Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Lagu Paling Banyak Didengar di Spotify, Terbaru Jungkook - "Seven"

Lagu ini sudah diputar lebih dari 1 miliar streaming

Natasha P.

Selamat kepada Jungkook BTS atas rilisnya single terbaru berjudul "Seven" pada 14 Juli 2023! Semakin membanggakan, tembang duetnya bersama rapper Latto ini berhasil pecah rekor 1 miliar streaming tercepat dalam Spotify. Pencapaian ini diumumkan oleh raksasa streaming tersebut melalui Medsos X pada 31 Oktober 2023.

 "Pada 30 Oktober 2023, singel hit Jungkook "Seven" feat. Latto berhasil menandai tonggak penting dalam sejarah Spotify dengan rekor tercepat dalam mencapai 1 miliar streaming," keterangan dalam unggahan di media sosial Spotify.

Dari Allkpop menjelaskan bahwa setidaknya dibutuhkan waktu 108 hari bagi singel "Seven" untuk mencapai 1 miliar streaming di Spotify. Jumlah ini berhasil menggeser rekor sebelumnya yang dipegang oleh Miley Cyrus dan hitnya "Flowers," yang membutuhkan waktu 112 hari untuk mencapai 1 miliar streaming.

Daftar lagu dengan streaming terbanyak di Spotify

Dok. Calvin Klein

Lagu "Seven" milik Jungkook ternyata bukan satu-satunya lagu yang mencapai 1 miliar streaming di Spotify dalam waktu cepat. Deretan lagu hits milik musisi internasional lainnya seperti The Weeknd dan Harry Styles berhasil menduduki tangga 10 besar lagu yang paling banyak diputar di Spotify. Bahkan di antaranya mencapai lebih dari 1 miliar streaming.

Inilah daftar lagu yang pernah mencapai lebih dari 1 miliar streaming di Spotify sepanjang 2023, menurut laporan Wikipedia.

1. "Blinding Lights" oleh The Weeknd - 3,8 miliar streaming

"Blinding Lights" merajai tangga pertama lagu dengan streaming terbanyak di Spotify. Tembang punya The Weeknd ini rilis pada 29 November 2019 dan merupakan lagu kedua dalam album keempat miliknya, After Hours.

Lagunya telah didengar sebanyak 3,8 miliar kali dalam Spotify. Pencapaian lagu ini tak berhenti sampai sini saja. "Blinding Lights" masuk nominasi sebagai lagu terbesar sepanjang masa yang menduduki tangga lagu serta mampu bertahan dalam Billboard 100 dalam jangka waktu mencapai 90 minggu.

2. "Shape of You" oleh Ed Sheeran - 3,67 miliar streaming

Berikutnya ada "Shape of You" karya musisi asal Tanah Inggris, Ed Sheeran. Meluncur pada 6 Januari 2017, lagu ini telah diputar sebanyak 3,67 miliar kali di layanan Spotify. Merupakan salah satu tembang dalam album ketiga miliknya yang bertajuk ÷ (2017). Sebuah lagu bergenre Pop dengan sentuhan R&B yang ear catchy, dengan lirik yang sederhana mudah diingat.

Sewajarnya, jika "Shape of You" menapaki tangga ketiga lagu yang paling banyak diputar di Spotify, dengan total 3,67 miliar streaming.

3. "Someone You Loved" oleh Lewis Capaldi - 3,03 miliar streaming

"Someone You Loved" merupakan lagu bertempo 110 BPM milik penyanyi dan penulis lagu Lewis Capaldi. Dikeluarkan pada 8 November 2018, lagu ini dinaungi oleh Vertigo Records and Universal Music dan masuk dalam bagian album Divinely Uninspired to a Hellish Extent (2019).

Buah suara milik Capaldi ini diproduseri oleh  Thomas Barnes, Peter Kelleher and Benjamin Kohn dan ditayangkan melalui radio secara global pada 16 April 2019, sebagai single pertama dalam versi US-nya.  Lagu ini telah diputar sebanyak 3,03 miliar streaming di Spotify.

4. "Sunflower" oleh Post Malone and Swae Lee - 2,98 miliar streaming

"Sunflower" merupakan karya suara hasil kolaborasi antara penyanyi Post Malone dan rapper Swae Lee. Keduanya berasal dari Amerika Serikat, bekerja sama menciptakan tembang tersebut pada 19 Oktober 2018. Lagu ini merupakan salah satu soundtrack dalam film animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse. Setahun kemudian, "Sunflower" masuk dalam daftar lagu pada album ketiga Malone,  Hollywood's Bleeding (2019).

Bersamaan dengan populernya film animasi garapan Sony tersebut, "Sunflower" berhasil memangku angka keempat lagu yang paling banyak diputar di Spotify. Sebanyak 2,98 miliar pasang telinga sudah mendengar lagu genre Hip Hop dan R&B tersebut.

5. "Dance Monkey" oleh Tones and I - 2,92 miliar streaming

Lagu dengan deskriptif visual ini seolah mengajak pendengar untuk berdansa bersama orang yang didambakan.  Sebuah karya milik musisi Australia Tones and I ini meluncur pada 10 Mei 2019 sebagai single kedua (pertama di US) dalam EP debut Tones and I, The Kids Are Coming. Lagu ini diproduseri dan diramu oleh Konstantin Kersting.

"Dance Monkey" berhasil memuncaki tangga lagu ofisial di lebih dari 38 negara, di antaranya bahkan merajai tangga 10 besar di sebagian negara, termasuk Amerika Serikat. Setidaknya, ada 2,92 miliar pasang telinga yang telah mendengar lagu ini di Spotify.

6. "One Dance" oleh Drake featuring Wizkid & Kyla - 2,83 miliar streaming

"One Dance" mengisahkan kisah asmara seorang lelaki yang berjuang mempertahankan cintanya. Ia berharap bisa menghabiskan waktu selamanya bersama pasangannya.

Sebagaimana ciri khas dari karya Drake, "One Dance" menggabungkan unsur afrobeats dan genre Dancehall, membuat lagu ini cocok sekali sebagai teman untuk menyetir mobil bersama pasangan atau teman. Masuk dalam daftar single di album keempat Drake, Views (2016), nyanyian ini sudah diputar sebanyak 2,83 miliar streaming.

7. "Stay" oleh The Kid Laroi and Justin Bieber - 2,8 miliar streaming

"Stay" menjadi lagu pertama Laroi yang memuncaki tangga pertama dalam tangga musik Billboard Hot 100. Lewat lagu tersebut, popularitas Laroi sebagai musisi baru pun langsung melejit. Hasil musikal duetnya dengan Justin Bieber ini berhasil merajai chart musik di 21 negara, termasuk Australia, Canada, New Zealand, German, dan Korea Selatan.

Semakin memukau, "Stay" berhasil menggaet piala kategori Best Pop Release pada ajang musik ARIA Music Awards 2021. Bukan cuma itu saja, tembang ini membawa Laroi dan Bieber memenangkan nominasi Best Artist pada kejuaraan musik yang sama. Sudah ada 2,8 miliar pasang telinga yang mendengarkan "Stay" di Spotify.

8. "Rockstar" oleh Post Malone featuring 21 Savage - 2,8 miliar streaming

"Rockstar" milik Post Malone bersama dengan 21 Savage sudah diputar di Spotify sebanyak 2,8 miliar kali. Meskipun mendapat mixed reviews dari kritikus musik, hal ini nggak mematahkan fakta bahwa "Rockstar" mampu menapaki tangga nomor satu Billboard Hot 100 di Amerika Serikat.

Rilis pada 15 September 2017, karya suara punya Post Malone ini berdurasi 3.12 menit dan diganjar dalam nomimasi Record of the Year dan Best Rap/Sung Performance pada Grammy Awards 2018.

9. "Starboy" oleh The Weeknd featuring Daft Punk - 2,7 miliar streaming

Lagi-lagi buah suara milik The Weeknd menduduki tangga 10 besar lagu yang paling banyak diputar di Spotify. Mencoba meracik genre musik baru, "Starboy" berpadukan aliran electropop dan R&B yang merefleksikan kehidupan ekstravaganza sang musisi.

Merupakan rilisan 21 September 2016 dan dipayungi tangga produser XO and Republic Records. Lagu ini telah mencapai 2,7 miliar streaming di Spotify.

10. "As It Was" oleh Harry Styles - 2,7 miliar streaming

"As It Was" membangkitkan nostalgia para pendengar akan masa menyenangkan di masa lalu yang kini sudah tinggal kenangan. Nyanyian milik Harry Styles ini sudah diputar sebanyak 2,7 miliar kali di platform streaming Spotify.

Sejak awal peluncurannya pada 1 April 2022, "As It Was" sudah memikat telinga para kawula muda lewat deskripsi liriknya yang memantik memori lama yang kini sudah tak sama lagi seperti sekarang.

Kepopulerannya ini membawa lagu ini menjadi salah satu lagu yang menguasai pangsa tangga lagu di 45 negara sekaligus, termasuk Australia, Belgia, Denmark, Jerman, Singapura, Irlandia, New Zealand, dan Singapura.

Itulah 10 lagu dengan jumlah streaming paling banyak di Spotify. Dari daftar di atas, adakah lagu favoritmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration