Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Pidato Tentang Kemerdekaan 17 Agustus 2023, Singkat Bermakna

Bisa jadi referensi

Nafi' Khoiriyah

Pidato tentang kemerdekaan biasanya dibacakan pada saat amanat upacara 17 Agustus. Di dalamnya, amanat harus berisi pesan yang penuh makna dan menarik. Selain disampaikan saat upacara, terkadang di sekolah juga diselenggarakan lomba pidato. 

Di dalamnya, pidato yang disampaikan perlu relevan dengan kemerdekaan 17 Agustus. Kalau kamu sedang mencari referensi tentang teks pidato kemerdekaan, temukan selengkapnya di bawah ini. 

1. Pidato tentang kemerdekaan tema pahlawan

unsplash.com/Nick Agus Arya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga pada hari ini kita bisa berkumpul dalam keadaan yang sehat. 

Hari ini merupakan waktu yang bersejarah bagi negara kita, yatu Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Kemerdekaan yang saat ini kita rasakan tak lepas dari perjuangan dan pengorbanan para pahlawan. Mereka telah mengorbankan nyawa, jiwa, dan tenaganya untuk mencapai kemerdekaan tanah air kita. 

Bukan sekadar perayaan semata, momen 17 Agustus ini sangat penting untuk merefleksikan perjalanan panjang perjuangan pahlawan di masa lalu. Mereka memiliki semangat juang yang tinggi sehingga bisa menginspirasi kita di generasi kini untuk bergotong royong, bersatu, dan saling toleransi. 

Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki suku, budaya, dan agama yang beragam. Hal itu bukan menjadi pemecah belah, justru menjadi kekuatan sebuah bangsa. Mari kita menjaga keberagaman tersebut untuk membangun masa depan Indonesia. 

Demikian pesan singkat yang bisa saua sampaikan, semoga memberikan manfaat untuk kita semua. Terima kasih. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

2. Pidato tentang kemerdekaan tema generasi muda

commons.wikimedia.org

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, 

Shalom, Om Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan. 

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa karena atas karunia-Nya kita bisa memperingati 78 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Kemerdekaan merupakan sebuah pencapaian yang harus kita syukuri karena diperoleh dengan perjuangan panjang melawan penjajahan. Tidak terhitung banyaknya para pahlawan yang berjuang melawan penjajah sampai mengorbankan jiwa dan raganya. 

Bapak Ibu dan anak-anak yang berbahagia, perjuangan kemerdekaan tidak hanya berhenti pada proklamasi 17 Agustus 1945 saja. Sebagai penerus, kita semua memiliki tanggung jawab besar untuk membangun dan menjaga kemerdekaan ini. 

Selain harus belajar, kita juga perlu memahami nilai-nilai luhur perjuangan para pahlawan dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Selain itu, marilah kita manfaatkan momen ini untuk berintrospeksi. 

Tanyakan pada diri kita sendiri apa yang kita sumbangkan untuk kemajuan bangsa ini dan mari kita memberikan yang terbaik untuk Indonesia. 

Mengakhiri pidato singkat ini, perkenankan saya menyampaikan harapan. Semoga kita semua bisa menjadi bagian dari generasi penerus yang gemilang.

Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, Merdeka!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

3. Pidato tentang kemerdekaan tema cinta tanah air

commons.wikimedia.org

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Yang terhormat Bapak ... 
Yang kami hormati Bapak ... 
Dan hadirin sekalian yang dimuliakan.

Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta'ala atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk ikut serta memeriahkan acara hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 dalam keadaan yang sehat wal afiat. 

Kemudian, memperingati hari ulang tahun kemerdekaan ini, kami berharap semoga kita semakin memiliki rasa cinta tanah air dan bangsa Indonesia. 

Hadirin yang berbahagia, semangat perjuangan para pahlawan harus terus kita pertahanan sampai saat ini. Di zaman sekarang ini, masih banyak yang harus kita perjuangkan. 

Sebagai warga negara Indonesia, kita perlu meningkatkan rasa nasionalisme, persatuan, dan kesatuan antargolongan. Dengan begitu, harapannya bangsa Indonesia bisa mencapai kehidupan yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. 

Sebagai penutup, semangat berjuang dan selamat membangun bangsa dan negara kita. 

Dirgahayu Indonesiaku!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

4. Pidato tentang kemerdekaan tema pendidikan

pixabay.com/Fotorech

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua. 

Yang Terhormat Bapak Kepala Sekolah 
Yang saya hormati Bapak Ibu Guru dan Karyawan
Dan siswa siswi yang berbahagia

Marilah kita bersyukur ke hadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayahnya kita bisa berkumpul di tempat dan waktu ini dalam keadaan yang sehat. Selawat serta salam tetap tercurahkan pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. 

Bapak Ibu dan siswa-siswi yang berbahagia, hari ini tepat pada tanggal 17 Agustus 2023 kita merayakan kemerdekaan Indonesia yang ke 78. Dengan peringatan ulang tahun kemerdekaan ini, saya berharap semoga kita bisa meningkatkan semangat untuk belajar lebih rajin lagi untuk menjadi generasi muda yang cerdas. 

Perlu diingat, peranan generasi muda saat ini sangat penting untuk kemajuan dan ketentraman negara. Maka dari itu, hindari sifat individualisme, hedonisme, dan kriminal yang bisa merusak generasi muda. 

Mari kita sebagai kaum muda bangkit kembali untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia, selalu optimis, dan mengisi kemerdekaan dengan semangat nasionalisme. 

Terima kasih, Dirgahayu Indonesiaku, Merdeka! 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

5. Pidato tentang kemerdekaan tema patriotisme

commons.wikimedia.org

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Pertama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam, yang berkenan memberikan rahmatnya sehingga kita semua bisa berkumpul dalam acara peringatan hari kemerdekaan ini tanpa ada satu halangan apapun. 

Dalam suasana kemerdekaan ini, mari kita gelorakan semangat kemerdekaan Indonesia yang sudah terkikis di jiwa para pemuda Indonesia. 

Kita semua tentu ingat dengan perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. 

Marilah kita teruskan semangat para pahlawan dengan semangat nasionalisme dan patriotisme. 

Selamat hari ulang tahun Indonesia yang ke-78, Merdeka! 

Sekian, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Itulah kumpulan pidato tentang kemerdekaan yang bisa kamu jadikan acuan untuk mengisi amanat upacara di tanggal 17 Agustus mendatang. Selamat ulang tahun yang ke 78 Indonesiaku!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration