Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kenali 5 Tipe Orang Saat Belanja di Exhibition, Kamu yang Mana?

Dari yang ikut-ikutan sampai yang harus punya

Reyhan Putri

Selain mencari hiburan, pameran atau exhibition biasanya juga menjadi tempat bagi pengunjung untuk menghamburkan uang. Barang-barang yang dipamerkan kadang mampu membuat pengunjung rela merogoh kantong. Orang-orang yang berani mengeluarkan uang ini tentu punya kebiasaan dan sifatnya sendiri saat mengunjungi pameran.

Dari yang membeli karena ikut-ikutan sampai yang membeli karena butuh, berikut Popbela jabarkan beberapa tipe orang saat belanja di pameran.

1. Tipe yang beli sesuai kebutuhan

pexels.com

Orang dengan tipe satu ini datang ke pameran dengan maksud dan tujuan yang jelas. Mereka datang karena memang membutuhkan barang yang dipamerkan, contohnya seperti ke pameran mobil. Tipe satu ini juga lebih mengutamakan fungsi barang sebelum estetika.

Namun tidak menutup kemungkinan mereka dengan tipe ini bisa membeli barang selain yang dibutuhkan. Meski tidak butuh sekarang, tapi barang tersebut mereka beli untuk kebutuhan di lain hari.

2. Tipe yang impulsif dan kalap

unsplash.com/@introspectivedsgn

Pembeli dengan tipe ini sebenarnya tidak butuh barang apapun yang dia beli di pameran. Mereka bisa membeli barang tersebut hanya karena lucu dan menggemaskan, padahal butuh pun tidak sama sekali. Uang juga tak jadi masalah selama mereka mendapatkan barang itu.

Walaupun uang tak jadi masalah, mereka bisa menyesali perbuatannya setelah pulang dari pameran. Sesali, datang lagi, ulangi.

3. Tipe yang banyak perhitungan

unsplash.com/@markusspiske

Mereka bisa terlihat seperti sangat menikmati pameran dengan banyak berkeliling dan melihat barang, tapi sebenarnya tidak tahu mau membeli barang yang mana. Ada banyak perhitungan ketika mereka memutuskan untuk berbelanja di pameran.

Apakah mereka benar-benar butuh? Adakah barang dengan fungsi yang sama dijual lebih murah di luar pameran? Lebih lucu yang ini atau yang itu? Tapi setelah lama memperhitungkan, sangat mungkin untuk mereka tidak jadi belanja.

4. Tipe yang ikut-ikutan teman

pexels.com

Tipe ini awalnya tidak punya niat untuk membeli apapun dari pameran, namun berakhir membeli barang atas dasar ikut-ikutan. Mereka biasanya tak datang sendirian, tapi selalu mengajak atau diajak teman. Barang yang dibeli juga pasti sama dan mirip.

Meski kadang mereka tidak mengerti sama sekali tentang pameran yang dikunjungi, asalkan datang dan belanja bersama teman pun sudah membuat mereka senang. Hebatnya orang dengan tipe ini, mereka akan tetap ingat diri untuk tidak kalap meski pergi bersama teman.

5. Tipe yang harus punya

pexels.com

Orang dengan tipe ini biasanya kolektor barang tertentu yang sering berkunjung ke pameran. Mereka datang hanya karena tertarik dengan satu barang dan memiliki niat tinggi untuk membelinya. Bisa jadi barang lain tidak akan menarik mata mereka.

Kamu termasuk dalam tipe yang disebutkan di atas, Bela?

Kalau kamu suka belanja, pas banget, nih, untuk hadir ke iStyle BeautyFest Asia 2023, tanggal 2-4 Juni 2023 di Grand Ballroom Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta. Di sana akan ada banyak produk dengan discount up to 75% dari 100+ beauty brands, freebies, dan ketemu banyak beauty creator. 

Untuk info tiket dan jadwalnya, bisa kamu lihat di aplikasi iStyle atau cek ke Instagram di bawah ini. See you there!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration