Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bawa Hoki, Ini 8 Rekomendasi Warna Pintu Rumah Menurut Feng Shui

Ciptakan sinergi positif di dalam rumah

Audia Natasha Putri

Ajaran feng shui lahir sebagai pedoman tentang bagaimana cara untuk hidup selaras dengan alam. Secara harfiah, feng shui memiliki arti "angin" dan "air" dalam bahasa Mandarin. Lebih dari sekadar teori, praktik Tiongkok Kuno ini berfokus untuk memanfaatkan angin (napas) dan udara sebagai cara untuk mensinergikan energi kita dengan alam. Dengan demikian, kita pun bisa mengatur aliran energi Yin (positif) dan Yang (negatif) agar tetap seimbang.

Kondisi Feng Shui yang tepat bisa mengantarmu untuk mencapai tujuan hidup dan keberuntungan yang kamu inginkan. Begitu juga dengan menjaga aliran hoki di setiap sudut rumah agar tetap lancar. Ada banyak cara untuk mengubah tata letak feng shui di hunianmu. Salah satunya dengan mengganti warna cat pintu rumah.

Sebagai garda terdepan yang menerima akses masuknya aliran energi, pemilihan warna yang tepat pada pintu rumah menjadi implikasi terbaik untuk mendatangkan energi baik dan kesejahteraan ke dalam rumah. Berikut adalah 8 warna pintu rumah terbaik menurut feng shui.

1. Merah untuk keberuntungan

Grove City Realty

Warna merah dalam Feng Shui identik dengan ong atau keberuntungan. Selain itu, warna merah menjadi pilihan populer bagi penganut ilmu tata letak Tiongkok ini untuk diaplikasikan ke pintu depan rumah. Aspek elemen api dalam warna merah yang menonjol bisa mendatangkan kekayaan, semangat, perlindungan, dan kemakmuran di dalam rumah.

2. Kuning untuk keceriaan

Archilovers.com

Kalau ingin menciptakan nuansa rumah penuh kegembiraan, kiranya kuning bisa jadi pilihan untuk warna pintu rumahmu. Erat kaitannya dengan matahari yang selalu bersinar, warna kuning diasosiasikan penuh energik dan periang.

Menerapkan warna kuning pada pintu depan dipercaya dapat membawa hal positif dan kegembiraan ke dalam rumah. Rekomendasi palet warna kuning yang bisa kamu pakai adalah peach, lemon, corn, dan pastel yellow.

3. Abu-abu untuk rezeki lancar

Colegio Santa Ines

Kalau tak suka warna yang mentereng, bisa juga menerapkan warna abu-abu ke dalam rumah. Warna netral ini bukan hanya bersifat timeless dan klasik saja, tapi juga menyimbolkan unsur logam yang tangguh dan presisi. Energi logam yang selaras dengan warna bumi bisa mendatangkan rezeki bagi siapa pun yanh memakainya.

4. Hitam gelap untuk energi positif

World of Connecticut

Kendati sering dikaitkan dengan tema kegelapan, nyatanya hitam memiliki arti kebijaksanaan dalam feng shui. Sifatnya yang mudah menyerap bisa menarik energi positif dan kesejahteraan bagi penghuni rumah. Hitam yang mewakilkan elemen air bersinergi dengan keheningan, kebijaksanaan, dan kontemplasi yang tenang. Mengimplementasikan warna ini ke pintu rumah dapat mengeksplorasi kedamaian dalam diri sendiri dan keluarga.

5. Hijau untuk fleksibilitas

Houzz

Bukan cuma berkaitan dengan unsur alam, warna hijau juga selaras dengan elemen kayu yang kokoh. Sebagai katalisator pendorong pertumbuhan, elemen kayu dapat menggenjot vitalitas serta menumbuhkan kebaikan dan energi kehidupan positif di dalam rumah.

Warna ini cocok diterapkan buat kamu yang mendambakan keharmonisan dalam rumah tangga. Lantaran warna hijau terhubung erat dengan kasih sayang, fleksibilitas, dan penyembuhan dalam ajaran feng shui.

6. Ungu tua untuk kreativitas

Houzz

Bicara soalnya elegan, warna ungu bukan hanya menonjolkan kemewahan dan keanggunan saja. Berhubungan dengan elemen api, ungu juga identik dengan kekayaan dan kreativitas.

Memasang pintu depan rumah berwarna ungu bisa menghadirkan inspirasi dan ide cemerlang dalam berkarya. Cocok buat kamu yang berkarier di bidang kreatif seperti designer dan kreator konten, nih!

7. Biru cerah untuk relaksasi

House of Hoff

Ajaran Ffeng shui menjabarkan bahwa warna biru cerah menyimbolkan elemen air dan udara yang menyejukkan. Warna ini juga menyiratkan ketentraman dan ketenangan bagi siapapun yang melihatnya. Di samping itu, warna biru juga bermakna tingkat spiritualitas tinggi. Mengecat pintu rumah dengan warna biru bisa memberikan kedamaian hati.

8. Cokelat untuk stabilitas

Talbert Building Supply

Warna cokelat menjadi salah satu warna yang mendominasi hampir di semua benda di dunia. Warnanya yang sinkron dengan elemen kayu, berkaitan dengan alam. Unsur kayu sendiri melambangkan kekuatan dan stabilitas. Menurut feng shui, elemen kayu yang berwarna cokelat merupakan lambang kekuatan.

Selain berhubungan dengan warna kayu, cokelat juga erat kaitannya dengan unsur tanah yang membumi dan mendorong kesejahteraan. Kalau ingin menghadirkan lebih banyak stabilitas dan ketenangan ke dalam hidup, coba saja terapkan warna ini ke pintu rumahmu.

Itulah rekomendasi terbaik warna pintu rumah menurut feng shui yang bisa kamu terapkan. Dari warna di atas, mana yang kamu pilih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration