Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tuai Rezeki, Ini 8 Ikan Hias yang Cocok Dipelihara Menurut Feng Shui

Bisa kamu pelihara di akurium

Natasha P.

Dalam filosofi Feng Shui, ikan merupakan hewan yang diyakini dapat menarik keberuntungan. Kini, banyak orang memelihara ikan hias di rumah atau di kantor dengan harapan agar bisnis, usaha, atau kediaman mereka selalu dipenuhi berkah, kemakmuran, dan hoki.

Kamu bisa memelihara ikan hias di kolam maupun di akuarium. Mengutip Magic Bricks, salah satu ikan hias pembawa hoki dengan harga terjangkau yang bisa kamu pelihara adalah ikan mas koki. Sedangkan ikan pembawa keberuntungan lainnya adalah ikan arwana.

Inilah 8 jenis ikan pembawa keberuntungan menurut Feng Shui, yang bisa kamu dipelihara di rumah. Adakah ikan favoritmu di bawah ini?

1. Ikan arwana

CNBC

Ikan Arwana dikenal dengan julukan 'ikan naga' lantaran sering dikaitkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa. Menurut kepercayaan Tionghoa, ikan bernama ilmiah Scleropages formosus ini menyimbolkan kekayaan, kekuatan, kesehatan dan kebahagiaan.

Spesies ikan yang tersebar di Asia Tenggara ini terancam punah akibat perburuan ilegal dan rusaknya habitat. Maka tak heran,  harga ikan arwana cukup mahal dan bisa mencapai ratusan juta rupiah per ekor.

2. Ikan mas koki

Superperikanan.com

Pilihan ikan pembawa hoki paling ekonomis dan perawatan mudah jatuh kepada ikan mas koki, Bela. Ikan hias dengan corak sisik keemasan dan didominasi warna jingga ini bisa kamu pelihara di akuarium maupun kolam hias.

Dalam Feng Shui, ikan mas koki dapat mendatangkan keharmonisan dan kebahagiaan bagi penghuninya.

3. Ikan lou han

Twitter.com/azula

Keindahan ikan lou han terletak pada corak totolnya yang unik, kontras dengan warna kulit yang terang dan "benjolan" besar di keningnya. Keunikan inilah yang membuat ikan lou han nenjadi favorit para pencinta ikan.

Ikan Feng Shui ini dipercaya dapat memancarkan cinta dan keberuntungan bagi pemiliknya. Konon, memelihara ikan lou han di rumah dapat mendatangkan keharmonisan rumah tangga dan kesehatan bagi seluruh penghuni rumah.

4. Ikan guppy

AZ Animals

Ditilik perawatannya, ikan guppy menjadi jenis ikan tawar hias yang cocok dipelihara oleh pemula. Ikan bercorak indah ini diyakini dapat memancarkan energi positif dan menciptakan lingkungan yang menyenangkan di rumah.

Perawatannya mudah dan bisa dipelihara di akuarium. Kamu hanya perlu membersihkan akuarium secara berkala dan memastikan air tawar selalu bersih dan tak berlumut.

Agar ikan guppy tak jenuh dan bahagia, kamu bisa memberi sentuhan alam dengan meletakkan tanaman air dan substrat di akuarium.

5. Ikan dewa

Mongabay

Ikan Dewa dipercaya memiliki sifat kramat yang dapat melindungi pemiliknya dari santet atau guna-guna. Ingin memelihara ikan dewa? Kamu bisa menemukannya di Gunung Cimere, Jawa Barat.

Berbicara soal mitosnya, terdapat larangan untuk mengonsumsi ikan kramat ini. Konon siapa pun yang menyantapnya, ia akan mengalami kesialan dan nasib buruk. Bahkan jika ikan ini mati, maka harus dikubur selayaknya manusia.

6. Ikan Long Fin Koi

Aquaspace

Masyarakat sudah familiar dengan ikan satu ini. Populasinya tersebar di seluruh Indonesia dan menjadi ikan favorit yang banyak dipelihara. Dibawa oleh pencinta ikan Koi, Hani Moniaga pada tahun 1981-1982, warna coraknya yang ciamik berkat hasil perkawinan silang membuat harga ikan koi tergolong cukup mahal.

Dalam Feng Shui, ikan koi sering dikaitkan dengan Yin dan Yang atau simbol keseimbangan dan dapat mendatangkan rezeki bagi pemiliknya. Ahli Feng Shui menyarankan untuk memelihara 9 ekor ikan koi karena angka 9 merupakan nomor paling hoki. Selain angka 9, kamu juga bisa memeliharanya dalam jumlah ganjil lainnya. Misalnya lima, tiga, atau satu ekor.

7. Ikan mas Black Moor

Bukalapak.com

Sekilas, Black Moor memiliki fisik yang mirip dengan ikan mas koki. Perbedaannya terletak pada warnanya yang hitam pekat. Ikan Feng Shui ini dipercaya dapat menyerap seluruh energi negatif dan menebarkan energi positif di rumah.

8. Ikan rasbora

Ikantani.com

Ikan Feng Shui satu ini punya banyak jenis. Contoh jenis ikan Rasbora paling populer dan banyak dipelihara adalah Brilliant Rasbora, Harlequin Rasbora, dan Clown Rasbora.

Walau tak sebeken ikan Feng Shui lainnya, ikan rasbora tetap diyakini membawa hoki dan keberuntungan bagi pemiliknya.  Ikan tawar ini cocok dipelihara bagi kamu yang baru menyelami hobi memelihara ikan.

Rasbora ini sangat mudah dirawat dan tak membutuhkan banyak perhatian lebih.  Kamu hanya memerlukan pakan dengan gizi seimbang, air bersih dan tanaman air agar mereka dapat berkembang dengan baik di akuarium.

Demikian  jenis ikan tawar dalam Feng Shui yang bisa kamu pelihara di rumah. Dari ke-8 ikan tersebut, mana saja yang ingin kamu pelihara?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration