Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Contoh Teks Editorial, Struktur, dan Jenisnya Lengkap

Ditemukan dalam surat kabar

Nafi' Khoiriyah

Saat membaca media online maupun koran, kamu pasti akan menemukan jenis teks editorial. Teks ini memang lebih populer disebut sebagai tajuk rencana dalam koran. Isinya adalah tentang pendapat atau pandangan mengenai isu ataupun permasalahan tertentu.

Nah, kali ini Popbela.com akan membahas mengenai pengertian, struktur, dan Contoh teks editorial agar lebih jelas. Simak, yuk!

Pengertian teks editorial

freepik.com/freepik

Sebelum masuk pada contoh teks editorial, kita perlu memahami apa itu teks editorial terlebih dahulu. Pengertian umum dari teks editorial adalah opini atau ulasan menyeluruh dari penulis atau redaksi tentang isu atau topik tertentu yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat. 

Meskipun mengandung opini, tetapi teks ini juga disertai dengan fakta sebagai pendukung argumentasi yang disampaikan. Opini tersebut juga harus bisa dipertanggungjawabkan. 

Fungsi dari teks editorial adalah untuk mempersuasi pembaca agar mengetahui isu aktual dan memengaruhi pandangan pembaca terhadap isu tersebut. 

Struktur teks editorial

freepik.com/jcomp

Selanjutnya, struktur teks editorial juga penting untuk dipahami. Terdapat tiga bagian teks editorial yang tidak boleh kamu lewatkan jika menuliskannya.

  1. Pertanyaan pendapat (tesis)
    Bagian pertama dari teks editorial adalah tesis yang berisi pengenalan topik. Tujuannya adalah supaya pembaca bisa memahami masalah yang sedang hangat dibicarakan untuk kemudian diperkuat dengan argumentasi. 
  2. Argumentasi 
    Dikarenakan bagian tesis berbentuk teori atau pernyataan, maka pada bagian kedua ini penulis memasukkan opini terkait isu yang diangkat. Opini tersebut bisa dilengkapi dengan alasan atau bukti supaya lebih terpercaya. 
  3. Penegasan ulang (reiteration)
    Bagian dari teks editorial yang terakhir adalah penegasan ulang pendapat yang sudah disampaikan sebelumnya. Isinya adalah tentang penguatan kembali mengenai pendapat yang sudah disampaikan sebelumnya beserta dengan faktanya. 

Contoh teks editorial

unsplash.com/Roman Kraft

Supaya lebih memahami bagaimana struktur teks editorial, baca contoh teksnya berikut ini. 

1. Contoh teks editorial tentang pendidikan

Tesis

Lembaga pendidikan seharusnya bisa mencetak lulusan yang berkualitas. Mengingat pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang menjadi tolok ukur kemajuan bangsa. Namun, kenyataannya pendidikan di Indonesia masih jauh dari kualitas pendidikan di negara maju. 

Argumentasi

Supaya pendidikan di Indonesia lebih maju, maka perlu setiap lembaga pendidikan memberi dukungan untuk siswa dengan kemajuan IPTEK. Kini, sudah banyak teknologi yang bisa dimanfaatkan seperti kehadiran internet. 

Reiteration

Meskipun teknologi berkembang, tetapi peran guru tak akan tergantikan. Justru, sistem pendidikan di negara ini perlu ditingkatkan demi kualitas aset sumber daya manusia di Indonesia. 

2. Contoh teks editorial tentang ekonomi

Tesis

Ketahanan pangan sedang menjadi topik yang hangat dibicarakan akhir-akhir ini. Sebab, kekeringan yang terjadi bisa berisiko menekan produksi beras. Ancaman mengenai kenaikan harga pun belum berakhir. 

Argumentasi

Untuk mengatasi masalah tersebut, Presiden menginstruksikan Perum Bulog untuk mengoperasi pasar agar harga beras setara. Data menunjukkan bahwa inflasi tahunan untuk kelompok makanan dan minuman cukup tinggi. 

Reiteration

Menanggapi masalah ini idealnya keseimbangan harga beras harus dijaga. Harga beras sebaiknya tidak membebani masyarakat, tetapi pemerintah juga perlu mengendalikan harga tanpa menekan petani. Sebab, beras menjadi makanan pokok Indonesia yang masih sangat dibutuhkan.

3. Contoh teks editorial tentang kesehatan

Tesis

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang. Maka dari itu, diperlukan gaya hidup sehat supaya kesehatan terjaga dan tubuh tidak mudah terserang penyakit. Namun, saat ini penanganan terhadap penyakit menular pun belum sepenuhnya berhasil. 

Argumentasi

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, penyebaran penyakit itu kini tersebar hampir merata. Indonesia bahkan menjadi negara satu-satunya yang memiliki masalah penyakit ganda. Hal itu seharusnya membuat kita belajar dari negara lain terkait penanganan terhadap penyakit tidak menular. Salah satu prinsip yang diperlukan untuk menangani penyakit adalah dengan mencegah daripada mengobati.

Reiteration

Pada akhirnya, pencegahan penyakit memang jauh lebih baik daripada mengobati. Sehingga, masyarakat harus lebih memperhatikan pola hidup sehat. Program yang dilaksanakan juga harus memperoleh dukungan dari lembaga terkait.

4. Contoh teks editorial tentang transportasi

Tesis

Kemacetan menjadi masalah umum perkotaan yang kian parah. Kondisi ini memang terjadi karena berbagai faktor, di antaranya peningkatan jumlah penduduk hingga lambatnya pembangunan infrastruktur transportasi. 

Argumentasi

Menurut data WHO, Indonesia menduduki peringkat kedelapan tingkat kecelakaan lalu lintas tahun 2019. Hal itu tentu bisa diminimalisir dengan penggunaan angkutan umum. Pemerintah juga perlu memperbaiki infrastruktur transportasi baik dari kualitas armada maupun yang lainnya. 

Reiteration

Indonesia bisa mencontoh hal positif dari negara lain terkait perkembangan moda transportasi umum. Namun jika keputusan sudah dibuat, penting untuk menghindari proyek yang mangkrak hingga hal negatif lainnya. 

5. Contoh teks editorial tentang olahraga

Tesis

Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan jumlah penduduk terbesar keempat dunia. Dengan populasi tersebut, potensi negara ini untuk mengukir prestasi di bidang olahraga sangat besar. Namun, kini prestasi yang telah diukir belum sesuai dengan harapan. 

Argumentasi

Sejak usia dini, para calon atlet muda harus bisa ditemukan. Dari Sabang sampai Merauke, sebetulnya banyak anak berbakat yang potensial. Namun, pembinaan yang lemah membuat mereka tidak maksimal dalam bertanding. Kesenjangan tinggi antara SDM dan jumlah penduduk yang harus dilayani juga cukup besar. 

Reiteration

Maka dari itu, memasifkan olahraga mulai dari proses pembudayaan hingga gairah untuk berkompetisi sebaiknya dilakukan. Dengan begitu, para talenta muda pun akan bermunculan dan mencetak juara dunia. 

Macam-macam contoh teks editorial serta pengertian dan strukturnya di atas semoga bisa membuatmu lebih paham ya, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration