Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jurusan Psikologi: Pengertian, Info Kuliah, dan Prospek Kerja

Jurusan kuliah yang banyak peminat, lho!

SEO Intern Popbela

Setiap orang pastinya berbeda-beda dalam memulai untuk meniti karir. Untuk kamu pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang tengah berada di tahun terakhir, kamu bisa memulainya dengan memilih jurusan kuliah yang memiliki potensi dan prospek kerja yang terjamin. 

Salah satu jurusan kuliah yang banyak diminati adalah jurusan psikologi. Jurusan tersebut memungkinkan mahasiswanya untuk belajar ilmu tentang manusia. Prospek kerjanya juga cukup luas.

Berikut penjelasannya.

1. Apa itu jurusan psikologi?

freepik.com/KamranAydinov

Melansir usnews, jurusan psikologi merupakan program studi yang mempelajari tentang perilaku manusia dan kondisi psikologisnya secara sistematis. Pemikiran, kinerja otak, dan interaksi sosialnya merupakan bagian dari perilaku manusia yang dipelajari secara mendalam di jurusan tersebut.

Mahasiswanya dipersiapkan untuk bisa menginterpretasikan hasil dari penelitian tentang perilaku manusia dan menemukan solusi dari masalah dan gangguan yang terkait psikologis seseorang.

2. Kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa psikologi

freepik.com

Jurusan ini sangat cocok bagi seseorang yang memiliki ketertarikan pada pola perilaku dan kepribadian manusia. Sebagai seorang calon mahasiswa atau mahasiswa jurusan psikologi, ada beragam kemampuan yang bisa membantu selama proses perkuliahan dan bekerja nantinya. Ini dia hard skill yang perlu kamu punya.

  • Pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu psikologis
  • Kemampuan mengolah data kuantitatif yang baik
  • Pengetahuan tentang desain eksperimen dan pembelajaran berbasis eksperiensial. 

Selain hard skill tersebut, terdapat soft skill yang perlu kamu pelajari dan latih karena sangat berguna selama proses perkuliahan. Berikut keterampilannya.

  • Kemampuan berkomunikasi yang efektif dan lugas
  • Mampu menjadi pendengar yang sabar
  • Bisa berpikir secara kritis
  • Dapat mencari solusi yang inovatif dan kreatif.

3. Hal-hal yang akan dipelajari selama kuliah psikologi

freepik.com/pressfoto

Selama kamu berkuliah di jurusan psikologi, ada banyak hal yang bisa kamu pelajari terkait perilaku manusia yang diajarkan secara teoretis dan praktis melalui kegiatan eksperimen. Di semester awal, kamu akan mendapatkan mata kuliah pengantar seperti psikologi umum dan teori psikologi.

Di semester menengah dan akhir, kamu dapat mempelajari ilmu psikologi secara lebih spesifik seperti psikologi anak, psikologi sosial, teori kepribadian, obat-obatan, ilmu saraf, dan lain sebagainya. Kamu juga akan banyak melakukan eksperimen dan praktik

Tak hanya itu saja, kamu pun bisa melakukan proyek studi dengan menerapkan ilmu yang sudah kamu pelajari di semester akhir untuk dijadikan sebagai tugas akhir.

4. Prospek kerja lulusan jurusan psikologi

freepik.com

Seorang mahasiswa psikologi yang sudah menyelesaikan studi sarjananya akan mendapatkan gelar S.Psi, sedangkan untuk lulusan magister akan diberikan gelar M.Psi. 

Lulusannya memiliki kesempatan berkarir sangat luas. Mereka bisa bekerja di instansi pendidikan, rumah sakit, perusahaan swasta, hingga instansi pemerintah sebagai pengajar, peneliti, terapis, psikolog, dan konselor. Pekerjaan tersebut juga bisa meluas dari spesialisasi yang diambil selama berkuliah.

Selain itu, banyak dibutuhkan sebagai perekrut tenaga kerja dan di bidang personalia berbagai perusahaan dan instansi. Bidang pekerjaan lain seperti di bidang administratif bisa dimasuki juga oleh lulusan jurusan ini. Oleh karena itu, prospek kerja jurusan psikologi sangat menjanjikan dan terbuka secara luas.

5. Contoh kampus yang memiliki jurusan psikologi

freepik.com

Jika kamu memiliki minat untuk berkuliah di jurusan psikologi, beberapa kampus di Indonesia sudah memiliki jurusan tersebut. Berdasarkan data dari EduRank, berikut kampus negeri terbaik yang mempunyai jurusan tersebut. 

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Pendidikan Indonesia
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Negeri Padang.

Beberapa kampus swasta juga memiliki jurusan Psikologi dengan kurikulum terbaik dan di antaranya sudah banyak dikenal orang sebagai kampus swasta terbaik. Berikut daftar kampusnya.

  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Bina Nusantara
  • Universitas Kristen Petra
  • Universitas Kristen Satya Wacana
  • Universitas Pelita Harapan.

Itulah penjelasan mengenai informasi jurusan psikologi dan prospek kerjanya. Apakah kamu tertarik untuk mengambil jurusan kuliah tersebut, Bela?

Penulis: Cesilia Sasanda Eka Putri Noveliana

IDN Media Channels

Latest from Inspiration