Kolaborasi antara musisi Indonesia dengan Korea Selatan memang sering terjadi. Ada deretan musisi yang sudah merasakan kesempatan emas untuk bisa berkolaborasi dengan musisi asal negeri Ginseng tersebut.

Salah satunya, kolaborasi Afgan dengan Jackson Wang pada pertengahan Maret, serta B.I pada awal Oktober lalu.

Kini, kolaborasi epik antara Indonesia dengan Korea Selatan kembali terulang. Pada 2 November 2021, Sam Kim mengumumkan bahwa dirinya akan berkolaborasi dengan musisi perempuan Indonesia, yakni Raisa.

Kolaborasi keduanya dibenarkan oleh agensi

Kolaborasi Bareng Raisa, Ini Harapan Sam Kim di Lagu SomedayKoreajoongangdaily.com

Kabar kolaborasi antara Sam Kim dengan Raisa Andriana telah dikonfirmasi oleh Antenna Agency yang membocorkan tanggal rilis dari lagu "Someday". Perwakilan agensi mengutarakan bahwa Sam Kim akan merilis lagu terbarunya bersama Raisa pada 12 November mendatang di berbagai situs musik Korea maupun Internasional. 

Kolaborasi antara Sam Kim dengan Raisa dinilai sebagai karya yang menjanjikan karena masing-masing musisi memiliki kualitas dalam bermusik. Seperti yang diketahui, Raisa Andriana merupakan sosok musisi berbakat yang banyak melahirkan lagu Indonesia terbaik. 

Menggelar konferensi pers secara daring

Kolaborasi Bareng Raisa, Ini Harapan Sam Kim di Lagu SomedayBerbagai sumber

Sementara, Sam Kim adalah sosok penyanyi, sekaligus penulis lagu asal Korea Selatan yang sama produktifnya dengan Raisa. Ia merupakan solois pria yangmenghasilkan lebih dari 25 lagu. Terakhir, Sam Kim mengisi soundtrack drama Korea, Nevertheless berjudul "Love Me Like That"

Bersamaan dengan jadwal perilisan lagu "Someday", Sam Kim dan Raisa direncanakan akan menggelar konferensi pers secara daring dan digelar di Indonesia. Dalam konferensi pers, keduanya akan membahas kisah di balik kolaborasi pertama mereka ini. Nantinya, konferensi pers menggunakan bahasa Inggris secara keseluruhan. 

Sam Kim antusias dengan proyek kolaborasi

Kolaborasi Bareng Raisa, Ini Harapan Sam Kim di Lagu SomedaySeoulhype.net

Saat kolaborasi bersama Raisa terwujud, Sam Kim sangat antusias dan memiliki harapan besar terkait lagu yang akan dirilis pada pertengahan November ini. 

"Ini merupakan waktu yang tepat dan sangat berarti. Menyenangkan rasanya bisa melakukan kolaborasi dengan Raisa di lagu 'Someday.' Besar harapan saya agar penggemar di dua negara dapat menyukai lagu kami."

Sam Kim juga mengutarakan bahwa dirinya ingin segera bertemu dengan penggemar di Indonesia secara langsung dalam waktu depan. Tetapi, pandemi COVID-19 membuat dirinya harus menahan diri sejenak agar impiannya tersebut dapat terwujud. 

Raisa merasa senang bisa berkolaborasi

Kolaborasi Bareng Raisa, Ini Harapan Sam Kim di Lagu SomedayDok.Internet

Sama halnya dengan yang dirasakan oleh Sam Kim, Raisa pun mengaku jika dirinya sangat senang bekerja sama dengan solois muda asal Korea Selatan ini. Rilisnya "Someday" ke publik juga memberikan harapan baru bagi Raisa. 

Ia berharap agar penggemar Indonesia dan Korea Selatan saling mengenal. Lagu "Someday" menjadi pintu pembuka harapan Raisa. Ia mengungkapkan jika dirinya dan Sam Ki memiliki pemikiran yang sama terkait harapan mereka terhadap lagu "Someday"

Menerima respon positif dari warganet

Kolaborasi Bareng Raisa, Ini Harapan Sam Kim di Lagu SomedayBerbagai sumber

Sesaat setelah kabar mengejutkan ini terungkap, berbagai respon positif dan meriah berdatangan dari warganet. Komentar-komentar menarik memenuhi laman media sosial salah satu media. 

"Gak bisa membayangkan gimana merdu dan enaknya kedua solois berbakat ini"

"Bakal pecah sih pastinya kolaborasi mereka."

"Perpaduan keren antara suara bass milik Sam Kim dan suara lembut milik Raisa. Nggak sabar buat nungguin lagu mereka rilis."

Kebayang nggak sih kolaborasi mereka seperti apa nantinya, Bela? Yang pasti nggak bakal mengecewakan secara kualitas musik saja sudah terbukti. Iya nggak, nih?

Baca Juga: Kolaborasi Raisa dan Musisi Asia Tenggara di “Raya & The Last Dragon”

Baca Juga: Dj Snake Rilis Teaser Pertama untuk Kolaborasi dengan Lisa BLACKPINK

Baca Juga: Popbela's Playlist: Ungkapan Hati yang Tercurah Lewat Musik