Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rekomendasi 8 Desain Ruang Tamu dan Dapur tanpa Sekat, Ide yang Unik!

Ide desain ini membuat ruangan tampak berbeda dan nyaman.

Mariana Politton

Banyak orang menyebut bahwa dapur adalah “jantung” dari sebuah rumah. Tidak heran, dapur memang memiliki peran krusial dalam membangun hubungan antarpenghuni rumah melalui kegiatan produktivitas yang saling bantu-membantu.

Selain itu, dapur adalah area di mana para penghuni rumah akan menyiapkan makanan dan minuman bagi para tamu, menandakan ketulusan dalam menyambut mereka.

Itulah mengapa, sebuah ide untuk menyatukan dapur dan ruang tamu tanpa sekat dapat menjadi pilihan yang baik untuk dipertimbangkan. Terlebih lagi, ide desain ini membuat ruangan menjadi tampak lebih luas sehingga membangun impresi yang bersinar.

Melansir dari beberapa sumber, berikut adalah 8 ide desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat. Semoga kamu menyukainya, Bela!

1. Harmonisasi dalam bentuk rumah yang memanjang

thuongcat.vn

Memiliki bentuk rumah yang memanjang memperkuat argumen untuk menerapkan desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat. Desain ini secara efektif menghindari kesan rumah yang terasa sempit dan menyesakkan.

Namun, kamu sebaiknya mempertimbangkan posisi dapur berada di ujung rumah. Langkah ini memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik dan mempermudah akses ke luar ruangan, seperti halaman belakang atau taman.

Sebagai tambahan, penting untuk menyelaraskan tema desain dan dekorasi secara menyeluruh. Kesatuan dalam pemilihan warna, desain furnitur, dan pilihan aksesori akan menciptakan suasana yang harmonis di dalam rumah.

2. Posisi ruangan saling berhadapan

artfasad.com

Bentuk rumah yang berbeda memungkinkan ruang tamu dan dapur ditempatkan secara berhadapan. Biasanya, kondisi ini terjadi ketika ruang di bagian depan rumah memiliki ukuran yang lebih luas dan terintegrasi menjadi satu ruangan.

Namun, untuk menjaga kejelasan perbedaan antara ruang tamu dan dapur, penting untuk mempertegas batas antar keduanya. Tanpa menggunakan sekat, hal ini dapat dicapai dengan menonjolkan desain furnitur yang khas untuk masing-masing ruang.

Pemilihan furnitur yang minimalis dan jumlahnya yang terkendali pun menjadi catatan penting supaya ruangan tidak terasa penuh. Selain itu, menyelaraskan dominasi warna yang digunakan akan menciptakan tampilan yang indah dan seimbang secara visual.

3. Tata ruang yang smart dan efisien

artfasad.com

Efisiensi menjadi salah satu faktor utama dalam keputusan menerapkan desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat. Pasalnya, menghilangkan sekat memberi kemudahan bagi para penghuni rumah untuk menyambut dan berinteraksi dengan para tamu.

Namun, perlu dicatat bahwa menata ruang tamu dan dapur secara efisien sebaiknya dilakukan dengan menempatkan dapur di sisi belakang dan ruang tamu di tengah. Langkah ini menciptakan suasana yang nyaman dan saling melengkapi.

Guna meningkatkan tampilan, kamu dapat mempertimbangkan gaya desain Japandi dengan menggunakan furnitur multifungsi dan hemat ruang. Dengan begitu, ruangan memiliki akses lebih banyak dan bisa difungsikan untuk hal lain, seperti menjadi ruang makan.

4. Kesan mewah yang elegan

john-lewis.co.uk

Meskipun sering diabaikan karena kegiatan memasak yang dianggap kurang menarik, dapur merupakan "jantung" dari sebuah rumah. Sebagai inspirasi, banyak restoran mewah yang justru memamerkan kegiatan memasak di dapur mereka, bukan?

Konsep ini dapat diadopsi dalam rumahmu dengan menerapkan desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat. Namun, pastikan desain dapur tampak mewah dan elegan agar kegiatan memasak terlihat menarik, seolah-olah para tamu mengunjungi restoran mewah.

Dalam hal ini, kamu sebaiknya memilih furnitur dan aksesoris minimalis untuk menjaga kesan elegan dan teratur, dengan tambahan kitchen island minimalis di tengah. Selanjutnya, tambahkan elemen dekoratif pendukung, seperti vas bunga, pot tanaman hijau, lampu gantung, cermin, dan lainnya.

5. Konsep desain minimalis

archify.com

Meskipun zaman terus berubah, konsep desain minimalis dalam dunia interior masih menjadi favorit. Tidak heran, desain ini memiliki fleksibilitas yang memungkinkannya cocok dengan berbagai jenis rumah, termasuk hunian berukuran mungil.

Dengan tujuan menciptakan kesan ruang yang lebih luas, konsep minimalis pun dapat diaplikasikan beriringan dengan desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat. 

Pemilihan warna terang, seperti putih, harus menonjol pada dinding, backsplash dapur, dan furnitur pilihan. Keputusan ini bertujuan untuk membuat ruangan tampak lebih cerah dan bersih sehingga meningkatkan kesan luas dan tertata secara keseluruhan.

6. Furnitur pilihan yang unik: mini bar

artfasad.com

Terinspirasi dari desain interior khas negara-negara Eropa dan Amerika, penggunaan mini bar pada ruang tamu dan dapur tanpa sekat dapat menjadi ajakan bagi para tamu untuk menikmati makanan dan minuman secara santai dan menyenangkan.

Untuk menerapkan konsep ini, penting untuk menggunakan kursi berukuran tinggi, sekitar 110-115 cm, yang memungkinkan penggunanya duduk lebih tinggi dari meja. Namun, tidak perlu menggunakan terlalu banyak kursi agar menciptakan kesan yang tidak menumpuk.

Sebagai tambahan, kamu dapat meningkatkan keindahan estetika interior dengan penggunaan karpet yang dapat membedakan letak ruang tamu dan dapur. Akan tetapi, pemilihan warna interior sebaiknya bersifat selaras atau serupa.

7. Nuansa warna netral yang sederhana

artfasad.com

Pemilihan warna yang tepat sesuai dengan gaya desain merupakan faktor penting untuk meningkatkan estetika interior rumah. Sebagai rekomendasi, warna-warna netral dapat menjadi pilihan terbaik karena fleksibel dan selaras dengan berbagai desain interior.

Itu berarti desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat pun cocok dengan pemilihan warna netral. Tidak hanya menciptakan pemandangan interior yang indah, pemilihan warna-warna netral juga memunculkan kesan harmonisasi yang menyatu antar ruang.

Namun, ingat, penting untuk mengimbangi pemilihan warna dengan penggunaan furnitur yang sesuai proporsi supaya ruang tidak terasa penuh. Yup, memberikan space kosong antara furnitur dapat memperkuat kecantikan warna-warna netral yang nyaman.

8. Dominasi putih untuk menonjolkan warna favorit

pashouses.id

Berbicara mengenai warna, kamu mungkin sedang mempertimbangkan pemilihan warna favorit yang dapat menjadi sorotan utama. Namun, tidak ada kepastian bahwa para tamu akan seketika mengarahkan pandangannya ke warna tersebut.

Solusinya adalah mendominasi ruang tamu dan dapur tanpa sekat dengan serba putih, baik pada latar belakang dinding dan lantai, maupun furnitur. Setelah itu, baru tonjolkan warna favoritmu pada furnitur yang paling sering digunakan, seperti sofa atau kursi.

Jadi, apakah kamu sudah siap mengubah desain tata ruang tamu dan dapur tanpa menggunakan sekat? Kami harap tampilan estetika ruang dalam rumahmu meningkat, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration