Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023 Akan Dimeriahkan Rossa & Iwan Fals

Menjadi tahun terakhir kepemimpinan Reza Rahadian

Aisyah Banowati

Ajang apresiasi kerja dan karya para insan perfilman Tanah Air sekaligus merayakan kelahiran film Indonesia, Festival Film Indonesia (FFI) akan diselenggarakan pada 14 November 2023.

FFI 2023 akan digelar di Ciputra Artpreneur Theater Jakarta sekaligus akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube dan Instagram Festival Film Indonesia.

Tema FFI 2023

POPLICIST Publicist

Tahun ini, Festival Film Indonesia mengangkat tema Citra yang bermakna ‘bayangan’ atau ‘imaji’ yang terinspirasi dari sajak karya Usmar Ismail. Nama Citra sendiri telah digunakan sebagai nama anugerah perfilman Indonesia dan menjadi simbol supremasi tertinggi perfilman Indonesia sejak 1967. 

“Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023 mengangkat konsep ‘Citra.’ Kami ingin memberikan suguhan kepada insan perfilman dan masyarakat bahwa film dan para insan film yang masuk nominasi tahun ini juga menjadi bagian dari citra perfilman kita,” ungkap Reza Rahadian, melansir dalam siaran pers.

Dimeriahkan oleh Rossa dan Iwan Fals

POPLICIST Publicist

FFI 2023 akan diramaikan dengan penampilan dari Rossa dan Iwan Fals sebagai pengisi acara. Dua musisi legend Tanah Air ini akan membawakan lagu hit mereka juga beberapa lagu nominasi kategori lagu tema terbaik FFI 2023. 

Menariknya, Malam Puncak FFI tidak akan menggunakan MC demi memangkas durasi. Acara akan dimulai pada pukul 19.00 WIB dengan pembacaan nominasi yang akan dilakukan oleh para pemenang FFI tahun sebelumnya. 

Dewan juri FFI 2023

POPLICIST Publicist

Tahun ini, dewan juri FFI 2023 mewakili berbagai unsur ekosistem perfilman. Mulai dari produser, pemeran, kritikus hingga akademisi. Dewan Pengabdian Seumur Hidup untuk Film tahun ini terdiri dari Christine Hakim, J.B. Kristanto, dan Slamet Rahardjo Djarot.

Selain itu, berikut daftar Dewan Juri Akhir untuk FFI 2023:

Dewan Juri Akhir (DJA) Film Cerita Panjang

  1. Agni Ariatama
  2. Andhy Pulung
  3. Ekky Imanjaya
  4. J.B. Kristanto
  5. Raihaanun
  6. Sekar Ayu
  7. Asmara
  8. Shanty Harmayn
  9. Yayu Unru

Dewan Juri Akhir (DJA) Film Cerita Pendek

  1. Nauval Yazid
  2. B.W. Purba Negara
  3. S.M. Gietty Tambunan

Dewan Juri Akhir (DJA) Film Dokumenter

  1. Yuda Kurniawan Arifianto
  2. Arfan Sabran SSI
  3. Yuli Andari Merdikaningtyas

Dewan Juri Akhir (DJA) Film Animasi

  1. Daryl Wilson
  2. Aditya Triantoro
  3. Wardana Riza

Dewan Juri Akhir (DJA) Kritik Film

  1. Anton Sutandio
  2. IGAK Satrya Wibawa
  3. Annisa Rachmatika Sari

Penghujung tahun kepemimpinan Reza Rahadian

POPLICIST Publicist

FFI 2023 sekaligus menjadi tahun terakhir untuk Komite FFI periode 2021-2023 yang diketuai Reza Rahadian. Di bawah kepemimpinan aktor berusia 36 tahun ini, ia telah melakukan adaptasi pada beberapa persyaratan untuk film yang layak mendaftar hingga hadirnya beberapa kategori baru seperti kritik dan kategori nominasi favorit pilihan penonton.

“Selama tiga tahun terakhir, berbagai dinamika di perfilman kita lalui. Semoga pada tahun terakhir periode saya menjabat sebagai Ketua Komite FFI, saya dan seluruh anggota Komite FFI 2021-2023 bisa memberikan yang terbaik untuk publik. Baik secara penyelenggaraan dan penilaian untuk seluruh nominasi,” ungkap Reza Rahadian.

Penyelenggaraan Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023 juga turut mendapat dukungan dari jaringan bioskop Cinema XXI. Selain itu, ini adalah tahun kedua Bioskop Online ikut serta berpartisipasi aktif dalam menjadi platform dan mentransformasi proses penjurian untuk mendukung penyelenggaraan FFI 2023.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration