Perempuan-Perempuan Tangguh Seperti Kartini di Berbagai Film

Sosoknya turut menginspirasi perempuan masa kini

Perempuan-Perempuan Tangguh Seperti Kartini di Berbagai Film

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Tanggal 21 April menjadi hari istimewa bagi perempuan di seluruh Indonesia. Tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Kartini, sosok Pahlawan Nasional yang tidak pernah letih memperjuangkan hak-hak dan emansipasi perempuan. 

Sifat tangguhnya menjadi panutan perempuan masa kini untuk berkarya dan bermanfaat terhadap sesama. Tak hanya Ibu Kartini, namun karakter perempuan di berbagai film pun dapat menjadi sosok yang kamu kagumi. 

Mereka memiliki sifat yang tak jauh berbeda dengan Ibu Kartini. Sosok pekerja keras, haus ilmu pengetahuan, berani mendobrak stigma kolot, dan berpegang teguh pada impian yang ingin dicapai. 

Siapa saja karakter perempuan tangguh seperti Kartini di berbagai film? Berikut daftar yang Popbela rangkum untuk kamu. 

1. Hermione Jean Granger (Harry Potter)

Berambut pirang dengan buku selalu di tangan, Hermione Granger menjadi karakter fiksi karangan J.K. Rowling dalam film Harry Potter yang menerima banyak cinta dari publik. 

Karisma dan kepribadian pemberani Hermione Granger membuat banyak perempuan kagum. Karakter tersebut diperankan oleh aktris berbakat, Emma Watson. Hermione bukan berasal dari kalangan penyihir, kedua orang tuanya bekerja sebagai dokter. 

Namun, ia tidak pernah mau diperlakukan seenaknya. Hermione pernah meninju hidung Draco saat dirinya dihina sebagai 'mudblood'. Nggak hanya kuat, ia juga sosok yang setia kawan dan peduli dengan isu sosial, lho. 

Kualitas diri yang dimiliki oleh seorang Hermione Granger cocok banget kamu jadikan panutan di kehidupan sehari-hari. 

2. Kim Ji Young (Kim Ji Young, Born 1982)

Lahir dalam kondisi patriaki yang kuat di Korea Selatan, Kim Ji Young sering merasa tertekan dengan tuntutan sebagai perempuan dan ibu dalam waktu bersamaan. Ia pernah disalahkan saat pulang larut malam sepulang dari les.

Banyak peristiwa dalam hidup yang menyudutkan Kim Ji Young, karena terlahir sebagai seorang perempuan. Salah satu yang berdampak besar saat dirinya berhenti dari pekerjaan dan menjalani kehidupan rumah tangga. Ia melakukan pekerjaan tiada henti hingga kondisi psikisnya terganggu. 

Kondisi psikis Kim Ji Young digambarkan sangat memprihatinkan dalam film Kim Ji Young, Born 1982. Perlahan, ia berusaha melawan keadaan yang menghimpit jiwanya. Ji Young mulai belajar terbuka dengan orang-orang sekitar. 

Berkaca dari film ini, diskriminasi terhadap perempuan nyata adanya dan karakter Kim Ji Young menggambarkan citra perempuan yang pantas dan bebas memilih apa yang ia inginkan, meski telah menikah dan memiliki anak.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here