengkap serta masih terawat dengan baik. Menurut buku budaya suku Maya, kompleks candi ini dibangun antara tahun 502-522 Masehi. Suku Maya hanya menempatinya selama 200 tahun, kemudian mereka berpindah ke daerah pantai di Campeche.

Hagia Sophia di Istanbul, Turki

 
Hagia Sophia (dalam bahasa Yunani), atau Sancta Sophia dalam bahasa latin dan The Church of the Divine Wisdom dalam bahasa Inggris. Sementara itu, orang Turki menyebutnya Aya Sofya. Hagia Sophia dibangun pertama kali tahun 360 sebagai gereja, pernah terbakar dua kali di antara tahun 532-537, kemudian direnovasi. Saat itu Hagia Sophia menjadi gereja paling besar di dunia. Fatih Sultan Mehmet yang menguasai Turki pada 1453 melakukan sholat di Hagia Sophia, kemudian dari gereja peruntukannya diubah menjadi masjid.

Machu Picchu di lembah Urubamba, Peru

 
Machu Picchu menarik perhatian internasional ketika pertama kali ditemukan kembali oleh arkeolog dari Universitas Yale, AS, Hiram Bingham, yang menemukannya pada 1911. Machu Picchu ini bertingkat-tingkat, semakin tinggi tingkatannya, semakin tinggi tingkat kekuasaan orang yang menempatinya. Di tempat tertinggilah tempat para pendeta Inca mengadakan upacara menghormati matahari setiap harinya.

Taj Mahal dan Benteng Agra di Uttar Pradesh, India

 
Agra fort atau benteng Agra terletak di negara bagian Uttar Pradesh, sekitar 200 km dari ibukota India, New Delhi. Di kota Agra pulalah, salah satu ikon kebanggaan India - Taj Mahal, didirikan. Bangunan ini sendiri dicanangkan oleh raja Shah Jahan untuk mengenang istri kesayangannya, Mumtaz Mahal yang meninggal sewaktu melahirkan anak ke 14 Shah Jahan. Taj Mahal sampai sekarang selaras dengan cinta yang tidak pernah habis dan keindahan yang tidak ada duanya.

Cristo Redentor Statue di Rio de Janeiro, Brasil

 
Patung Art Deco terbesar di dunia dan patung Yesus terbesar ke-5 di dunia. Sebuah simbol kekristenan di seluruh dunia, patung ini juga menjadi ikon budaya Rio de Janeiro dan juga Brasil. Letaknya di puncak Gunung Corovado, sehingga pengunjung yang datang dapat memandangi suasana kota Rio mulai dari pelabuhan Guanabara Utara sampai Lagoa Rodgigo de Freitas dari atas.

Petra di Amman, Yordania

 
The Lost City, julukan ini kerap diberikan pada Petra. Merupakan sebuah kota batu (Petra berarti 'batu') yang pernah hilang selama ribuan tahun. Saat memasuki kawasan Petra, siapapun akan melihat jejeran bangunan megah yang dibuat dan dipahat dari batu-batu berukuran raksasa. Untuk masuk ke kawasan Petra, turis yang datang diwajibkan membayar tiket seharga 50 JD atau kurang lebih Rp700 ribu.

Tembok Besar China di Huairou, Republik Rakyat Tiongkok

 
Tembok Besar China dikenal sebagai salah satu warisan budaya dunia. Tembok yang dibangun sebagai benteng ini merupakan bangunan terbesar yang pernah dibuat dalam sejarah peradaban manusia. Bangunan ini sendiri memiliki panjang mencapai 6.350 km. Banyak sekali cerita yang menyelimutinya, mulai dari cerita rakyat hingga cerita-cerita legenda yang sangat tersohor.

Lalu, kamu tertarik untuk mengunjungi keajaiban dunia yang mana dulu Bela?

BACA JUGA : Gila! Inilah 9 Kolam Renang Terbaik di Dunia, Salah satunya dari Indonesia