Skandal bagi grup KPop merupakan peristiwa besar yang bisa memicu masalah besar. Biasanya perpecahan ataupun turunnya eksistensi terjadi karena hal seperti ini. Oleh karena itu para penggiat dunia hiburan di Korea Selatan sangat berhati-hati dalam bertindak.

Namun beberapa grup KPop berikut ini justru bisa sukses setelah tersangkut skandal. Berikut penjelasan lebih lengkapnya Bela!

1. EXO

5 Idol KPop Ini Kembali Bersinar Usai Terkena Skandal Besarfanpop.com

Seperti yang kita ketahui eksistensi boyband EXO memang tidak perlu diragukan lagi. Tapi kamu tahu nggak nih kalau pada masa awal kemunculannya EXO sempat bertabur skandal karena keluarnya Kris sebagai salah satu anggota boyband tersebut. 

Kepergian Kris kemudian diikuti dengan Luhan yang mengajukan keinginannya untuk tidak lagi bersama grup yang telah membuat namanya bersinar. Setelah dua anggota grup China mengundurkan diri kabar tak menyenangkan berhembus bahwa telah terjadi diskriminasi antara grup Korea dan grup China. Kabar itu pun terus berkembang hingga setahun kemudian Tao pun hengkang dari EXO. 

Namun meski sempat mendapat pro kontra dan konflik yang membuat beberapa fans sempat kecewa, EXO terus bersinar dan semakin dikenal masyarakat dengan karya-karya yang memukau hingga sekarang.

2. TWICE

5 Idol KPop Ini Kembali Bersinar Usai Terkena Skandal Besarkpopmap.com

Pada salah satu episode dari acara My Little Television para anggota TWICE diminta untuk memegang bendera negara asal mereka. Tzuyu yang berasal dari Taiwan pun mengangkat bendera Republik Taiwan. Namun sayangnya saat itu tengah terjadi ketegangan politik antara Republik China dan Republik Taiwan. Sehingga Tzuyu dianggap sebagai pendukung kemerdekaan dan kebebasan Taiwan dari Tiongkok. 

Hal itu semakin diperkeruh ketika penyanyi asal China Huang An menyebut dirinya sebagai penghianat Tiongkok. Skandal ini sempat membuat TWICE diblokir di China dan saham JYP Entertaimen turun. Hingga akhirnya Tzuyu dan pimpinan JYP Entertaiment melakukan permintaan maaf. 

Setelah kejadian 2015 tersebut namun TWICE tidak kehilangan eksistensinya. Justru namanya kini semakin populer dan dicintai para penikmat musik KPop. Bahkan TWICE baru saja memenangkan Seoul Music Awards Bonsang Awards selama 3 tahun berturut-turut sejak 2017-2019.

3. 2NE1

5 Idol KPop Ini Kembali Bersinar Usai Terkena Skandal Besarallkpop.com

2NE1 adalah grup lain yang memiliki hubungan kurang akur dengan agensinya YG Entertainment, seperti pertengkaran CL dengan Yang Hyun Suk. Tetapi skandal besar yang dihadapi 2NE1 selama mereka masih terbentuk menjadi sebuah grup adalah skandal obat-obatan Park Bom.

Park Bom yang sebelumnya tinggal di Amerika Serikat memiliki depresi ketika ia melihat kematian seseorang dengan mata kepalanya sendiri. Kemudian ia diberi resep obat untuk membantunya mengatasi trauma berupa Amfetamin.

Sayangnya obat tersebut dilarang di Korea sehingga neneknya mengirim obat kepadanya melalui pos, mereka dihentikan oleh bea cukai Korea yang menyebabkan kontroversi besar-besaran ketika masyarakat mendengar insiden itu.

Namun setelah skandal tadi 2NE1 berhasil berlanjut untuk beberapa saat hingga akhirnya memutuskan untuk bubar. Kabar terbarunya Park Bom juga akan melakukan comeback secara solo di bulan Maret lho!

4. Girls's Generation

5 Idol KPop Ini Kembali Bersinar Usai Terkena Skandal BesarForbes.com

Layaknya EXO grup wanita yang juga berada dalam naungan SM Entertaiment, Girls Generation juga pernah terlibat konflik besar karena kepergian salah satu anggotanya. Saat itu Jessica tiba-tiba mengundurkan diri tanpa ada alasan yang jelas.

Hingga muncul kabar tak menyenangkan tentang terjadinya pertikaian antara sesama anggota. Kabar itu pun kembali muncul ketika Tiffany, Seohyun, dan Sooyoung ikut mengundurkan diri demi karier solo mereka. 

Namun meski berhembus kabar tidak menyenangkan karier Girls Generation hingga kini masih terus bersinar. Pada tahun 2018 lalu bahkan masing-masing personil yang tersisa mengeluarkan project solo dan masih diterima dengan baik oleh para fans.

5. Hyuna & E’Dawn Pentagon

5 Idol KPop Ini Kembali Bersinar Usai Terkena Skandal Besar

Kisah percintaan dramatis yang cukup menggegerkan dunia KPop terjadi kala Hyuna dan E'Dawn Pentagon mengonfirmasi kabar kencan mereka berdua. Hal tersebut jelas ditentang oleh Cube Entertaiment agensi yang menaungi mereka. Hingga akhirnya Hyuna dan E'Dawn keluar dari agensi. 

Meskipun keadaan itu terlihat tidak menyenangkan namun di sisi lain Pentagon berhasil comeback tanpa E'Dawn. Hyuna dan E'Dawn sendiri juga telah dinaungi dan diterima dalam satu agensi yang sama yaitu P-Nation, agensi yang baru saja dibuat oleh PSY. Dan rencana duet mereka sudah dinantikan para fans yang mendukung karier serta hubungan asmara Hyuna dan E'Dawn. 

Dari sini kita bisa belajar bahwa masalah tidak selamanya hanya membawa keburukan dan kesedihan. Justru di balik setiap tantangan yang kita lewati, pasti ada makna tersendiri yang tersimpan di dalamnya. Tetap semangat ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Gak Redup, 5 Idol KPop Ini Kembali Bersinar Usai Terkena Skandal Besar"

Baca Juga: 10 Fakta di Balik Kenapa Idol KPop Cowok Harus Jalani Wajib Militer