Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

3 Cara Merawat Tanaman Hias agar Tetap Cantik dan Sehat

Siapa, nih, yang mulai berkebun?

Niken Ari Prayitno

Berkebun kini menjadi aktivitas yang banyak dilakukan oleh millennials di masa pandemi. Menanam dan merawat tanaman, sedikit banyak dapat mengurangi stres yang kamu rasakan karena terlalu lama berada di rumah.

Supaya tanamanmu tetap terlihat cantik dan sehat, jangan asal merawatnya, ya. Simak tiga cara mudah merawat tanaman hias berikut ini.

1. Rutin memberikan pestisida

Unsplash.com/topcools tee

Nggak mau, kan, tanaman hiasmu jadi bolong-bolong karena dimakan hama kutu atau ulat? Untuk menghindari terjadinya hal ini, kamu wajib memberikan pestisida pada tanaman secara rutin. Jika kamu menggunakan pestisida berbentuk butiran, ambil kira-kira segenggam, kemudian taburkan pada pot tanamanmu. Kamu bisa rutin memberikan pestisida dua minggu sekali agar hama hilang.

2. Jangan lupa beri vitamin pada tanaman

Dok. Tokopedia

Vitamin atau pupuk sangat dibutuhkan oleh tanaman. Kandungan nutrisi dalam pupuk tersebut dapat merangsang tanaman agar tumbuh secara maksimal. Pupuk atau vitamin makanan dapat kamu berikan seminggu sekali agar nutrisi tanaman tetap terjaga.

3. Bersihkan daun tanaman agar selalu berkilau

Unsplash.com/Kara Eads

Monstera dengan daun lebar atau sansiviera kini menjadi primadona. Dua jenis tanaman ini selain cantik sebagai hiasan, juga sangat mudah dalam hal perawatan. Namun, jangan lupa untuk membersihkan daun tanaman agar selalu berkilau, ya. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa atau VSCO untuk membersihkan daunnya.

Tuang VSCO ke lap lembut atau tisu basah. Kemudian bersihkan setiap helai daun tanamanmu agar bersih dari debu dan kotoran yang menempel.

Bagaimana Bela, tidak sulit bukan merawat tanaman hias agar tetap cantik dan sehat? Semua keperluan berkebun, mulai dari pestisida, pupuk, hingga pot kini dengan mudah dapat kamu temukan di e-commerce Tokopedia.

Dok. Tokopedia

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan, “Subkategori Taman di Tokopedia mengalami peningkatan transaksi menjadi lebih dari 3 kali lipat selama pandemi. Di sisi lain, benih dan bibit bunga lavender serta sayuran seperti bayam, kailan, kangkung, tomat dan paprika menjadi produk yang paling banyak dicari pembeli.”

Peningkatan transaksi ini menurut Ekhel tentu tidak lepas dari peran para penjual di Tokopedia, yang sekarang jumlahnya sudah lebih dari 9 juta dan hampir 100%-nya UMKM, bahkan 94%-nya berskala ultra mikro.

Nanem Taneman merupakan salah satunya. Usaha yang dibangun sejak Februari 2017 oleh Adawiyah Riwan ini berfokus menjual berbagai jenis tanaman, seperti tanaman air, tanaman gantung, kaktus, bunga dan lain-lain, serta kebutuhan berkebun secara umum, seperti pot, pupuk, standing planter dan sebagainya.

Yuk, mulai berkebun!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration