Melihat perkembangan industri perfilman Korea Selatan dari tahun ke tahun, dapat dikatakan perfilman mereka semakin mendunia. Beberapa film atau drama Korea yang diproduksi selalu menempati peringkat teratas di aplikasi streaming.

Selain itu, tim produksi Korea mulai sering bekerja sama dengan tim produksi dari luar negeri untuk menghasilkan film atau drama berkualitas. Hal ini membuktikan bahwa film atau drama Korea mulai mendapatkan pengakuan dari publik luar negeri.

Tahun ini, drama Korea mendapatkan kehormatan untuk ditayangkan di Canneseries, atau Festival Seri Internasional Cannes 2022. Drama tersebut akan diputar di bagian non-kompetisi fiksi Korea Selatan Festival Seri Internasional Cannes musim ke-5 pada 6 April mendatang. 

Lantas, drama Korea apa saja yang terpilih untuk diputar dalam festival bergengsi tersebut? Melansir dari Koreaherald, berikut daftarnya. 

Mendapat kehormatan untuk diputar di Festival

Merambah Eropa, Deretan Drama Korea Ini Tayang di Canneseries 2022Canneseries.com

Pertama kali diadakan pada 2018, Canneseries dibuat oleh asosiasi independen yang diketuai oleh Fleur Pellerin. Jadi, bukan bagian dari Cannes Film Festival yang sudah hadir sejak 1946. Festival ini merupakan acara yang bertujuan untuk menyoroti serial drama dari seluruh dunia. Festival tersebut dibagi menjadi tiga bagian, yaitu kompetisi, kompetisi pendek, dan non-kompetisi. 

Setiap tahunnya, Festival Seri Internasional Cannes memilih beberapa karya untuk kategori non-kompetisi. Tahun 2022, ada tiga drama Korea yang mendapatkan kehormatan untuk ditayangkan di festival bergengsi tersebut. 

Dua drama dari tim produksi TVING dan satu lagi merupakan web drama. Festival tersebut digelar dari tanggal 1 hingga 6 April mendatang di Prancis. 

Work Later, Drink Now

Merambah Eropa, Deretan Drama Korea Ini Tayang di Canneseries 2022Hancinema.net

Drama pertama yang ditayangkan di Canneeries 2022 adalah Work Later, Drink Now. Drama Korea tersebut dibintangi oleh Choi Siwon, Han Sun Hwa, Lee Sun Bin, Jung Eun Ji, Lee Soo Min, hingga Han Ji Hyo.

Work Later, Drink Now berkisah tentang tiga perempuan lajang berusia 30 tahun. Mereka memiliki pekerjaan dan kehidupan berbeda. Namun, mereka adalah teman baik yang selalu berkumpul setiap malam untuk berbagi kisah hidup sambil minum-minum. 

Di drama ini pula, Jung Eunji untuk pertama kali membuat orang tuanya syok karena melakukan adegan merokok dan mengumpat. Eunji mengungkapkan bahwa orang tuanya sampai tidak bisa makan saat melihat adegan tersebut. 

Monstrous

Merambah Eropa, Deretan Drama Korea Ini Tayang di Canneseries 2022Hancinema.net

Selanjutnya, ada drama Korea garapan sutradara Train to Busan dan Peninsula, yakni Yeon Sang Ho. Drama bergenre horor ini dibintangi Shin Hyun Been, Nam Da Reum, Goo Kyo Hwan, dan Kwak Dong Yeon. Drama tersebut menceritakan patung Buddha kuno bernama Gwibul yang dianggap berhantu.

Patung itu ditemukan di sebuah desa kecil. Awalnya, penemuan patung Buddha disambut meriah penduduk desa, tetapi satu per satu malapetaka bermunculan saat patung tersebut ditempatkan di sana. Monstrous dijadwalkan tayang pada April mendatang dan berjumlah enam episode.

Damn Good Company

Merambah Eropa, Deretan Drama Korea Ini Tayang di Canneseries 2022Kbizoom.com

Terakhir, ada sebuah web drama karya Youtuber Korea bernama Pani Bottle, yang bakal unjuk gigi di Festival Seri Internasional Cannes 2022. Sejak episode pertama dirilis, web drama berjudul Damn Good Company langsung menjadi viral dan mencapai lebih dari 3 juta viewers

Melihat kesuksesan tersebut, sebuah perusahaan perintis yang bergerak di bidang layanan streaming mulai berinvestasi. Pada Maret, Watcha merilis versi drama dan musim kelima dari Damn Good Company baru saja dirilis. 

Merambah Eropa, Deretan Drama Korea Ini Tayang di Canneseries 2022Kbizoom.com

Damn Good Company menggambarkan realita perusahaan Korea kecil hingga menengah, dengan pengaturan situasi yang jenaka. Alur cerita yang mendetail membuat web drama ini sangat disukai oleh kalangan pekerja muda di Korea Selatan. 

Para aktor, sutradara, dan produser dari Damn Good Company dikabarkan akan menghadiri Festival Seri Internasional Cannes 2022 dan berdiri di karpet pink Canneseries. Namun, jadwal rincinya belum diumumkan. 

Adakah dari tiga drama Korea terpilih yang sudah kamu nonton?

Baca Juga: Resmi! Festival Film Sundance yang Melegenda Hadir di Indonesia

Baca Juga: 11 Serial Netflix Populer yang Kelanjutannya Dibatalkan Sepanjang 2021

Baca Juga: Romansa Mendominasi, 9 Drama Korea Ini Tayang Maret 2022