Pandemi yang kita alami sekarang ini membuat umat muslim harus mengurangi kegiatan di luar termasuk berkegiatan di masjid. Hal ini tentu mengundang kesedihan bagi umat muslim karena suasana kebersamaan saat salat tarawih di masjid dan berkah yang didapat saat beritikaf berkurang. Meski tak bisa salat tarawih di masjid, kamu tetap mendapat pahala yang sama saat melaksanakannya di rumah. 

Selain itu, kamu juga bisa menambah amalan lain selama bulan Ramadan #DiRumahAja seperti salat sunah. Mengerjakan salat sunnah ini nggak kalah mulianya dengan kamu mengerjakan salat tarawih, lho. Selain mendatangkan berkah, salat sunah turut melipatgandakan pahalamu. 

Walau, Ramadan kali ini tidak sesuka cita Ramadan tahun-tahun sebelumnya, bukan berarti nggak bisa memperbanyak ibadah. Nah, berikut 5 salat sunnah yang biasa dikerjakan saat bulan Ramadan yang sudah Popbela rangkum.

1. Salat Tahajud

Tak Hanya Tarawih, 5 Salat Sunnah Ini Bisa Dikerjakan Saat Ramadanwww.freepik.com

Amalan salat sunah yang satu ini memiliki banyak kemuliaan karena dilakukan pada awal, pertengahan, atau akhir malam. Ketika seseorang tertidur nyenyak, tapi kamu bangun untuk melaksanakan salat sunah dan menepis semua rasa kantuk demi bertemu dengan sang Pencipta.  

Kamu bisa melaksanakan salat tahajud minimum 2 raka’at dengan 1 salam. Waktu terbaik untuk mengerjakan salat tersebut adalah di sepertiga malam terakhir yakni antara 01.30 hingga sebelum memasuki subuh. Cocok banget buat kamu yang bangun sahur, alangkah baik menunaikan ibadan sunnah ini sebelum bersantap sahur. 

Namun, pastikan sebelum melakukan salat ini, kamu sudah tidur terlebih dahulu meski dalam waktu singkat. Adapun manfaat yang didapat setelah kamu rutin mengerjakan salat Tahajud selama bulan Ramadan yaitu terhindar dari berbagai bencana, menenangkan pikiran, menjaga kesehatan, terkabulnya doa dan permintaan yang kamu inginkan. Satu hal yang tak kalah penting adalah membuat wajah lebih bersinar. 

2. Salat Witir

Tak Hanya Tarawih, 5 Salat Sunnah Ini Bisa Dikerjakan Saat Ramadanwww.freepik.com

Kalau salat tarawih saat di Masjid, kamu pasti pernah mengerjakan salat 3 rakaat yang menjadi penutup salat tarawih. Nah, salah 3 rakaat ini adalah salat witir yang dikerjakan dengan jumlah rakaat ganjil sekitar 1 atau 3 rakaat.

Jika kamu mengerjakan salat sunnah dan ingin mengakhiri salat tersebut, kamu bisa memakai salat witir sebagai salat sunah penutup. Hukumnya pun sunah muakkad yang artinya sangat dianjurkan. Amalan salat witir rasanya sayang jika dilewatkan di bulan baik seperti ini karena bisa jadi pelengkap dan penyempurna salat sunah kamu yang lain. 

3. Salat Duha

Tak Hanya Tarawih, 5 Salat Sunnah Ini Bisa Dikerjakan Saat RamadanPopbela.com/AyuUtami

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Saat kamu ingin mencari rahmat Allah, diperbanyak pintu rezeki dari segala arah, dan diberi ketenangan dalam menjalani hidup maka kamu bisa mencoba untuk mendirikan salat duha selama Ramadan. 

Salat duha dapat kamu kerjakan selepas matahari terbit sampai salat zuhur. Jumlah rakaat salat duha adalah 2 rakaat sekali salam dengan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Ketika Ramadan seperti ini, kamu bisa meluangkan cukup waktu untuk mengerjakan sebelum work from home, sehingga aktivitas yang kamu lakukan mendapat berkah yang berlimpah.

Selain itu, salat duha juga mendatangkan rahmat yang luar biasa seperti pahala mengerjakannya serupa dengan keutamaan sedekah, membangun rumah di surga, dan menggugurkan dosa-dosa yang telah diperbuat. Wah, banyak banget keutamaan baiknya dari salat sunah ini. 

4. Salat Tasbih

Tak Hanya Tarawih, 5 Salat Sunnah Ini Bisa Dikerjakan Saat Ramadanwww.istockphoto.com

Salat sunah ini mengandung kalimat tasbih yang dilantunkan dalam setiap rakaat. Salat tasbih sangat baik dilakukan saat bulan Ramadan dengan membaca kalimat “Subhanallahu wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 300 kali dalam rakaat yang dijalankan. 

Tasbih tersebut dapat kamu baca saat rukuk, itidal, sujud, duduk di antara dua sujud, dan terakhir tasyahud. Cara melaksanakan salat tasbih serupa dengan salat sunah lainnya, yang membedakan hanyalah lantunan tasbih di salat. 

Salat tasbih dapat kamu lakukan pada siang atau malam hari. Jika salat kamu laksanakan di siang hari, maka dilakukan sebanyak 4 raka’at dengan sekali salam. Sementara, pada malam hari dilakukan dua kali salam. 

Salat tasbih sangat dianjurkan buat kamu yang belum pernah melaksanakannya. Lakukanlah salat Tasbih sekali dalam seumur hidup terlebih saat bulan suci seperti ini, banyak pahala yang didapat yakni menghapus dosa, terhindar dari kesedihan, dan dihadiahi satu pohon kurma di akhirat kelak. 

5. Salat Taubat

Tak Hanya Tarawih, 5 Salat Sunnah Ini Bisa Dikerjakan Saat Ramadanwww.freepik.com

Tak ada satu pun makhluk di bumi ini yang terlepas dari dosa. Oleh karena itu, di bulan yang penuh pengampunan, kamu bisa melakukan salat taubat untuk memohon ampun kepada Allah SWT atas segala kesalahan yang disengaja atau tidak sengaja terhadap makhluk lainnya. 

Salat Taubat disarankan dilaksanakan pada malam hari, tepatnya setelah salat tarawih atau sebelum melaksanakan salat tahajud. Waktu yang tenang dan khusyuk menjadi kunci penting dalam pelaksanakan salat ini. Jika kamu sungguh-sungguh bertaubat dan bersimpuh meminta ampunan, kamu akan merasakan seperti terlahir kembali, tanpa dosa. 

Salat ini akan membuat kamu mengenang segala dosa atau perbuatan yang terlampau jauh dari ajaran-Nya. Usahakanlah setelah kamu melakukan salat taubat, kamu tak lagi mengulangi kesalahan yang sama serta semakin dekat kepada-Nya.

Itulah beberapa salat sunnah yang biasa dikerjakan saat bulan Ramadan. Ternyata, ada banyak salat sunnah yang dapat kamu amalkan selama bulan suci ini. Saatnya berlomba-lomba mengejar kebaikan, Bela. 

Baca Juga: Niat, Doa dan Tata Cara Melaksanakan Salat Istikharah

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Salat Tarawih Sendiri Saat #DiRumahAja

Baca Juga: Niat, Tata Cara Pelaksanaan, serta Doa Salat Taubat 

Baca Juga: Supaya Dapat Berkah, Ini Waktu, Keutamaan dan Doa Salat Dhuha