Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

"Cinta Terakhirku" Syifa Hadju & Arsy: Jatuh Cinta di Melodi Awal

Berkisah tentang mempertahankan hubungan

Nabila Damaan

Tepat satu hari setelah ulang tahunnya yang ke-22 (14/07/2022), artis muda kenamaan Indonesia, Syifa Hadju menetaskan lagu barunya bertajuk "Cinta Terakhirku". Debut perdananya setelah 2 tahun vacuum di dunia tarik suara. Pada lagu "Cinta Terakhirku" Syifa berkolaborasi dengan penulis dari lagu itu sendiri, Arsy Widianto

Ditemui dalam acara perilisan single , di Jakarta keduanya mengaku sudah saling kenal satu sama lain sejak lama, dan tidak pernah putus kontak. Hingga akhirnya, terciptalah duet epik antara Arsy dan Syifa ini. Lagu "Cinta Terakhirku" ini berkisah tentang apa sih? Penasaran bagaimana keseruan keduanya kala meramu project ini bersama di dapur rekaman? Simak terus artikel ini, ya, Bela!

Melangkah bersama demi pertahankan sebuah hubungan

dok.universalmucistudio

Tertulis dan tersampaikan sebuah harapan sepasang kekasih yang menginginkan sebuah akhir yang indah dalam mahligai kisah asmara. Namun, bukanlah seperti kisah-kisah sempurna yang tenang tanpa tertiup angin, kisah mereka dipenuhi banyak halau rintangan. Walaupun keraguan sempat menghampiri, tapi tak bisa melampaui langkah keduanya untuk mempertahankan takdir cinta. 

Demikianlah lagu ini mengisahkan perjuangan seorang kekasih untuk tetap terus melangkah bersama melalui halau rintangan demi tercapainya kisah indah takdir cinta terakhir. Di tengah gerimisnya kota Jakarta kala itu, Syifa menjelaskan makna tersirat dalam lirik lagu tersebut. 

"Kan sebenarnya tantangan dalam hubungan bukan hanya sekadar larangan orang tua, bisa datang dari mana saja. Bisa datang dari agama, ada dari right person wrong time. Jadi bisa berbagai macam halangan dan rintangan," ungkap Syifa.

Langsung jatuh cinta pada melodi awal lagu

instagram.com/universalmusicindonesia

Kala pembuatan lirik lagu di akhir tahun 2021, Arsy memang sudah memikirkan satu nama ke mana lagu ini beralamatkan, yakni Syifa Hadju. Selain pernah beberapa kali menjadi model musik video pada karya-karyanya, Arsy juga menangkap adanya keunikan pada suara Syifa. Hingga akhirnya sang ayah, Yovie Widianto menghubungi Syifa.

“Awalnya aku diajak Mas Yovie main ke studio. Pas masuk ke studio Mas Yovie tiba-tiba mainin melodi awal dari lagu 'Cinta Terakhirku', terus aku dan managerku bilang melodi awalnya aja enak banget. Lalu, pas ditawarin kek aku bilang dalam hati, aduh aku pengen banget, bisa nggak, sih, langsung hari ini juga kita mulai,” cerita Syifa antusias.

Warna musik pada lagu ini memang masih sama seperti warna musik Arsy pada umumnya, pop ballad. Walaupun di awal terkesan sederhana dengan alunan instrumen piano, namun dengan adanya strings dari Budapest Scoring Orchestra menambah nuansa megah dalam aransemennya yang semakin menguatkan harmonisasi yang indah dalam lagu tersebut. 

Ada nyawa di setiap kata

dok.universalmusicstudio

Proses pembuatan produksi "Cinta Terakhirku" memang terbilang cukup lama. Selain mencocokan jadwal keduanya, mereka berdua memang sangat detail dan cukup perfeksionis dalam menggarap lagu ini. Arsy mengatakan, “contoh maksimal itu waktu kita nungguin sampai dapat suara Syifa yang paling uniknya ada di mana dan itu diolahnya kalimat per kalimat.”

Arsy mengakui bahwa hal tersebutlah yang menjadi bagian terseru dalam berproses, mengulang-ulang sampai menemukan bagian paling maksimal. Baginya yang terpenting adalah bagaimana setiap kata per kata memiliki nyawa.

“Misalnya pada bagian course ada lirik sungguh aku ‘tak menyangka hatimu untukku. Jadi bagaimana kita dapetin feel yang sama kaya lirik itu. Kalau belum dapat nyawanya, take lagi.”

Musik video simple, namun bermakna

Popbela.com/NabilaDamaan

Jadi selain merilis musik, Arsy dan Syifa di bawah naungan Universal Music Studio juga melepas musik video yang ditayangkan di YouTube. Musik video yang digarap dalam kurun waktu kurang dari 2 hari ini memang cukup sederhana. Menampilkan dua sesi, sesi ketika Arsy dan Syifa bernyanyi dan juga sesi model dalam video yang diperankan oleh Giulio Parengkuan, dan Kiara McKenna. Dalam video hanya mengambil beberapa latar tempat, seperti halte, rumah, taman, dan studio. 

Konsep sederhana tersebut memang dicetuskan oleh Arsy, dan Arsy pun merasa senang karena dalam musik videonya kali ini ia dan Syifa tidak perlu beradu akting, hanya fokus pada penampilan bernyanyi saja. 

“Aku sih senang, ya, dengan konsep videonya, sederhana dan yang paling senang itu kita berdua nggak perlu beradu akting,” ungkap Arsy.

Namun, disitulah letak tantangannya. Para pemeran dalam video harus lebih ekstra menampilkan mimik muka untuk mewakili lagu tersebut. Untuk lebih jelasnya kamu sudah bisa mendengarkan dan melihat langsung musik dan video musik "Cinta Terakhirku" di seluruh platform digital kesayanganmu, ya Bela.

Lirik Lagu Cinta Terakhirku

Cinta Terakhirku

Ragu terlintas saat aku melangkah
Benarkah aku bisa milikimu cinta
Namun katanya semua 'kan jadi indah
Kau genggam tangan ini dan berlari bersamaku

Sungguh aku tak menyangka
Hatimu untukku
Awal ragu lalu hilang
Seiring langkah kita

Yang kumau ini semua
Cinta Terakhirku
Meski banyak halang rintang
Ku berharap ini takdir cinta

Engkau terdiam saat kau t'lah sadari
Kita tak pernah mudah
'tuk mendapatkan kata restu

Sungguh aku tak menyangka
Hatimu untukku
Awal ragu lalu hilang
Seiring langkah kita

Yang kumau ini semua
Cinta Terakhirku
Meski banyak halang rintang
Ku berharap ini takdir cinta
(Ini takdir cinta)

Beruntungnya aku terjaga dirimu
(Bahagia dapatkan hatimu)
Dapatkan hatimu

Awal ragu lalu hilang
Seiring langkah kita

Yang kumau ini semua
Cinta Terakhirku
Meski banyak halang rintang
Ku berharap ini takdir cinta

Awal ragu lalu hilang
Seiring langkah kita

Yang kumau ini semua
Cinta Terakhirku
Meski banyak halang rintang
Ku berharap ini takdir cinta

Cinta itu kita

IDN Media Channels

Latest from Inspiration