Lelah dengan situasi yang terasa melankolis seperti saat ini, sepertinya pas untuk mendengar lagu-lagu baru dari musisi lokal yang bernuansa menenangkan. Kali ini Popbela merekomendasikan rilisan terbaru dari Meda Kawu, Sandrayati Fay, Asteriska, Vira Talisa dan masih banyak lagi.

Suara merdu, alunan folk dan dentuman lembut, membuat akhir pekanmu akan lebih santai dan nikmat meski waktu terasa berjalan lambat.

Yuk, lihat ada siapa saja, Bela..

1. Sekaranggi - “Berteduh, Berlabuh”

Popbela's Playlist: Irama-Irama Teduh Penyejuk BatinSekaranggi

Setelah berhasil meriliskan dua single sebelumnya yaitu "Hanyut & Menyeluruh" di bulan April, serta "Delapan Kita" Juni lalu, Aisyah Sekaranggi kembali dengan lagu terbaru yang berjudul "Berteduh, Berlabuh".

Single ini merupakan lagu ketiga menuju album kedua yang rencananya akan dirilis pada bulan September mendatang. "Berteduh, Berlabuh" mengisahkan tentang sisi rapuh di masa lalu saat merasa kehilangan arah hingga akhirnya menemukan sebuah kepercayaan dan keyakinan.

“Hal yang menarik dalam lagu ini adalah saya mencoba untuk memperlihatkan sisi kemarahan saya yang selama ini hanya saya pendam sendiri,” ujar Sekaranggi.

https://www.youtube.com/embed/BP6qgXNu-Cg

2. Calvin Jeremy & Amanda Caesa Feat. Myia Thornton - “Why Can’t We

Popbela's Playlist: Irama-Irama Teduh Penyejuk BatinCalvin & Amanda

Nama Calvin Jeremy adalah nama yang tidak asing di dunia musik Indonesia. Sudah kurang lebih 11 tahun dia telah berkarier dan telah merilis puluhan single juga album sepanjang kariernya. Tidak sendiri, Calvin juga mengajak Amanda Caesa dan juga musisi asal Amerika Serikat, Myia Thornton.

Why Can’t We” bercerita tentang kisah cinta yang belum usai. Walau begitu, lagu ini tetap bisa dinikmati dalam berbagai suasana. "Dengan kehadiran Myia Thornton, Abram Lembono bisa menjadi bukti juga inspirasi, bahwa kreativitas tidak terbatas oleh jarak dan waktu, ataupun pandemi sekalipun,” kata Calvin.

https://www.youtube.com/embed/Rx-IzdOBSEY

3. Asteriska - "Rumah Kita"

Popbela's Playlist: Irama-Irama Teduh Penyejuk BatinAsteriska

EP Rumah Kita karya Asteriska ini memanjakan rasa cintanya terhadap rumah kita semua, planet bumi. Mini album yang memiliki empat lagu lainnya yang juga bertema alam, merupakan sebuah kolaborasi bersama produser Andreas Arianto. 

Tentu dengan pandemi COVID-19 ini, salah satu yang mungkin secara kolektif dirindukan adalah traveling. Nah, ini salah satu momen tepat untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada bumi karena sudah memberikan kita keindahan alam yang berlimpah. Caranya, dengan memberi donasi kepada penggalangan dana Asteriska di Kitabisa.com, untuk North Bali Reef Conservation dan Lindungi Hutan. 

"Ketika menyadari ternyata aku sudah pernah menciptakan beberapa lagu yang berkaitan dengan alam, aku memutuskan untuk mengumpulkannya dalam satu album. Ini memudahkanku untuk gerak lebih, seperti menyebarkan gaung kepedulian akan menjaga alam, menggalang dana untuk lembaga yang berkaitan dengan menjaga alam, dan menjadi pengingat untuk diriku sendiri bahwa aku harus terus berusaha lebih menjaga alam," ucap perempuan yang akrab disapa Ichyl ini.

https://www.youtube.com/embed/zGJ3fA8ht4E

4. Vira Talisa - "Oh Sunny Days"

Popbela's Playlist: Irama-Irama Teduh Penyejuk BatinVira Talisa

Vira Talisa melewati lima tahap kesedihan dalam mencari secercah titik terang di masa pandemi, melalui “Oh Sunny Days” yang baru saja rilis. Single terbarunya ini, menceritakan tentang kerinduan akan hari-hari indah sebelum kabar mengejutkan yang mengubah hidup kita semua di awal tahun 2020.

“Oh Sunny Days” diharapkan bisa menjadi penyemangat di hari yang kelam. Dibungkus dengan aransemen musik yang cerah dan uplifting, lagu ini membawa kembali suasana The Beach Boys di album 'Pet Sounds' dengan sedikit sentuhan warna musik Taeko Onuki, penyanyi asal Jepang yang menjadi kegemaran Vira belakangan ini.

https://www.youtube.com/embed/XuHrkoa6rps

5. Gangga - "Waiting for You"

Popbela's Playlist: Irama-Irama Teduh Penyejuk BatinGangga Kusuma

Setelah single terakhirnya, "Whiskey Bottle", Gangga Kusuma kembali lagi merilis lagu baru, "Waiting for You". Menurut Gangga, kedua single tersebut memiliki keterkaitan cerita.

"Waiting for You” ini memang punya keterkaitan cerita dari single sebelumnya, “Whiskey Bottle”. "Bedanya, kalau kemarin itu tentang kerinduan, sementara 'Waiting for You' menceritakan tentang suatu hubungan yang kandas, tetapi salah satu pihak masih menunggu sesuatu yang mustahil," ujar Gangga. 

"Meskipun punya tema lagu yang mirip sama lagu-lagu sebelumnya, tapi di single ini gue merasa suasananya lebih tenang, dan santai, meski liriknya tetap menyakitkan," tuturnya. Lagu ini turut ditulis oleh salah satu musisi hebat, Petra Sihombing. 

https://www.youtube.com/embed/6devVdHQkPI

6. Sandrayati Fay & Iwan Fals - “16/01”

Popbela's Playlist: Irama-Irama Teduh Penyejuk BatinMusica.com

Lagu Iwan Fals berkolaborasi dengan Sandrayati Fay, "16/01" yang dibuat pada 16 November 2020 hingga 1 Juni 2021 lalu, kini sudah dapat didengar untuk membuat hari-hari kamu semakin bahagia.

Saat bercerita tentang kolaborasinya bersama Sandrayati Fay, Iwan Fals mengatakan bahwa "sosok Sandra luar biasa, komunikatif, perhatian terhadap alam, terhadap orang lain, keseimbangan, hal-hal yang positif."

Sandrayati Fay juga mengatakan bahwa ia terharu diajak kolaborasi oleh Iwan Fals di single ini. "Aku selalu terinspirasi sama perspektifnya tentang hidup dan merasa beruntung bisa nyanyi bareng sambil terus merayakan hidup. Secara khusus, aku sangat bersyukur bahwa Iwan Fals dan keluarganya percaya banget sama musikku dan membantu perkembangan karierku sampai sekarang."

https://www.youtube.com/embed/eXFdyaRABEg

7. Meda Kawu - "Pulang Menanti"

Popbela's Playlist: Irama-Irama Teduh Penyejuk BatinMeda Kawu

Meda Kawu baru saja merilis single terbarunya, "Pulang Menanti", yang terinspirasi dari kisah cinta manis yang diakhiri dengan perpisahan yang indah. 

"Pulang Menanti" yang ditulis oleh Meda bersama Kris Monte dan diproduksi oleh Chill Pill ini, merupakan lagu yang menceritakan kisah yang diibaratkan sebagai obat rindu dari perjumpaan yang pernah ia lewati. Selain itu, Meda juga berencana untuk merilis album akhir tahun ini, yang bertajuk Dalam jumpa rindu kian bertambah.

https://www.youtube.com/embed/RUR3h9ItWr4

Mari kita tenangkan hati untuk sesaat, Bela. Selamat mendengarkan!

Baca Juga: Popbela's Playlist: Musik Segar Dari Musisi Baru & Muda Tanah Air

Baca Juga: "Leave and Goodbye", Kontemplasi Menenangkan dari Titi Radjo Padmaja

Baca Juga: Kolaborasi Segar Bbno$ dan Rich Brian, Ini Lirik Lagu "Edamame"