Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Segera Tayang, Nadin Amizah Lantunkan Soundtrack Serial 'Gadis Kretek'

Bawakan lagu ciptaan penyanyi legenda Indonesia

Reyhan Putri

Netflix baru saja merilis teaser terbaru untuk serial Gadis Kretek yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Ratih Kumala pada Jumat (29/09). Bersamaan dengan dirilisnya teaser terbaru, Netflix juga mengumumkan bahwa Nadin Amizah terpilih untuk mengisi soundtrack dari serial tersebut.

Gadis Kretek akan segera tayang perdana di Netflix pada 2 November 2023. Serial ini diperankan oleh Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Arya Saloka, Putri Marino, dan Tissa Biani. Simak lengkapnya mengenai serial Netflix Gadis Kretek yang telah Popbela rangkum di sini.

1. Gandeng Nadin Amizah

Popbela.com/Reyhan Putri

Untuk pengisi soundtrack, Kamila Andini selaku produser akhirnya menggandeng penyanyi Tanah Air, Nadin Amizah. Hal ini bukan tanpa alasan, selain karena sudah lama menganggumi lagu-lagu karya Nadin Amizah sejak lama, Kamila Andini merasa Nadin akan menjadi sosok yang tepat untuk merepresentasikan rasa feminin yang kuat lewat lagu tema serial ini.

"Aku pengen deh, Nadin yang menyanyikan ini. Sepertinya dia akan menjadi suara yang tepat gitu apa yang disuarakan oleh Dasiyah dan juga perempuan-perempuan yang dimainkan di karakter ini seperti karakternya Tissa. Rasanya semua karakter perempuan di sini penting punya representasi yang kuat," cerita Kamila Andini.

2. "Kala Sang Surya Tenggelam"

Popbela.com/Reyhan Putri

Lagu tema yang digunakan untuk serial Gadis Kretek ini merupakan lagu dari penyanyi legendaris Indonesia, Chrisye yang bertajuk "Kala Sang Surya Tenggelam". Pemilihan lagu tersebut didasari karena liriknya yang menceritakan sebuah kisah dua orang remaja yang kehilangan arah, sangat menggambarkan cerita utama dari Dasiyah dan Soeraja.

Namun lebih dari itu, Kamila Andini mengutarakan bahwa ia selalu menyukai bagaimana lagu ini dibawakan dengan nuansa magis, puitis, dan juga menghadirkan sisi kelam dalam cerita yang dibawakan. Nuansa ini yang tidak hanya berhasil menggambarkan kisah romansa dari serial ini, namun juga permasalahan yang dihadapi para karakternya.

3. Mengiringi, tapi tidak overpower

Popbela.com/Reyhan Putri

Selama masa produksi lagu tema ini, hal pertama yang ditekankan oleh Nadin juga kru lainnya adalah untuk tidak merubah lagu "Kala Sang Surya Tenggelam" terlalu banyak dari aslinya. Sama seperti arahan langsung dari Kamila Andini yang meminta agar lagu ini dinyanyikan datar seperti cara Chrisye menyanyikannya.

"Aku mengikuti Mbak Kamila maunya aku bernyanyi, tenang, kalem, almost datar, dan ternyata pas udah disambungin sama filmnya, jauh lebih make sense. Karena aku nggak overpower the scene," jelas Nadin Amizah.

Namun selain menyanyikan kembali lagu karya Chrisye tersebut, salah satu lagu Nadin juga akan menjadi salah satu lagu tema di serial Gadis Kretek, yaitu "Kereta Ini Melaju Terlalu Cepat" dari album Selamat Ulang Tahun yang rilis tahun 2020 lalu.

4. Kisah cinta pengusaha kretek

Ketika sedang sekarat, Soeraja seorang pengusaha dan pemiliki pabrik kretek Djagad Raja meminta untuk bertemu dengan seorang perempuan bernama Jeng Yah. Menjadi sebuah permintaan terakhir dari sang ayah, ketiga anak Soeraja, Lebas, Karim, dan Tegar bertekad mencari Jeng Yah ke pelosok Pulau Jawa.

Saat akhirnya bertemu dengan seorang buruh batil, cerita asal-usul kretek Djagad Raja menjadi kretek nomor satu di Indonesia terkuak. Tak hanya itu, kisah cinta Soeraja dengan Darsiyah, seorang perempuan yang bermimpi untuk bisa menghasilkan saus kretek terbaik di zamannya juga terkuak.

Gadis Kretek yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Arya Saloka, Putri Marino, dan Tissa Biani ini akan segera tayang di Netflix pada 2 November 2023 mendatang. Siapa yang sudah tidak sabar untuk menonton serial ini?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration