Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Peluang Untung Besar, Ini 7 Ide Bisnis Pertanian Rumahan 

Bisa dilakukan di mana saja, tidak harus di desa

Firly Fenti

Siapa yang memiliki resolusi untuk menjalankan bisnis di tahun yang baru ini? Kalau itu kamu, maka kamu bisa, nih, memasukan bisnis pertanian sebagai pilihan bisnismu. Pasalnya, jenis bisnis pertanian berpotensi memiliki keuntungan yang besar lantaran produk yang dihasilkan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia.  

Bisnis pertanian nggak melulu butuh lahan yang luas dengan modal yang besar, kok. Kamu juga bisa memulai bisnis pertanian rumahan. Cukup dengan lahan berukuran beberapa meter saja, kamu sudah bisa jadi petani modern yang berpeluang mendapatkan untung. 

Lalu, kira-kira, apa saja jenis ide bisnis pertanian rumahan yang menguntungkan tersebut? Berikut Popbela berikan 7 inspirasi bisnis pertanian rumahan dengan modal kecil.

1. Menjual tanaman organik

Bisnisukm.com

Ide bisnis pertanian rumahan yang pertama ialah menjadi petani tanaman organik. Saat ini, permintaan terhadap jenis tanaman bebas zat kimia yang satu ini sangat tinggi di pasaran. Hal ini dikarenakan jenis tanaman organik disebut-sebut lebih sehat dan memiliki penampilan yang menarik. Oleh karena itu, menjadi petani tanaman organik bisa menjadi salah satu ide bisnis petani rumahan yang cukup menjanjikan untukmu.

2. Menjual tanaman obat

Pemburuombak.com

Di masa pandemi seperti ini, obat-obatan herbal menjadi salah satu pilihan populer di kalangan masyarakat. Melihat tren yang tinggi, menjadi petani tanaman obat bisa jadi jalan ninjamu. Pasalnya, obat-obatan herbal kini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. 

Tentu hal ini jadi peluang yang bagus untuk bisnis, kan? Nah, kalau kamu ingin menjadi petani tanaman obat atau herbal, kamu bisa memilih jenis tanaman apotek seperti daun sirih, kumis kucing, atau temulawak. Jenis tanaman apotek tersebut bisa kamu tanaman di lahan yang terbatas.

3. Menjual bibit tanaman

Rmol.id

Pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah di kala pandemi ini membuat hobi baru bermunculan, salah satunya yang paling populer ialah memelihara tanaman. Nah, melihat situasi tersebut, menjadi penjual bibit tanaman merupakan salah satu pilihan yang cukup menjanjikan, lho. Kamu bisa menjual bibit sayuran atau bibit buah-buahan.

4. Blogger pertanian

Mediavine.com

Ide pertanian selanjutnya ialah menjadi blogger di bidang pertanian. Iya, blogger. Kamu bisa membuat sebuah blog yang kamu isi dengan konten seputar pertanian. Peluang yang satu ini cukup menjanjikan, lho. Pasalnya, belum banyak yang menggeluti profesi ini. Modalnya pun sangat kecil. 

Kamu hanya cukup membeli domain untuk blogmu dan menuliskan konten-konten yang informatif seputar pertanian. Dengan konten-konten informatif tersebut, nantinya akan banyak orang yang berkunjung ke blogmu yang berimbas menarik perhatian calon pengiklan di blogmu. 

5. Menjual tanaman rempah

Pexels/Pixabay

Pasti pada tahu kalau Indonesia kaya akan rempah-rempahnya. Kekayaan akan rempah-rempah ini juga mengundang permintaan pasar luar negeri yang cukup tinggi, nih. Oleh karena itu, kamu juga bisa menjadi pemain di pasar ini. Ada banyak rempah yang bisa kamu pilih sebagai bahan jualanmu, seperti akar wangi, asam jawa, bawang putih, bawang merah, kapulaga, cabai, hingga cengkih. 

6. Menjual pupuk

Freepik.com

Bisnis pupuk tanaman juga menjadi salah satu pilihan bisnis pertanian yang cukup menjanjikan, Bela. Untuk memulai bisnis ini kamu bisa memulainya dengan mempelajari proses pembuatan pupuk. 

7. Menjual tanaman hias

Valiant.com.au

Siapa yang menyangka jika masa pandemi membuat orang memiliki minat tinggi terhadap tanaman hias untuk di rumah. Waktu yang tepat bagi kamu untuk mengais rezeki di area ini. Misalnya menjual tanaman hias yang sedang tren, seperti aglonema, monstera, calathea hingga sirih gading

Jika tidak mengerti tanaman, kamu bisa menjual pot tanaman unik, batu hiasan di dalam pot, hingga paket hampers tanaman mini.

Itulah ide bisnis pertanian rumahan minim modal, yang bisa kamu jalani dan berpotensi mendapat untung besar. Mulai pelajari dari sekarang, yuk!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration