Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Rekomendasi Warna Pastel Cat Tembok untuk Kamar Biar Estetik

Suasana di kamar dijamin nggak membosankan

Aisyah Banowati

Sejak lebih dari tiga tahun ke belakang, warna pastel telah menjadi tren. Tak mengherankan saat melihat banyak keluarga menggunakan seragam berwarna pastel di Hari Raya, juga menjadi warna utama dalam acara besar seperti pesta pernikahan.

Bukan hanya bagus dikenakan, warna pastel juga cocok diaplikasikan pada tembok rumah. Warna pastel yang cerah dan lembut akan membawa ketenangan bagi penghuni di dalamnya. 

Warna pastel juga dapat menjadi alternatif bagi kamu yang bosan dengan warna yang bold dan mencolok. Kira-kira, warna pastel cat tembok yang cocok untuk rumah? Berikut rekomendasinya. 

1. Pink pastel

unsplash.com/jipy32

Pink pastel identik dengan kesan anggun dan feminin untuk pilihan warna pastel cat tembok, sehingga banyak diaplikasikan untuk kamar anak perempuan. Perpaduan putih pada ruang yang didominasi oleh warna pink pastel akan membuat kesan yang apik dan bersih. 

2. Mint

housing.com

Warna pastel cat tembok yang cukup unik adalah mint. Warna ini perpaduan dari hijau, biru, dan putih yang merupakan simbol dari harmoni dan kedamaian. Cat tembok dengan warna mint akan menonjolkan kesan segar dan sejuk di dalam ruang. 

Seringkali, warna mint dikombinasikan dengan biru dan lilac. Namun, kamu dapat mencampurkan warna ini dengan putih, beige, abu-abu, hitam, orangye, dan kuning. 

3. Lilac

havenly.com & pinterest.com/Juliagsk

Siapa bilang warna ungu tidak cocok digunakan sebagai warna cat tembok? Kamu dapat menggunakan lilac—turunan dari warna ungu, campuran dari merah muda dan ungu muda—untuk mendekorasi kamar tidur. 

Warna lilac juga mudah dikombinasikan dengan warna lain seperti kuning, olive green, biru tua, hingga merah. Namun, jika ingin menonjolkan kesan feminin kamu dapat mencampurkannya dengan warna netral seperti putih dan krem.

4. Lavender

pinterest.com/charlottecf2299983

Penggunaan warna lavender pada kamar tidur akan menciptakan suasana yang menyenangkan. Berbeda dengan lilac, lavender punya warna yang lebih bold. Warna ini lahir dari perpaduan antara warna biru dan merah yang pucat. 

Untuk aplikasi warna pastel cat tembok, kamu dapat memenuhi kamar dengan warna lavender lewat berbagai dekorasi di dalam kamar seperti gorden, seprai, hingga headboard kasur. 

5. Kuning pastel

pinterest.com/aufeminin & pinterest.com/phamthihuongtramsinger

Kuning pastel identik dengan kesan hangat dan ceria, serta dipercaya akan memberikan dorongan semangat bagi penghuni di dalamnya. Ruangan dengan warna cat tembok kuning juga akan memberikan kesan yang cerah dan segar sehingga dapat memancing inspirasi untuk kamu yang bekerja di bidang kreatif. 

Untuk menciptakan kesan futuristik—jika bosan dengan nuansa lembut—kamu dapat memadukan warna kuning pastel dengan silver. Tambahkan pula perabotan dengan desain modern, serta hiasan dinding agar kesan futuristik di dalam ruangan semakin kental.

6. Peach

daysinspired.com

Warna pastel cat tembok berikutnya, kamu dapat mencoba menerapkan warna peach untuk cat dinding, baik di dalam kamar atau di tembok ruang tengah.

Agar ruangan tidak terasa monoton, jangan mengisi seluruh ruang dengan perabotan yang serupa dengan warna cat tembok. Kamu bisa memadukan warna lain lewat dekorasi maupun furniture yang akan ditaruh di ruangan tersebut. 

Kamu juga bisa memilih dekorasi dan furnitur dengan pola geometris. Meski terlihat kaku, warna peach dapat menetralkan kesan tersebut. 

7. Oranye

unsplash.com/spacejoy

Jika punya kamar tidur yang dipenuhi oleh cat tembok putih, kamu dapat menambahkan mebel dengan warna menonjol agar ruangan tidak terasa monoton. Contohnya, kamu bisa menambahkan sofa berserta atributnya yang berwarna oranye.

Atau, kamu dapat memilih seprai, selimut, dan bantal berwarna oranye dengan berbagai motif agar kamar terasa ramai. Warna oranye juga cocok dipadukan dengan hijau zamrud dan cokelat, sehingga menambahkan dekorasi dengan dua warna tersebut dapat membuat kamar terlihat lebih estetik. 

8. Tosca

pinterest.com/vivadecorabr & pinterest.com/foterdesign

Selain populer dalam dunia fashion, warna tosca juga cocok untuk diaplikasikan untuk cat tembok. Warna tosca berasal dari perpaduan antara warna biru dan hijau sehingga menciptakan warna biru yang kehijau-hijauan. Warna ini juga disebut sebagai warna yang melambangkan lautan dan samudera.

Jika warna pastel cat tembok sudah full dengan warna tosca, kamu dapat memilih sofa dengan warna netral seperti putih, cream, hitam, dan cokelat. Dinding tosca akan membuat ruangan terasa penuh, jadi usahakan memilih model furnitur yang minimalis agar ruangan terasa legang (tidak semrawut).

9. Cokelat Muda

pinterest.com/scoutandnimble

Cokelat melambangkan perasaan yang kuat dan hangat sehingga cocok untuk menjadi warna pada tembok ruangan. Untuk menciptakan ruangan yang terlihat lebih estetik, padukan tembok cokelat muda dengan furniture berwarna netral yang memiliki motif. 

Contohnya, kamu dapat menggunakan sofa berwarna cream yang dilapisi kain bergambar, serta bantal sofa yang dibungkus dengan seprai bermotif geometris. Tambahkan wallpaper dekoratif agar ruangan tidak terasa kosong.

Pemakaian mebel atau pajangan berbahan dasar kayu juga diperbolehkan sebab akan menambahkan tekstur di dalam ruang. 

10. Blue sky

pinterest.com/dormify & pinterest.com/decoist

Warna pastel cat tembok berikutnya adalah blue sky. Selain mudah ditemukan, cat tembok blue sky juga mudah dipadupadankan. Baik dengan perabotan, dekorasi, maupun warna lain yang membuat ruangan terlihat lebih estetik. 

Penggunaan warna blue sky untuk cat tembok akan menampilkan nuansa yang ceria dan bersemangat. Selain itu, jika biasanya ruangan kecil disarankan untuk tidak menggunakan warna yang berani dan cenderung disarankan untuk memilih cat tembok putih, warna blue sky berhasil mengubah kesalahpahaman tersebut. 

Jadi, meski ukuran kamar yang akan dicat cenderung kecil, tak masalah menggunakan warna blue sky untuk mengecat ruang. 

Itulah sepuluh rekomendasi warna pastel cat tembok untuk kamar kamu. Bagaimana, tertarik untuk mengecat ulang kamar tidur kamu demi mencoba berbagai warna di atas?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration