Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Lagu Paling Dicari di Google 2023, Ada Indonesia hingga Korea

Mana lagu yang sering kamu putar, nih?

Ajenk Rama

Ibarat sahabat, lagu yang tepat dapat memberikan kamu ketenangan di kala senang, sedih, gundah, atau kecewa. Tak memberikan solusi, tapi mampu menemani kegelisahan diri. Ada sejumlah lirik lagu yang paling banyak dicari di Google tahun 2023, maknanya juga ngena banget di hati. 

Melalui mesih pencarian Google, lagu yang menjadi tren tahun ini cukup beragam. Selain musisi Indonesia, ada pula musisi Barat dan Asia. Posisi puncak ditempati oleh lirik lagu milik Raim Laode berjudul "Komang". Kemudian, disusul oleh beberapa lirik lagu lainnya. 

Selain lagu "Komang", berikut daftar lirik lagu paling dicari sepanjang 2023 versi Google Year in Search Indonesia di bawah ini. 

1. "Komang" - Raim Laode

"Komang", lagu yang dinyanyikan dan diciptakan oleh Raim Laode menjadi viral di media sosial, khususnya TikTok. Tak sekadar populer, lagu ini memiliki makna yang dalam dan lirik yang indah. 

Fiersa Bersari, pelantun lagu "Pelukku untuk Pelikmu" ini sampai memuji lirik lagu tersebut. Lagu "Komang" dirilis pada 18 Agustus 2022 lalu dan menempati posisi ke-17 Top Music Video YouTube. 

Lagu keenam dari Raim Laode ini berkisah tentang kekaguman Raim kepada kekasihnya bernama Komanng Ade Widiandari. Sosok yang sangat berjasa dalam hidupnya, lantaran selalu menemani dirinya dari titik nol. Lagu "Komang" juga dipersembahkan Raim kepada perempuan-perempuan Bali, lho. 

2. "Sial" - Mahalini

"Sial" milik Mahalini menjadi lagu yang paling banyak dicari sepanjang tahun 2023. Lagu ini masuk daftar lagu di album bertajuk Fabula, yang rilis pada 23 Januari lalu. Sejak rilis, lagu ini langsung meledak di pasaran.

Para kreator kerap menggunakan lagu "Sial" untuk kebutuhan konten mereka. Kerennya, lagu tersebut pernah menyabet trofi Song of The Year di ajang Indonesian Music Award (IMA) 2023. 

Lagu yang ditulis bersama Kamga Mo dan Andmesh Kamaleng ini terinspirasi dari kisah nyata sang penyanyi. Mahalini menyelipkan beberapa kisahnya yang pernah di-ghosting oleh seorang laki-laki. 

Lagu "Sial" cocok banget untuk mendeskripsikan perasaan menyesal seseorang jatuh hati kepada orang yang salah. Tertipu oleh tutur kata dan cara yang manis. Hanya rasa kecewa dan sakit yang hadir saat sosok itu meninggalkannya tanpa penjelasan. 

3. "Satu-Satu" - Idgitaf

Nama Idgitaf sebagai musisi Tanah Air meroket lewat lagu miliknya berjudul "Satu-Satu." Lagu tersebut bertengger di peringkat ketiga sebagai lagu paling banyak dicari di Google sepanjang tahun 2023. 

Makna yang menyentuh dari lagu "Satu-Satu" membuat karya Idgitaf disukai oleh banyak kalangan. Rilisan 24 Agustus 2022 ini mengandung proses penerimaan dan penyembuhan diri seseorang setelag melewati fase sulit. Lagu ini menjadi title track di album Mengudara yang diluncurkan pada 28 Juli 2023. 

Liriknya sangat relate dengan kehidupan sehari-hari. Sebuah perjalanan emosi seseorang yang menyimpan amarah saat diperlakukan tak adil. Emosi negatif itu sempat membuat hidupnya porak-poranda. Pada akhirnya, proses kelam itu membuat dirinya bangkit dengan menerima dan memaafkan semua yang terjadi di masa lalu. 

4. "Jiwa Yang Bersedih" - Ghea Indrawari

Penyanyi jebolan Indonesia Idol musim kesembilan ini merilis single terbaru berjudul "Jiwa Yang Bersedih" pada 19 Mei 2023. Ghea mengaku sempat tak percaya diri jika lagu terbaru bisa meledak di pasaran. 

Bukan tanpa sebab, warna lagu yang dirilis berbeda dari single terdahulu. Kekhawatirannya dibayar tuntas dengan kepopuleran lagu yang kerap muncul di FYP TikTok. Dirilis bersama Hits Records, lagu "Jiwa Yang Bersedih" menjadi pengingat sederhana tentang pentingnya mencintai diri sendiri di segala fase kehidupan. 

OST dari film Gampang Cuan ini memang dihadirkan khusus untuk menyemangati orang-orang yang tengah berada dalam kondisi terpuruk. 

5. "Loneliness" - Putri Ariani

Keterbatasan tak menyurutkan langkah kaki penyanyi muda kebanggaan Indonesia, Putri Ariani untuk terus bersinar di tahun 2023. Dirilis 2021, "Loneliness" terpilih menjadi salah satu lagu paling banyak dicari di Google sepanjang tahun ini. 

Ada kisah haru yang menyelimuti proses pembuatan "Loneliness". Rasa bersalah terhadap dirinya sendiri membuat Putri menciptakan lagu ini saat duduk di kelas 2 SMK. Penyanyi yang menginjak 18 tahun pada 31 Desember mendatang mengaku sempat down, karena pandangan sebelah mata orang lain.

Sisi negatif tersebut diubah oleh Putri Ariani menjadi karya yang bermakna. "Loneliness" menggambarkan proses introspeksi diri. Bagaimana cara kita menerima kesalahan diri sendiri dan memandang sesuau yang baik belum tentu baik untuk kita. 

6. "Cupid" - FIFTY FIFTY

Meski dihantam kontroversi, "Cupid" milik FIFTY FIFTY berhasil mengamankan peringkat keenam sebagai lagu paling banyak dicari versi Google tahun 2023. Lagu berbahasa Korea ini sangat populer dan sering digunakan sebagai backsound konten di media sosial. 

"Cupid" masuk di mini album bertajuk The Beginning: Cupid. Lagu tersebut juga nangkring di tangga lagu Billboard Hot 100 dan UK Singles Chart. Lagu ini memuat perasaan ingin jatuh cinta, namun takut mengambil langkah pertama untuk mendekati seseorang. 

Liriknya yang ringan dengan melodi menyenangkan membuat lagu ini terasa intim bagi penggemar. Lewat lagu ini, nama FIFTY FIFTY meroket sebagai grup K-Pop pendatang baru yang dapat menembus tangga lagu Billboard.

7. "Mengapa Bintang Bersinar" - Sherina

Lagu lawas yang menjadi soundtrack dari film fenomenal, Petualangan Sherina diciptakan oleh Elfa Secioria dan Mira Lesmana kala itu. Elfa bertanggung jawab di bagian melodi dan aransemen, sedangkan Mira bertugas menciptakan lirik lagu tersebut. 

Tembang yang dirilis sekitar tahun 2000-an kembali meledak di media sosial. Tren lagu "Mengapa Bintang Bersinar" banyak dipakai oleh para pengguna TikTok untuk konten yang berkaitan dengan innerchild. 

Yura Yunita, penyanyi bersuara indah itu mempersembahkan lagu tersebut, yang sudah di-remake menjelang peluncuran film Petualangan Sherina 2. "Mengapa Bintang Bersinar" memberi pesan mendalam tentang hal-hal yang perlu kita nikmati dalam kehidupan, tetapi sering terlupakan, karena kesibukan dan rutinitas harian. 

8. "Until I Found You" - Stephen Sanchez

Stephen Sanchez, seorang penyanyi dan penulis lagu asal Nashvile, Amerika Serikat yang meroket berkat salah satu single-nya yang berjudul "Until I Found You". Sebenarnya, lagu ini sudah rilis lama, yaitu 5 Agustus 2022 lewat label Mercury Records. 

Kekuatan media sosial menjadikan lagu ini kembali fenomenal. Berdasarkan data Billboard Global 200, lagu ini pernah menempati posisi ke-46. Video musik telah ditonton sebanyak 267 juta viewers per tanggal 19 Desember 2023.

"Until I Found You" berasal dari album debut bertajuk Angle Face. Lagu miliknya memberi gambaran tentang penyesalan seorang laki-laki dan pertemuan kembali dengan pujaan hati. Saking viralnya, "Until I Found You" memiliki versi kolaborasi dengan Em Beihold.

9. "Kill Bill" - SZA

Satu lagi, penyanyi asal Amerika Serikat yang lirik lagunya banyak dicari di Google tahun 2023, yaitu SZA. Penyanyi kelahiran Missouri ini mengeluarkan album bertajuk SOS (2022) berisi 23 lagu, salah satunya "Kill Bill" pada 9 Desember 2022. 

Salah satu penggalan lirik membuat lagu ini viral adalah "I Might Kill My Ex", yang sangat relate dengan kehidupan romansa masa kini. Lagu "Kill Bill" tercipta dari penyaluran emosi negatif SZA setelah putus cinta dan menjadi sebuah karya terbaik.

Tembang bertema patah hati ini sukses bertahan di posisi kelima tangga lagu Billboard Global 200 dan masuk di peringkat kesembilan di lirik lagu paling banyak dicari di Google sepanjang tahun ini. Saat mendengarkan, kamu pasti ikut terhanyut dengan liriknya. 

10. "Rayuan Perempuan Gila" - Nadin Amizah

Lagu karya penyanyi muda Tanah Air, Nadin Amizah dirilis pada 23 Juni 2023 dan menjadi pelengkap dari album berjudul sama, yaitu Rayuan Perempuan Gila. Lagu yang nge-tren di media sosial ini sempat diwarnai isu tak sedap.

Lagu "Rayuan Perempuan Gila" harus menghadapi masalah dari diubah ke versi speed up hingga pembajakan dari orang tak dikenal. Tembang dengan melodi unik ini berasal dari pengalaman sang penyanyi. Ia pernah mengemis cinta ke orang yang tak menghargainya. 

Secara tersirat, lagu ini memang mengisahkan seorang perempuan 'gila' yang ingin dicintai dan takut ditinggalkan oleh kekasih. 

Itulah deretan lirik lagu yang paling banyak dicari di Google 2023. Ada yang masuk playlist kamu nggak?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration