Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Fakta Minyak Ikan untuk Kucing, Baik Bagi Kesehatan dan Imunitas

Tak hanya imunitas, tapi juga untuk kesehatan ginjal

Evelyn Anggraini

Minyak ikan biasanya menjadi suplemen rekomendasi untuk kebutuhan banyak orang. Minyak ini memang kaya akan asam lemak omega-3, termasuk EPA dan DHA. Kandungan tersebut penting untuk pertumbuhan otak, kesehatan kulit, dan anti radang.

Namun, minyak ikan ternyata juga berguna untuk anabul peliharaan kamu, lho! Tidak hanya anjing, tapi kucing dapat mengonsumsinya dengan bentuk suplemen khusus tentunya. 

Selain tujuan utamanya meningkatkan kebutuhan asam lemak omega, minyak ikan bisa menjadi asupan suplemen terpisah yang bermanfaat bagi kucing. Banyak pilihan suplemen dengan kandungan tersebut dijual di berbagai toko kebutuhan hewan peliharaan maupun di internet.

Meskipun begitu, tidak semua minyak ikan cocok atau bahkan aman untuk dikonsumsi semua kucing. Maka dari itu, bagi kamu yang ingin meningkatkan imunitas anabul kesayanganmu, perhatikan informasi penting berikut ini, ya!

1. Melindungi jantung

Pexels.com/Pixabay

Minyak ikan dapat menyehatkan fungsi jantung kucing untuk menormalkan detak yang tak teratur. Adanya pelindung dengan sebutan anti-koagulan ini dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah pada kucing yang mengalami penyakit jantung.

2. Menjaga fungsi ginjal

Pexels.com/Anel Rossouw

Kandungan yang ada di dalam minyak ikan dapat mengurangi produksi zat inflamasi yang akan menimbulkan peradangan pada ginjal.

3. Menjaga kesehatan kulit dan bulu

Pexels.com/Pixabay

Melihat bulu-bulu kucing yang rontok ataupun kulit kering pada kulitnya membuat kita sebagai pemiliknya merasa resah, kan? Dengan memberikan minyak ikan ini dapat menjaga kelembapan kulit kucing sehingga tidak berdampak akan kerontokan dari bulu-bulunya.

4. Menjaga kadar kolesterol

Pexels.com/EVG Kowalievska

Sama halnya dengan manusia, penyebab munculnya banyak penyakit rata-rata dari kadar kolesterol jahatnya yang tinggi. Oleh karena itu, pemberian minyak ikan pada kucing dapat meningkatkan kolesterol baik dan menjaga kestabilannya dalam tubuh.

5. Menurunkan kadar trigliserida darah

Pexels.com/Ralph

Trigliserida adalah lemak dalam darah yang berasal dari hati, namun lebih banyak dari makanan yang dikonsumsi, seperti daging maupun susu. Minyak ikan bantu menurunkan kadar lemak darah pada kucing yang mempunyai riwayat penyakit dalam, yakni jantung, usus, ataupun pankreas.

6. Meningkatkan perkembangan neurologis dan fungsi kognitif

Unsplash.com/Mikhail Vasilyev

Berdasarkan studi A Hill's Pet Nutrition pada 2012 mengungkapkan bahwa pemberian DHA kepada anak anjing maupun kucing dapat meningkatkan kemampuan untuk belajar dan mempertahankan keterampilan tertentu daripada dengan mereka yang tidak menerima DHA tambahan.

Jika kucing mengalami penurunan fungsi kognitif, hal tersebut dapat teratasi dengan penambahan minyak ikan.

7. Membantu menyembuhkan rematik

Unsplash.com/Kabo

Minyak ikan menurunkan produksi prostaglandin yang bisa merangsang peradangan sendi kucing. Nah, suplemen minyak ikan berfungsi untuk membuatnya lebih nyaman dan lincah.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Unsplash.com/Andriyko Podilnyk

Adanya kandungan omega-3 pada minyak ikan sangat baik untuk menjaga kesehatan kucing. Tak hanya itu saja, terdapat kandungan lainnya, seperti omega-6, vitamin A, hingga vitamin D yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Bila kucing rutin mengonsumsi minyak ikan, maka mereka tidak rentan sakit dan terhindar dari risiko terkena berbagai penyakit.

9. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Unsplash.com/Alexander Possingham

Rasanya sedih sekali kalau melihat kucing kesayangan sampai mengidap penyakit kanker. Salah satu hal yang meminimalkan adalah dengan memberikan minyak ikan secara rutin.

Menurut drh. Joanna Pendergrass melalui tulisannya di PETMD mengatakan manfaat lain dari minyak ikan adalah menghambat pertumbuhan sel kanker. Caranya dengan merangsang sel kanker untuk berubah menjadi jenis sel tertentu. Ketika sel tersebut berubah, maka kemampuan membelah sel kanker akan terhambat sehingga tidak terus tumbuh.

Efek sampingnya bagi kucing

Pexels.com/Pixabay

Selain punya manfaat baik untuk kucing, akan tetapi minyak ikan bisa juga menimbulkan efek samping, lho! Umumnya, efek tersebut diakibatkan oleh dosis pemberian yang berlebihan. Diare dan muntah adalah gejala yang paling sering terjadi kalau terlalu banyak memberikan minyak ikan pada kucing. Selain itu, kucing bisa saja merasa lemas, bau mulut, hingga kulit berminyak.

Efek samping yang serius juga bisa saja terjadi, seperti pankreatitis hingga dispepsia.

Minyak ikan memang efektif untuk berbagai permasalahan kucing, termasuk kesehatan kulit, ginjal, maupun imunitasnya. Suplemennya mengandung banyak asam lemak omega-3 yang bagus untuk menjaga fungsi tubuh. Misalnya, otak membutuhkan asupan asam lemak lebih banyak. Dengan menambahkan minyak ikan dapat meningkatkan fungsi kognitif mereka.

Akan tetapi, perlu kamu perhatikan terlebih dahulu efek samping bagi kucing yang mengonsumsi minyak ikan. Asalkan secara rutin dan sesuai dengan dosis anjurannya, kesehatan kucing kesayanganmu akan terjaga. Oleh karena itu, tak perlu ragu untuk memberikan minyak ikan sebagai suplemen tambahan, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration