Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bantu Adaptasi, Ini 5 Alasan Ilmiah Mengapa Kucing Menyukai Kardus

Memberikan rasa aman pada kucing

Cynthia Claudia

Para pemilik hewan di rumah, terutama kucing, pasti mencari mainan yang tepat untuk diberikan kepada anabulnya. Berbagai mainan kucing yang tersedia di pet shop, mulai dari mainan bulu, bola, hingga tikus karet, biasanya menjadi andalan para pemilik kucing untuk menghibur anabulnya.

Namun, apakah kamu pernah menyadari bahwa kucing justru lebih senang bermain dengan kardus? Pasti heran juga mengapa kucing bisa tiba-tiba suka bermain dengan kardus. 

Nah, berikut ini adalah alasan ilmiah mengapa kucing menyukai kardus.

1. Merupakan tempat terbaik untuk tidur

Unsplash.com/Luku Muffin

Kardus merupakan tempat terbaik bagi kucing untuk tidur dan beristirahat di siang hari. Jangan heran jika kucingmu menghabiskan banyak waktu untuk tidur di dalam kardus. 

Kardus pasalnya membuat mereka merasa nyaman. Mereka tidak akan khawatir diganggu, merasa aman, dan hangat jika tidur di dalam kardus.

2. Memberikan rasa aman pada kucing

Unsplash.com/Piotr Musioł

Kucing pada dasarnya memiliki insting bersembunyi yang sangat kuat. Kucing dulunya tinggal di hutan, dan mereka harus bersembunyi ketika berhadapan dengan musuhnya atau jika ingin mencari mangsanya. 

Sehingga, mereka membutuhkan tempat yang tertutup untuk bersembunyi. Naluri untuk bersembunyi terbawa hingga saat ini, meskipun mereka sudah menjadi hewan rumahan. Mereka tetap menemukan rasa aman di dalam kardus karena merupakan wadah yang tertutup.

3. Memberikan kehangatan

Unsplash.com/Đồng Phục Hải Triều

Selain memberikan rasa aman pada kucing, kardus juga ternyata memberikan kehangatan pada kucing, sehingga mereka betah tinggal di dalam kardus. Melansir PetMD, suhu normal kucing mecapai sekitar 38 hingga 39 derajat celsius.

Kucing yang bertubuh kurus, kecil, dan berbulu tipis lebih senang tinggal di dalam kardus dibandingkan kucing dewasa yang bertubuh besar dan berbulu lebat.

4. Membantu mengatasi stres

pexels.com/Maria Sanchez

Salah satu cara kucing untuk mengatasi stres adalah dengan masuk ke dalam kardus. Reaksi kucing ketika menghadapi konflik pada dasarnya adalah lari dan bersembunyi, karena mereka tidak memiliki strategi untuk mengatasi konflik.

Kucing merasa bahwa mereka bisa mengontrol masalah dan merasa terlindungi di dalam kardus.

5. Membantu kucing beradaptasi

Unsplash.com/Tim King

Menurut sebuah studi tahun 2014 oleh University of Utrecht, kardus bisa membantu kucing beradaptasi dengan lebih baik di lingkungannya. Studi ini membandingkan reaksi kucing ketika berada di lingkungan baru dengan kardus dan tanpa kardus. 

Hasilnya, kucing yang berada di lingkungan baru yang diberikan tumpukan kardus bisa beradaptasi dengan lebih cepat dan baik, dibandingkan kucing yang tidak diberikan kardus. 

Itulah 5 alasan ilmiah mengapa kucing menyukai kardus, Bela. Ternyata cukup berikan kardus untuk kucing, dengan begitu mereka pun merasa aman, nyaman, dan terbebas dari stres.

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Kenapa Kucing Menyukai Kardus? Ini 5 Alasan Ilmiahnya" ditulis oleh Izza Namira

IDN Media Channels

Latest from Inspiration