Memiliki wilayah yang luas dengan segala keanekaragamannya, nggak heran jika Indonesia mempunyai berbagai jenis tumbuhan. Beberapa di antaranya masuk ke dalam kategori tumbuhan langka di Indonesia yang habitatnya terancam punah, nih, Bela.

Padahal, tumbuhan langka memiliki ciri khas yang unik, elok, dan nggak bisa ditemukan di tempat lain, selain di Indonesia. Makanya, penting banget untuk kita yang menyukai keindahan dari tumbuhan dari wisata alam Indonesia buat menjaga kelestariannya biar nggak punah. 

Lalu, tumbuhan langka di Indonesia apa saja yang mesti dilindungi habitatnya? Tumbuhan apa saja yang mulai sulit ditemukan jenisnya? Ini dia daftarnya, Bela. 

1. Kantong Semar

Sulit ditemukan, 5 Tumbuhan di Indonesia Ini Terancam Punah HabitatnyaGardenersworld.com

Tumbuhan yang berbentuk seperti kantong ini mempunyai nama latin Nepenthes atau biasa dikenal dengan nama kantong semar. Keunikan dari Kantong Semar ini adalah tumbuhan ini mampu memangsa hewan kecil seperti lalat, lebah, dan kumbang yang mampir di dekatnnya. 

Kantong semar sendiri berasal dari kepulauan Sumatra dan Kalimantan. Kantong Semar juga bisa hidup kawasan tropis lainnya. Tapi sayangnya, tumbuhan ini sudah semakin langkah keberadaannya. 

Padahal, karena keunikannya, kantong semar telah dikenal di dunia. Dengan berkurangnya habitat kantong semar, mau tidak mau diperlukan upaya untuk melestarikan tumbuhan ini biar hilang dari kehidupan flora di Indonesia. 

2. Bunga Edelweis Jawa

Sulit ditemukan, 5 Tumbuhan di Indonesia Ini Terancam Punah HabitatnyaAlchetron.com

Saat pergi ke pegunungan, bunga dengan nama latin Anaphalis Javanica pasti terlihat keindahannya. Bunga dengan warna putih yang mendominasi ini banyak ditemukan di area pegunungan sekitar Jawa. Bunga yang terkenal dengan sebutan edelweis jawa memang berkembang setelah terjadinya erupsi. 

Sayangnya, populasi bungan ini mulai berkurang dratis karena banyak pendaki yang memetik sebagai kenang-kenangan usia mendaki. Kini, bunga putih cantik tersebut hanya tersisa di wilayah Gunung Papandayan, Gunung Gede, Gunung Pangrango, dan Gunung Rinjani. 

3. Bunga Padma Raksasa

Sulit ditemukan, 5 Tumbuhan di Indonesia Ini Terancam Punah HabitatnyaGoodnewsfromindonesia.com

Ukurannya yang bisa mencapai 1 meter ini membuat tumbuhan langka yang satu ini masuk ke dalam peringkat teratas, daftar tumbuhan yang terancam kepunahannya. Apalagi, bunga yang dikenal dengan sebutan Rafflesia Arnoldi ini mempunyai ciri khas, yaitu mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat dan beratnya mencapai 10 kilogram. 

Makanya, nggak salah kalau bungan padma raksasa ini kerap dikira sebagai bunga bangkai. Padahal, keduanya berbeda jenis, lho. Untuk mengetahui perbedaan keduanya, bunga padma raksasa ini tumbuh melebar ke sampai, namun untuk bunga bangkai tumbuhnya meninggi. 

Bunga padma raksasa sendiri hanya mekar selama 7 hari. Setelah itu, akan layu dan mati. Waktu tumbuhnya pun sangat lama, yakni sekitar 9 bulan. Jika ingin melihat bunga ini, biasanya bunga padma raksasa tersebar di hutan pegunungan bawah Jawa Barat sepanjang pantai Selatan Jawa Tengah dan Jawa Barat.

4. Pohon Anggrek Tebu

Sulit ditemukan, 5 Tumbuhan di Indonesia Ini Terancam Punah HabitatnyaGardenmanage.com

Masih satu famili dengan keluarga anggrek, bunga anggrek dengan kombinasi warna kuning dan bintik-bintik warna coklat, merah kehitaman dan merah tergolong jenis tumbuhan yang langka.

Berat dari anggrek tebu sendiri bisa mencapai 1 ton. Kabarnya, bunga anggrek ini masuk ke dalam keluarga anggrek yang paling besar dan berat. Panjangnya saja bisa sebesar 3 meter. 

Sayangnya, anggrek Tebu ini hanya bisa bertahan selama 2 bulan dan mempunyai habitat di wilayah Jawa, Sulawesi, Kalimantan, dan Maluku. Lantaran, masa hidupnya yang tipis ini, bunga anggrek tebu menjadi tumbuhan yang  dilindungi oleh pemerintah.

5. Bunga Bangkai

Sulit ditemukan, 5 Tumbuhan di Indonesia Ini Terancam Punah HabitatnyaEdenproject.com

Bernama latin Amorphophallus titanum, bunga bangkai tergolong bunga raksasa yang unik dan sulit untuk ditemui. Berbeda dari tumbuhan langka lainnya, tinggi bunga ini bisa mencapai 4 meter dan hanya mekar selama 7 hari. Bunga bangkai berhabitat asli di hutan Sumatera.

Selain itu, bunga ini juga bisa mengeluarkan bau busuk seperti bangkai untuk mengundang serangga lalat dan kumbang agar membantu penyerbukan bunga, lho. Saking langkanya, habita bunga ini sangat dilestarikan. Kini, bunga bangkai dijaga kelestariannya di Taman Hutan Raya Ir. Djuanda, Bandung.

Nah, itulah sebagian tumbuhan langka yang berhabitat di Indonesia. Dari kelima tumbuhan langka Indonesia di atas, ada yang pernah kamu lihat jenisnya nggak, Bela?

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Lidah Mertua Ini Ampuh Serap Racun dan Polusi

Baca Juga: 8 Kiat Selamatkan Tanaman yang Hampir Mati Agar Kembali Prima

Baca Juga: 7 Ide Kreatif Pagar Tanaman untuk Rumah Rasa Taman