Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

YPI dan Mustika Ratu Gelar Pemilihan Puteri Indonesia 2024

Mewujudkan Generasi Berkarakter Menuju Indonesia Maju

Romi Subhan

Yayasan Puteri Indonesia (YPI) didukung penuh oleh PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) untuk menyelenggarakan Pemilihan Puteri Indonesia ke-27 tahun 2024 dengan tema "Mewujudkan Generasi Berkarakter Menuju Indonesia Maju Berkelanjutan".

Sebanyak 42 Finalis Puteri Indonesia mewakili provinsi di Indonesia dengan berbagai profesi seperti dokter, influencer, model, karyawati, dan mahasiswi dari berbagai universitas dari dalam maupun luar negeri siap berkompetisi untuk memperebutkan 4 (empat) mahkota Borobudur yang mewah, agung dan mempesona persembahan dari Hartono Wira Tanik (HWT) untuk Puteri Indonesia 2024, yang terdiri dari Mahkota Merah untuk Puteri Indonesia, Mahkota Hijau untuk Puteri Indonesia Lingkungan dan Mahkota Biru untuk Puteri Indonesia Pariwisata dan Mahkota untuk Puteri Indonesia Kebudayaan 2024.

Sebelum malam grand final yang digelar pada 8 Maret 2024, simak dulu perjalanan mereka berikut ini.

Pembekalan

Dok. Yayasan Puteri Indonesia

Sebelumnya, 42 finalis tersebut telah menjalani serangkaian kegiatan pembekalan dan kelas selama Pra Karantina dari tanggal 20-27 Februari, dilanjutkan dengan karantina Puteri Indonesia dari tanggal 29 Februari hingga 9 Maret 2024.

Masa Karantina

Dok. Yayasan Puteri Indonesia

Pada saat karantina, mereka akan mendapatkan pembekalan dan kelas, di antaranya Beauty Class dan Product Knowledge bersama Mustika Ratu, pembekalan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta kunjungan dan pembekalan keuangan bersama PT Bank Central Asia Tbk, Welcome Dinner di Plataran, Talent Show, National Costume & Preliminary di Balai Sarbini, Konservasi Mangrove di Taman wisata Alam Mangrove, public speaking, koreografi dan kegiatan lainnya. 

Shasing Ceremony

Dok. Instagram/pageantempire

Momen dimulainya masa karantina ditandai dengan Shasing Ceremony dan konferensi pers di Denpasar Room, Hotel The Westin Jakarta, pada Kamis (29/2), dihadiri oleh berbagai pihak terkait.

Hadir sebagai Panelis dalam Konferensi Pers Puteri Indonesia 2024, Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang juga Ketua Dewan Penasehat  Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani, Ketua Umum Yayasan Puteri Indonesia, Prof. Dr. Wadirman Djojonegoro, Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang, Direktur PT Mustika Ratu Tbk dan juga Ketua Pemilihan Puteri Indonesia, Kusuma Anjani, Vice President CSR PT Bank Central Asia Tbk, EVP of Corporate Communication dan Sustainability BCA Hera F. Haryn, Director Marketing Communication Hotel The Westin Jakarta, Yudith Dwi Astuti, Puteri Indonesia 2023, Farhana Nariswari, Puteri Indonesia Lingkungan 2023, Yasinta Aurellia dan Puteri Indonesia Pariwisata 2023, Lulu Zaharani. 

Dewan Pertimbangan Presiden dan juga Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani mengatakan bahwa Pemilihan Puteri Indonesia 2024 diikuti 42 Finalis dari provinsi di Indonesia, dengan mengangkat thema “MEWUJUDKAN GENERASI BERKARAKTER MENUJU INDONESIA MAJU BERKELANJUTAN”. 

"Kami ingin menekankan kepada anak-anak didik kami bahwa kecantikan bukan hanya sebatas wajah semata (Beauty). Kecerdasan atau keterampilan harus terus diasah (Brain). Tata krama pergaulan dan perilaku (Behaviour) juga terus diperbaiki. Dan tahun ini tidak kalah pentingnya kami menambahkan unsur BE RIGHT. Yaitu, sikap ketika kita dihadapkan kepada pilihan sulit di dalam kehidupan, kita harus memilih yang baik dan benar. Itulah kualitas seorang Puteri Indonesia yang seutuhnya. Melalui semua usaha dan niat baik ini, Yayasan Puteri Indonesia berharap dapat turut serta mendukung terealisasinya INDONESIA EMAS 2045 dengan memanfaatkan bonus demografi untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju yang adil, makmur sejahtera sesuai cita-cita para pendiri bangsa," ujar Putri saat press conference di Jakarta (29/02).

Lisensi baru di bawah Yayasan Puteri Indonesia

Putri juga menjelaskan bahwa tahun ini Yayasan Puteri Indonesia telah menambah lisensi baru yaitu Miss Cosmo, dimana salah satu pemenang Puteri Indonesia Kebudayaan 2024 akan dikirimkan ke Miss Cosmo edisi pertama di Vietnam pada bulan September 2024.

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Egidius Situmorang menjelaskan bahwa di tengah semangat pemberdayaan perempuan Indonesia, PT Mustika Ratu Tbk sejak tahun 1992 terus berkomitmen untuk mendukung kemajuan perempuan Indonesia, salah satunya melalui ajang bergengsi Puteri Indonesia.

"Tujuan kami bukan hanya membina para puteri yang berprestasi, namun juga mengembangkan potensi mereka sehingga dapat menjadi pemimpin masa depan yang berperan aktif dalam memajukan produk-produk asli Indonesia, mempromosikan pariwisata dan budaya, serta perdagangan Indonesia di tingkat lokal dan internasional. Kami berharap, melalui kegiatan Puteri Indonesia ini, tidak hanya meningkatkan pariwisata dan industri kreatif Indonesia, tetapi juga meningkatkan kecintaan masyarakat, terutama para remaja putri, terhadap produk-produk lokal serta membanggakan produk buatan Indonesia," ujar Bingar Egidius.

Vice Presiden CSR PT Bank Central Asia Tbk, EVP of Corporate Communication dan Sustainability BCA Hera F. Haryn mengatakan bahwa Perempuan memiliki peran penting dalam semua sektor termasuk termasuk dalam sektor ekonomi dan perbankan.

"Kami memahami pentingnya meningkatkan inklusivitas dan penguatan peran perempuan dalam ekonomi Indonesia. Sejak tahun 2023, BCA mendukung penyelenggaraan Puteri Indonesia. Dukungan kami pada penyelenggaraan acara ini adalah bagian dari komitmen BCA untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan memberdayakan perempuan di berbagai sektor. Bersama, kita bukan hanya mengamati perubahan, tetapi menjadi agen utama dalam mewujudkan peningkatan kapasitas dan pemberdayaan perempuan," ungkap EVP of Corporate Communication dan Sustainability BCA Hera F. Haryn.

Selama menjalani serangkaian masa karantina, 45 finalis Puteri Indonesia menginap dan mendapatkan pelayanan dan kenyamanan terbaik di official hotel partner, Hotel The Westin Jakarta dari tanggal 29 Februari - 9 Maret 2024 dan mendapatkan kemanjaan dengan relaksasi dan perawatan kesehatan dari Taman Sari Royal Heritage Spa.

Grand Final Puteri Indonesia

Dok. Instagram/pageantempire

Malam puncak grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2024 diselenggarakan pada Jumat (8/3) di Plenary Hall, Jakarta Convention Center dan dihadiri oleh Miss International 2023, Andrea Valentina Rubio Armas dari Venezuela, Miss Supranational 2023, Andrea Victoria Aguilera Paredes dari Ekuador dan Miss Charm 2023, Luma Russo Moura dari Brasil dan disiarkan langsung oleh televisi nasional SCTV, selain juga live streaming melalui YouTube dan sosial media asset Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu yang dapat disaksikan dari seluruh dunia.

Ada beberapa gelar yang telah disiapkan di malam grand final yakni Puteri Indonesia 2024, Puteri Indonesia Lingkungan 2024, Puteri Indonesia Pariwisata 2024, Puteri Indonesia Kebudayaan 2024, RU IV Puteri Indonesia 2024, RU V Puteri Indonesia 2024 dan Puteri Indonesia atribut lainnya.

Untuk pemenang Puteri Indonesia juara 1, 2,3 dan 4 akan berkesempatan membawa harum nama Indonesia di kancah Internasional seperti, Miss International, Miss Supranational, Miss Charm dan Miss Cosmo.

Harapan dari Digelarnya Puteri Indonesia 2024

Dok. Internet

Dengan semangat pemberdayaan dan pengembangan potensi perempuan Indonesia, Pemilihan Puteri Indonesia 2024 diharapkan dapat menjadi wahana untuk mendukung cita-cita Indonesia maju dan berkelanjutan.

Melalui upaya bersama Yayasan Puteri Indonesia, PT Mustika Ratu Tbk, dan berbagai pihak terkait, diharapkan para finalis Puteri Indonesia mampu menjadi pemimpin masa depan yang berperan aktif dalam memajukan produk-produk Indonesia serta membanggakan negara di kancah internasional.

Semoga malam grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2024 menjadi momen bersejarah yang memunculkan para puteri yang akan membawa harum nama Indonesia di tingkat global.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration