Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Ras Anjing Berkaki Pendek yang Menggemaskan, Bisa Jadi Teman Main

Bukan cuma corgi dan daschund saja

Natasha P.

Setiap ras anjing memiliki keunikan dan karakteristik khas yang masing-masing. Mulai dari postur tubuh, bentuk, dan ukuran, anjing hadir dengan satu tujuan: menjadi teman baik bagi sang pemilik.

Selain yang berpostur tinggi, ada pula beberapa ras anjing berkaki pendek. Daya tarik anjing ras berkaki pendek terletak dari cara jalannya yang menggemaskan dengan tubuh kecil bergoyang-goyang.

Tak hanya itu, umumnya mereka memiliki sifat lebih supel, bersahabat dan banyak energi. Sehingga anjing ras ini cocok dipelihara bagi pemula atau yang memiliki anak kecil.

Berikut adalah 9 ras anjing berkaki pendek yang bisa kamu pelihara di rumah. Tertarik memboyongnya pulang, Bela?

1. Pomeranian

The Spruce Pets

Daya tarik anjing Pomeranian bukan hanya dari kakinya yang pendek dan tubuhnya yang mungil. Tetapi tubuhnya yang diselimuti bulu tebal dan lembut membuatnya mirip sekali dengan boneka.

Sikapnya yang berani, lincah dan supel membuatnya mudah dilatih. Bahkan dengan latihan intensif, anjing mungil ini bisa menjadi penjaga rumah yang baik.

2. Basset Hound

American Kennel Club

Bagi pencinta anjing imut, anjing Basset Hound mungkin tak masuk dalam referensi sebagai peliharaan. Tapi, jika kamu penyuka hewan dengan fisik dan karakteristik yang unik, ras ini bisa menjadi pilihanmu, Bela.

Ciri khas Basset Hound terletak pada tubuh bongsornya, berkaki pendek, dan bermata sayu. Mengutip Doggiedesigner, Basset Hound berlari sangat lambat karena badan yang gemuk serta ukuran kaki pendek membuat mereka kesulitan untuk bergerak lincah.

Walau anjing dengan telinga lebar terkulai ini selalu terlihat murung, mereka adalah sosok yang ramah dan gemar bersosialisasi. Bahkan dengan kucing sekalipun, mereka bisa akur dan menjalin pertemanan, lho!

3. Pembroke Welsh Corgi

American Kennel Club

Ras anjing kesayangan Mendiang Ratu Elizabeth ini cukup populer di kalangan pencinta hewan. Bokong semoknya bagai roti berjalan yang menggemaskan menjadi alasan mengapa Pembroke Welsh Corgi banyak diidolakan.

Dari segi penampilan, Pembroke Welsh Corgi memiliki kaki pendek, ukuran telinga besar yang tegak, dan ekspresi wajah yang cheerful. Bertolak belakang dengan Basset Hounds, ras anjing ini justru dapat berlari cepat dan melompat dengan lincah.

Sifatnya yang friendly dan extrovert, membuat ras ini cocok dipelihara sebagai teman di dalam rumah. Hanya saja, energinya tak terbendung sehingga mereka akan memaksa untuk mengajakmu bermain.

4. Daschund

American Kennel Club

Daschund atau populer sebagai "anjing sosis" sering dijadikan inspirasi sebagai karakter kartun. Di antaranya yang cukup akrab di telinga publik adalah karakter Slinky dan Buster dari saga Toy Story.

Dijuluki "sosis" karena anjing ini memilki bentuk tubuh yang panjang dan berkaki pendek. Sayangnya dengan fisik tak seperti anjing umumnya, mereka tak dapat melompat, berenang, atau berlari terlalu jauh.

Saduran dari Petmoo menjelaskan bahwa dachshund dapat hidup hingga 12-16 tahun lamanya. Karakternya yang ramah, namun pemberani dan mudah akrab, membuat anjing ini cocok menjadi sahabat bagi anak.

5. Pekingese

Modern Dog Magazine

Pekingese adalah ras anjing favorit di kalangan para bangsawan. Rupanya yang cantik dan tertutupi oleh bulu lebat yang halus nan panjang menjadi daya pikat tersendiri.

Aura anggun bak bangsawan dari anjing mungil dan berkaki pendek ini, berbanding terbalik dengan sifatnya yang tegas dan tak mudah terpengaruh. Dengan sifatnya itulah, Pekingese sering dilatih menjadi spesies anjing penjaga yang baik. Bahkan, Pekingese akan tak segan menggonggon dengan keras apabila melihat orang asing atau mencurigakan di sekitar lingkungan sang empu.

6. Tibetan Spaniel

The Kennel Club

Saat kamu menapaki biara-biara di Tibet, maka kamu akan disambut oleh anjing Tibetan Spaniel yang berkeliaran. Ras anjing asal Tibet ini sering dijuluki "little lion" karena intensitas bulunya yang panjang dan lebat.

Warna bulu anjing ini sangat bervariasi. Di antaranya hitam, cokelat, krem, merah, kuning dan putih. Walau berpostur pendek, Tibetan Spaniel adalah anjing cerdas yang dapat mengenali sesuatu. Dengan latihan intensif, anjing ini bisa menjadi pengintai yang baik bagi majikannya jika ada penyusup.

7. French Bulldog

American Kennel Club

French Bulldog atau dikenal dengan ras Frenchie adalah anjing berkaki pendek dengan wajah yang gahar. Dikatakan gahar karena Frenchie memiliki wajah persegi, berkerut, dan rata, lengkap dengan ekspresi yang galak. Meski berpostur kecil, Frenchie memiliki berat rata-rata 10kg - 15 kg.

Selain dari raut mukanya yang menyeramkan, Frenchie juga memiliki tubuh yang berotot dan kokoh, serta pundak yang berbidang. Mengutip American Kennel Club, walau berwajah seram, French Bulldog adalah hewan yang mudah beradaptasi dan berbaur dengan siapa saja, termasuk hewan lain.

Hanya saja, Frenchie memiliki energi yang rendah dan sensitif, sehingga mereka hanya perlu diajak berjalan kaki singkat setiap hari agar tetap sehat.

8. American Bulldog

Hospital Veterinario Glories

Masih satu saudara dengan Frenchie, American Bulldog atau akrab dengan nama American Bully juga masuk dalam daftar anjing dengan kaki pendek. Sosoknya yang gemuk, berwajah keriput, dengan tubuh besar dan berotot menjadi inspirasi bagi karakter Spike dalam serial Tom & Jerry.

Mereka adalah anjing dengan tubuh kuat dan berwajah gahar. Tak heran, American Bully mulanya dibiakkan untuk membantu tukang daging membawa daging ternak ke pasar.

American Bully memilili berat mencapai 25 kg dan rentan dengan gangguan pernapasan. Lantaran,  moncong pendeknya membuat pernapasan menjadi lebih sulit selama cuaca hangat dan lembap. Disarankan untuk menyikat lembut ras anjing ini seminggu sekali dan dimandikan setiap bulan supaya mereka tetap menarik dan bahagia.

9. Pug

People

Bintang utama dalam video klip lagu "Heli Guk Guk" karya Hai Bocca ini pun, tak mau kalah eksis dengan deretan anjing di atas, Bela. Anjing Pug masuk dalam ras anjing tertua yang sudah ada selama 2 ribu tahun sejak zaman Tiongkok Kuno.

Keistimewaan anjing Pug terletak dari wajah keriputnya yang khas dan mata besarnya yang memancarkan kesan ramah. Berbeda dengan American Bully atau Frenchie, keriput ini justru melukiskan ekspresi lucu dan menggemaskan.

Anjing kecil pemberani ini juga memiliki sifat setia yang rela melakukan apa saja demi melindungi keluarganya. Selain itu, mereka juga memiliki mata besar dan bulat yang memberikan kesan ekspresif dan ramah.

Itulah berapa spesies anjing yang mempunyai ukuran kaki pendek. Dengan postur kaki yang kecil, membuat deretan anjing di atas sangat lucu dan menggemaskan ketika sedang berjalan atau melakukan berbagai aktivitas. Tertarik ingin memilikinya di rumah, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration