Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sejarah Google yang Genap Berdiri Selama 25 Tahun

Dibentuk oleh dua sekawan dari Universitas Stanford

Zikra Mulia Irawati

Google genap berusia 25 tahun pada 27 September 2023. Selama itulah mesin pencari informasi ini menjawab jutaan bahkan miliaran rasa penasaran dari orang-orang dari seluruh dunia. Kamu pasti salah satunya juga, bukan?

Sebelum sebesar ini, Google bermula dari mimpi dua sekawan yang ingin membuat akses informasi dunia lebih terpusat. Lebih lengkap tentang sejarahnya, simak informasi di bawah ini.

Bermula dari proyek penelitian

telegraph.co.uk

Ide pembentukan Google sebetulnya sudah muncul pada awal 1996 karena Larry Page dan Sergey Brin menjadikannya sebagai proyek penelitian di Universitas Stanford. Keduanya bermimpi memiliki mesin pencari yang akan memeringkat halaman berdasarkan seberapa sering istilah pencarian muncul di halaman.

Google baru resmi berdiri pada 4 September 1998 di Menlo Park, California, Amerika Serikat sebagai perusahaan swasta. Mereka juga memiliki slogan tidak resmi "don't be evil" atas usul salah satu karyawannya, Paul Buchheit, sekitar tahun 2000–2001.

Simpang siur hari jadi Google

wikipedia.org

Secara teknis, Google seharusnya merayakan hari jadi setiap 4 September. Namun, mereka pernah merayakannya di tanggal lain, seperti 8 September, 7 September (2004), 26 September, dan 27 September mulai 2006.

Pemilihan tanggal tersebut didasarkan pada penayangan Google Doodle pertama pada 27 September 2002. 

Prestasi yang diraih Google

Pexels.com/PhotoMIX Company

Google pernah mendapatkan penghargaan perusahaan yang memiliki merek paling bernilai dari Business Indeed pada 2014. Alexa, perusahaan penyedia data trafik web milik Amazon, pada 2012 menyebutnya sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia. 

Layanan Google

Google telah berkembang menjadi perusahaan raksasa yang menyediakan berbagai layanan, seperti Google AdSense, Google AdWords, Google Search, Google Map, Google Earth, Google Books, Gmail, Google Drive, Google Docs, Google Chrome, Google Analytics, Google SMS, dan Google+.

Pada 2 Oktober 2015, CEO Google Larry Page mengumumkan bahwa Google Inc akan dinaungi oleh sebuah perusahaan bernama Alphabet. Hal ini dilakukan agar bisnis utama Google tak terganggu. Perusahaan tersebut juga menaungi perusahaan lain, seperti Calico, Google Ventures, Google Capital, Google X, dan Nest Labs.

Google Doodle ulang tahun ke-25

blog.google

Dalam rangka ulang tahunnya yang ke-25, Google menampilkan logo spesial untuk Google Doodle. Bagi mereka perayaan ini bukan sekadar dalam rangka ulang tahun perusahaan, tetapi juga merayakan rasa penasaran orang-orang dari berbagai penjuru dunia.

"Jadi saat kami merayakan ulang tahun kami yang ke 25 hari ini, kami juga merayakan 25 tahun rasa ingin tahu Anda. Bagaimanapun, rasa ingin tahu Andalah yang mendorong kami—dan kemajuan kami," tulis Google lewat blog resminya.

Selamat hari jadi, Google! Apa keyword pencarian paling unik kamu di platform ini, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration