Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

14 Lomba 17 Agustus Berkelompok yang Seru dan Lucu

Lomba favoritmu nomor berapa nih?

Nindi Widya Wati

Lomba jadi salah satu rangkaian acara yang disambut meriah tiap menjelang peringatan kemerdekaan 17 Agustus. Terlebih usai pelik pandemi selama nyaris tiga tahun, momen lomba 17 Agustus yang sempat sepi jadi perayaan yang sangat dinanti pada tahun ini, Bela.

Kategori lomba yang digelar pun beragam, mulai dari keseruan lomba perindividu hingga berkelompok. Jika membicarakan lomba 17 Agustus berkelompok, maka akan banyak ditemui hal yang mengundang tawa dan aksi kocak dari para peserta.

Nah, penasaran? Kira-kira apa saja lomba 17 Agustus berkelompok yang lucu dan seru? Simak dalam artikel berikut, yuk, Bela! 

1. Bakiak

Dok. Internet

Bakiak jadi salah satu permainan tradisional yang bisa dijadikan pilihan lomba 17 Agustus berkelompok. Bakiak umumnya terbuat dari kayu bertali karet. Sepasang bakiak minimal memiliki tiga pasang sandal sehingga dimainkan oleh tiga orang. 

Setiap kelompok berjalan menggunakan bakiak tersebut pada lintasan yang sudah ditentukan. Pemenangnya adalah kelompok yang pertama kali mencapai garis finish. Maka, dibutuhkan ketangkasan, kekompakan, dan strategi agar anggota kelompok dapat melangkah bersama menggunakan bakiak tanpa terjatuh.  

2. Joget balon

Dok. Internet

Lomba joget balon bisa untuk anak-anak ataupun orang dewasa, asal berpasangan dengan terdiri dari dua orang di setiap kelompok. Setiap pasangan kelompok mengapit sebuah balon agar tidak jatuh atau lepas. Kemudian, semua peserta harus berjoget mengikuti musik. Pemenang dipilih ketika berhasil menjaga balon tersebut agar tidak jatuh. 

3. Estafet tepung

Dok. Internet

Estafet tepung biasanya berjumlah lima hingga tujuh peserta di setiap kelompok. Permainan dimulai saat semua anggota kelompok duduk berbaris ke belakang. Kemudian, peserta paling depan akan menuangkan tepung ke piring yang dipegang oleh peserta di belakangnya.

Jadi tantangan tersendiri, saat peserta harus menuangkan tepung tanpa boleh balik badan. Maka, tak heran saat permainan berlangsung banyak wajah peserta yang tak luput dari guyuran tepung. Pemenang ditentukan jika terdapat kelompok yang berhasil memindahkan tepung paling banyak. 

4. Jalan di atas kardus

Dok. Internet

Lomba ini, membutuhkan sekitar 4 hingga 5 orang di tiap kelompok agar berbaris ke belakang. Para peserta satu persatu harus berjalan dari titik start ke titik finish dengan kardus berukuran kecil. 

Kardus dipotong dan dibentuk persegi panjang seukuran kaki. Tiap kelompok hanya bisa memegang kardus tidak lebih dari jumlah anggota. Pemenangnya adalah yang bisa lebih dulu sampai ke titik finish.

5. Panjat pinang

Dok. Internet

Panjat pinang jadi salah satu lomba ikonik di perayaan 17 Agustus. Aturan dalam lomba berkelompok ini, peserta harus berusaha memanjat batang pohon pinang yang dilumuri oli hingga ke puncak. Setiap peserta harus kompak membantu salah satu anggota tim, agar bisa sampai puncak pohon pinang dan berhasil mengambil beragam hadiah menarik.

6. Estafet air

Dok. Internet

Lomba estafet air bisa berjumlah lima hingga tujuh orang di tiap kelompok. Cara mainnya ketika semua anggota duduk berbaris ke belakang. Kemudian, peserta paling depan akan menuangkan air ke baskom yang dipegang oleh peserta di belakangnya tanpa berbalik badan. Juara pertama adalah kelompok yang berhasil menuangkan air paling banyak di baskom terakhir.

7. Sepak bola daster

Dok. Internet

Nah, sepak bola daster bisa diikuti secara berkelompok oleh ibu-ibu ataupun bapak-bapak. Jadi keunikan tersendiri saat peserta harus menggunakan daster. Ingin lebih seru? Tiap pemain bisa diwajibkan memakai aksesoris tambahan seperti jilbab yang biasa digunakan ibu-ibu berdaster. Aturan permainan ini mirip sepak bola pada umumnya, hanya saja jumlah tim tidak harus 11 orang.

8. Tarik tambang

Dok. Internet

Aturan permainan peserta terdiri dari dua tim yang beranggotakan lima hingga sepuluh orang. Kemudian, kedua tim saling berhadapan untuk menarik tambang. 

Pemenangnya adalah tim yang berhasil menarik tambang hingga membuat lawannya terjatuh. Tak hanya kekuatan fisik, lomba ini juga membutuhkan kerja sama dan kekompakan.

9. Pindah gelas berisi air pakai kain

Dok. Internet

Lomba yang membutuhkan kekompakan kelompok ini dimainkan maksimal 4 orang. Para peserta diharuskan memindahkan gelas yang terisi air menggunakan kain berbentuk segi empat. Gelas dipindahkan dari satu titik (start) ke titik lainnya (finish). Juara pertama adalah kelompok yang berhasil memindahkan air tanpa tertumpah sedikitpun. 

10. Estafet Karet

Dok. Internet

Perlu minimal tiga orang di tiap kelompok perlombaan estafet karet, waktu yang ditentukan dalam satu putaran maksimal lima menit. Setiap peserta harus membawa satu karet dengan sedotan dan berjalan kearah temannya. Bagi kelompok yang mengoper karet dengan jumlah terbanyak dapat dipilih menjadi juara pertama.  

11. Hias tumpeng

Dok. Internet

Peserta dalam lomba hias tumpeng minimal memiliki tiga orang di tiap kelompok. Peserta harus mengikuti aturan permainan dengan mempercantik tumpeng sesuai bahan hias dari panitia. Penilaian berdasarkan citarasa, kreatifitas, dan keunikan sesuai tema HUT RI. Keseruan hias tumpeng bahkan ikut jadi salah satu ajang perlombaan di rangkaian acara KTT G20, lho

12. Estafet sarung

Dok. Internet

Lomba estafet sarung umumnya terdiri dari 10 orang di tiap kelompok. Tiap anggota dalam satu kelompok diwajibkan saling bergandengan tangan. Permainan dimulai saat kain sarung diletakkan diantara tangan peserta, lalu sarung harus dipindahkan ke peserta lain sampai kembali ke tempat asal. Penilaian juara satu berdasarkan kecepatan dan kekompakan sebuah kelompok.

13. Estafet tiup bola pingpong di gelas berisi air

Dok. Internet

Langkah permainan perlu 10 orang dalam satu kelompok menggunakan 10 gelas plastik. Permainan dimulai saat peserta pertama memindahkan bola pimpong sampai ke gelas terakhir sampai peserta paling belakang. Waktu maksimal untuk bermain adalah tiga menit. Pemenang dilihat dari kekompakan kelompok, keseimbangan membawa gelas air, dan jumlah bola terbanyak yang dikumpulkan.

14. Sambung lagu

Dok. Internet

Lagu yang digunakan untuk lomba bisa bertema lagu daerah ataupun lagu bebas lainnya. Permainan bisa berisi maksimal tujuh orang, peserta harus bisa menjawab lagu rumpang tersebut. Menggunakan cara rebutan dengan lawan main, kelompok yang jawab tercepat dan liriknya sesuai dengan lagu dapat dipilih jadi juara pertama. 

Itulah 14 ide lomba 17 Agustus berkelompok yang lucu dan seru, Bela. Jadi, kamu akan ikut memeriahkan lomba yang mana tahun ini? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration