Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Menempatkan Cermin di Ruang Tamu Sempit, Bikin Tampak Luas

Tak perlu renovasi besar-besar agar ruang tamu lebih luas

Mariana Politton

Dalam upaya meningkatkan nilai estetika interior ruang tamu, mungkin kamu mengira bahwa ukuran ruang yang lebih luas adalah kunci untuk hasil terbaik. 

Eits, tunggu dulu! Ada strategi efektif yang sebenarnya dapat kamu terapkan dengan cepat, mudah, dan tanpa biaya besar. Salah satunya adalah menggunakan cermin di ruang tamu sempit, untuk menciptakan ilusi ruang yang terkesan lebih luas dari ukuran sebenarnya.

Akan tetapi, strategi ini bukan sekadar menempatkan cermin secara asal atau random begitu saja. Ingin tahu cara apa yang tepat untuk menerapkannya?

1. Mengelompokkan cermin-cermin kecil menjadi satu

salesdecor.com

Cara pertama menempatkan cermin di ruang tamu sempit, adalah memilih serangkaian cermin kecil daripada cermin berukuran besar yang cenderung mahal. Tahukah kamu? Penggunaan cermin berukuran kecil akan menghasilkan tata letak yang lebih sederhana dan unik.

Untuk menerapkannya, kamu sebaiknya menyatukan cermin-cermin kecil tersebut secara simetris di dinding ruang tamu. Akan tetapi, kamu juga bisa mengaturnya dalam pola yang lebih kreatif sesuai dengan selera pribadimu.

Pada dasarnya, menyatukan cermin-cermin kecil akan membantu memaksimalkan pantulan cahaya, sehingga ruang tamu terlihat lebih terang dan luas. Namun, pastikan bahwa cermin-cermin tersebut tidak berbingkai agar tampilannya yang lebih bersih dan minimalis.

2. Menggunakan cermin tinggi untuk menciptakan efek dinding lebih panjang

amazon.com

Salah satu ilusi yang diperlukan untuk memberikan kesan ruang tamu yang lebih luas adalah menciptakan tampilan dinding yang terlihat lebih panjang. Hal ini dapat terealisasikan dengan menempatkan cermin dinding yang tinggi dan berbentuk vertikal.

Karakteristik dari cermin dinding tersebut menyoroti garis pandang vertikal dan memberikan ilusi bahwa dinding tampak lebih panjang dari sebenarnya. 

Untuk meningkatkan efek ilusi, kamu dapat menempatkan cermin dinding tersebut pada sudut dinding yang berada di depan pintu. Tujuannya untuk mempertajam orientasi para tamu ketika membuka pintu utama dan menemukan cermin tersebut.

3. Menempatkan cermin di hadapan meja

adalbon.is

Menempatkan cermin di ruang tamu sempit selanjutnya adalah di hadapan area meja di tengah-tengah kursi yang mengelilinginya. Dengan demikian, kamu dapat membuat ruang sosial tersebut terasa lebih luas dengan menempatkan cermin besar di hadapan meja.

Penempatan ini berpotensi untuk mengoptimalkan pantulan cahaya yang lebih kuat, yang langsung tertuju kepadamu dan para tamu. Alhasil, kamu dan para tamu secara otomatis merasakan efek ilusi yang meyakinkan bahwa ruang tamu terasa cukup luas.

4. Menempatkan cermin di dekat jendela

amazon.com

Jendela memang merupakan "pintu dunia" karena memberikan akses pada pemandangan alam yang tak terbatas di luar rumah. Selain itu, jendela juga merupakan satu-satunya area ketika sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah, termasuk ruang tamu.

Oleh karena itulah, kamu dapat mempertimbangkan untuk menempatkan cermin di sudut dinding yang berdekatan dengan jendela. Langkah ini akan memungkinkan terjadinya pantulan cahaya matahari secara optimal guna menciptakan ilusi ruang tampak luas.

5. Menciptakan jendela palsu dengan cermin

mirroroutlet.co.uk

Salah satu strategi interior yang dapat memberikan kesan ruang lebih luas adalah menggunakan jendela berukuran besar. Namun, memasang jendela besar seringkali menjadi pilihan yang mahal karena memerlukan pekerjaan yang rumit dan kompleks.

Kabar baiknya, kamu bisa memanfaatkan cermin berukuran besar dan memolesnya dengan garis-garis bingkai yang bergaya seperti jendela. Beberapa toko bahkan menjual cermin yang dirancang dengan gaya persis seperti jendela karena strategi ini cukup populer untuk mengakali penempatan cermin di ruang tamu sempit.

6. Memilih furnitur yang menggunakan cermin

jsinteriors.co.nz

Nah, selain dekorasi di dinding, menempatkan cermin di ruang tamu sempit juga bisa melalui perabotan, kok. Contohnya, meja dengan tatakan cermin untuk meletakkan sajian khusus untuk tamu. Dalam konteks ini, kamu bisa memilih furnitur yang memanfaatkan cermin.

Tidak diragukan lagi, ada banyak pilihan furnitur yang menggunakan cermin dalam desainnya. Salah satunya adalah meja kopi dengan sisi-sisinya yang terbuat dari cermin. Dengan begitu, pantulan cahaya dari furnitur tersebut menciptakan ilusi ruang lebih luas.

7. Mengganti karya seni dengan cermin

Instagram.com/patina_pine

Meningkatkan nilai estetika ruang tamu kerap melibatkan penambahan beberapa karya seni, seperti lukisan yang digantungkan di dinding. Namun, tahukah kamu bahwa kamu juga bisa menggantikan karya seni tersebut dengan beberapa bingkai cermin?

Cara unik ini tidak hanya menjaga tampilan ruang tamu tampak indah, tetapi juga menciptakan ilusi yang membuat ruangan terasa lebih luas. Efek yang dihasilkan hampir mirip dengan strategi mengelompokkan serangkaian cermin kecil di atas.

Jadi, tunggu apa lagi? Kamu bisa mulai menempatkan cermin di ruang tamu sempit sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga harapanmu untuk membuat ruang tamu terlihat lebih luas dapat terwujud, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration