Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Yuk, Cek 5 Fakta Menarik Film 'Pemandi Jenazah' Sebelum Nonton!

Film 'Pemandi Jenazah' dibintangi Aghniny Haque

Aisyah Banowati

Tahun ini, Hadrah Daeng Ratu yang terkenal dengan berbagai film horor garapannya membuka tahun 2024 dengan merilis Pemandi Jenazah. Berkolaborasi dengan penulis skenario Lele Laila, keduanya meramu sebuah kisah horor baru lewat kacamata seorang pemandi jenazah. 

Film Pemandi Jenazah mengisahkan tentang Lela (Aghniny Haque) yang menjadi pemandi jenazah karena permintaan ibunya. Namun, kehidupannya mendadak penuh kengerian pasca meninggalnya sang ibu yang dianggapnya tak wajar. Ketika kematian lain mulai terjadi di kampungnya, Lela pun memutuskan untuk menyelidiki apa yang terjadi.

1. Produksi pertama Visual Media Studio

Popbela.com/Aisyah Banowati

Film Pemandi Jenazah yang dibintangi oleh Aghniny Haque, Ibrahim Risyad, Djenar Maesa Ayu, Mian Tiara, hingga Ruth Marini ini resmi menjadi film pertama yang digarap oleh rumah produksi Visual Media Studio. 

Film ini juga menandai kali pertama Aghniny Haque berakting di bawah arahan Hadrah Daeng Ratu sebagai sutradara. Pemandi Jenazah akan tayang serentak di seluruh jaringan bioskop Indonesia pada 22 Februari mendatang.

2. Pemandi Jenazah akan tayang duluan di Midnight Show

Popbela.com/Aisyah Banowati

Buat kamu yang udah nggak sabar untuk menonton Pemandi Jenazah dapat memesan tiket Midnight Show untuk penayangan—duluan—pada 17 Februari. Film akan diputar mulai pukul 21.00 WIB di bioskop XXI dan pukul 22.00 untuk CGV dan Cinepolis.

Sayangnya, penayangan Midnight Show ini bersifat terbatas hanya di 20 kota. Ada di mana saja? Berikut daftarnya:

XXI

  1. Ciplaz Klender 
  2. Ciplaz Cengkareng
  3. BTM Bogor
  4. MTOS Makassar 
  5. Banjarmasin Studio
  6. Bale Kota
  7. Samarinda Square
  8. Grand Mall Solo

CGV 

  1. Padang Raya
  2. Surabaya BG Junction
  3. Batam Grand Mall
  4. Bandung Mico
  5. Depok Mall 
  6. Festive Walk Karawang
  7. Cirebon Transmart

Cinepolis 

  1. Malang Town Square
  2. Plaza Medan
  3. Lippo Yogya
  4. Semarang Java Supermall
  5. Senayan Park

3. Main wahana di Rumah Pemandi Jenazah

Popbela.com/Aisyah Banowati

Sejak Jumat (9/2) lalu, di Mall Ciplaz Klender Lantai 2, wahana horor Rumah Pemandi Jenazah sudah dapat didatangi oleh pengunjung yang ingin merasakan sendiri experience memandikan jenazah. 

Berbeda dengan rumah hantu pada umumnya, di mana pengunjung dikagetkan dengan kehadiran sosok hantu, di sini pengunjung diajak untuk mengikuti proses memandikan jenazah. 

Psstt... . Untuk kamu yang ingin menikmati wahana ini secara gratis hanya perlu menunjukkan tiket bioskop film Pemandi Jenazah yang kamu beli pada hari pertama penayangannya. Gimana? Mau nonton dulu atau coba live experience-nya dulu, nih?

4. Djenar Maesa Ayu belajar pakai mukena sampai salat untuk Pemandi Jenazah

Popbela.com/Aisyah Banowati

Selain Aghniny Haque, aktris Djenar Maesa Ayu turut mengikuti workshop memandikan jenazah sebab perannya sebagai ibu dari tokoh Lela. Menurutnya, profesi pemandi jenazah adalah pekerjaan yang mulia juga berat.

Bukan karena kesan horornya, namun karena pemandi jenazah adalah orang yang menjaga rahasia terakhir seseorang sebelum dikuburkan. Selain workshop memandikan jenazah, Djenar juga belajar cara salat dan memakai mukena.

Pada sesi Press Conference, Kamis (15/2) kemarin, Djenar mengungkapkan, "Tantangannya luar biasa. Saya sebenarnya adalah non muslim jadi saya harus belajar banyak mulai dari salat, lalu juga ada ayat-ayat memandikan jenazah, belum lagi mocongin. Ya, itu menurut saya sebuah tantangan."

Lanjutnya, "Tapi, ada yang luput, satu hal. Memakai mukena karena mungkin semua orang berpikir memakai mukena adalah sesuatu yang biasa, tapi buat saya itu susah. Jadi ketika udah bisa salat, udah bisa segala macem, pas mau take harus pake mukena dengan cepat jadi belajar lagi," jelasnya sambil tertawa.

5. Bukan sekadar horor biasa

Popbela.com/Aisyah Banowati

"Harapannya filmnya banyak yang nonton agar massagenya nyampe ke banyak orang," ungkap Hadrah Daeng Ratu saat ditanya apa harapannya untuk Pemandi Jenazah

Yup, berkesempatan untuk menonton duluan Pemandi Jenazah pada sesi Press Screening yang digelar di Epicentrum XXI pada Rabu (15/2), POPBELA mengamini bahwa Pemandi Jenazah bukan sekadar film horor yang diwarnai dengan jumpscare.

Ada banyak pesan moral yang ingin disampaikan oleh film ini. Salah satunya bahaya dari gosip yang berujung pada fitnah. Ditambah dengan dendam yang telah mengakar berakhir pada kematian tragis nan mengenaskan.

Horor yang menegangkan ditambah elemen drama yang kuat dari film Pemandi Jenazah cocok ditonton untuk kamu yang menyukai film horor lokal. Selamat menonton! 

Itulah lima fakta menarik film Pemandi Jenazah yang dibintangi oleh Aghniny Haque serta disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu. Jadi, kamu akan nonton di Midnight Show atau saat penayangan serentak pada 22 Februari mendatang, nih?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration