Emergency Declaration menjadi salah satu film Korea dengan jajaran pemain berkualitas yang siap menyapa penonton Tanah Air di bioskop-bioskop kesayangan. Film garapan Han Jae Rim ini sukses mendominasi box office Korea Selatan. 

Mengambil premis utama mengenai ancaman teroris di pesawat, Emergency Declaration juga ditayangkan di sesi luar kompetisi Festival Film Cannes 2021. Melihat still cut yang dirilis, kamu dapat melihat ketegangan yang ditampilkan oleh para pemain untuk bertahan hidup.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa poin yang membuat film Emergency Declaration terasa istimewa dan layak ditonton. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

Diadaptasi dari kisah nyata di penerbangan

Film 'Emergency Declaration', Kisahkan Ancaman Teroris di PesawatKdramastars.com

Melansir KDramastars, Emergency Declaration dibintangi oleh Song Kang Ho, Lee Byung Hun, Jeong Do Yeon, Kim Nam Gil, hingga Im Siwan. Film Korea ini mengisahkan ancaman teroris dan pilot harus membuat deklarasi darurat demi mendaratkan pesawat. 

Situasi semakin genting saat seorang pramugari pesawat meningggal secara mendadak. Kepanikan dan ketegangan mulai melanda penumpang dan para staf. Di sisi lain, menteri transportasi Korea yang mendengar kabar ini memerintahkan pilot pesawat agar mendarat secepat mungkin. 

Namun, pendaratan pesawat tidak mulus. Sosok teroris yang mengancam nyawa seluruh penumpang muncul dan berusaha menggagalkan hal tersebut. Menurut sutradara Han, ide cerita dalam Emergency Declaration berdasarkan kejadian nyata 10 tahun lalu. 

Gangguan panik membantu Lee Byung Hun mendalami peran

Film 'Emergency Declaration', Kisahkan Ancaman Teroris di PesawatHancinema.net

Bintang Our Blues, Lee Byung Hyun memainkan sosok ayah penyayang bernama Jae Hyuk. Ia mengalami fobia terbang dengan pesawat, namun terpaksa terbang ke Hawaii demi perawatan putrinya. 

Siapa yang menyangka jika aktor veteran ini menderita gangguan panik semasa muda dan membantunya dalam mendalami peran di Emergency Declaration.

"Sebenarnya, saya mengalami gangguan panik di pesawat ketika berusia pertengahan 20 tahun-an. Saya dapat merasakan perasaan dan gejala gangguan panik beberapa kali dan saya ingin menyampaikan hal ini agar dapat dirasakan oleh penonton," kenangnya. 

Menariknya, Lee Byung Hun menggunakan pengalaman masa lalu dan emosi gangguan panik demi mengembangkan karakter Jae Hyuk. 

Im Siwan disebut-sebut sebagai 'kartu AS'

Film 'Emergency Declaration', Kisahkan Ancaman Teroris di PesawatHancinema.net

Masih dari sumber yang sama, KDramastar, Song Kang Ho menyebutkan bahwa Im Siwan adalah kartu AS dari Emergency Declaration saat konferensi pers. Dengan antusias, aktor Broker itu menyoroti betapa penting karakter Im Siwan di film tersebut. 

Menurut Song Kang Ho, akting Im Siwan meningkat dan tidak henti-hentinya memuji lawan mainnya. Begitu selesai menonton pemutaran film perdana, ia segera mengirimkan pesan dukungan ke Im Siwan. 

Masing-masing pemain memiliki peran penting

Film 'Emergency Declaration', Kisahkan Ancaman Teroris di PesawatHancinema.net

Dalam film ini, Song Kang Ho mendapat tugas sebagai detektif yang menyelidiki ancaman dan mencoba menghentikan serangan teroris yang mematikan. Jeon Do Yeon berlakon sebagai Sook Hee dari Kementerian Pertahanan, Infrastruktur, dan Transportasi Korea. 

Sook Hee mengetahui insiden mematikan dan kemungkinan terburuk yang bakal terjadi saat pesawat mendarat darurat. Sementara, Kim Na Gil akan memainkan karakter co-pilot pesawat dan Park Hae Joon menjadi Kepala Penanganan Bencana Korea Selatan. 

Proses syuting dilakukan di studio film

Film 'Emergency Declaration', Kisahkan Ancaman Teroris di PesawatHancinema.net

Berdasarkan still cut Hancinema, sebagian besar proses syuting Emergency Declaration dilakukan di sebuah studio besar. Tim produksi membangun replika pesawat terbang dan memberikan efek visual yang mengesankan penonton, sehingga emosi mencekam sangat terasa di film ini. 

Melalui Emergency Declaration, sutradara Han ingin memberikan gambaran yang realistis mengenai respon dan reaksi setiap manusia saat dihadapkan pada situasi berbahaya di pesawat.  

"Saat saya membaca naskah film ini sangat menarik, karena realistis dan saya berpikir penonton bisa terhanyut dalam sensasi menakutkan di pesawat," puji Lee Byung Hun berkaitan dengan Emergency Declaration

Pesawat yang digunakan dalam proses syuting didesain di Hollywood dan desain interior dikerjakan di Korea. Set-nya dapat berputar 360 derajat. Keren banget, kan!

Bakal tayang di bioskop Indonesia

https://www.youtube.com/embed/SW4uz0U27Cg

Film Korea, Emergency Declaration telah melakukan pemutaran pertama di bioskop Korea sejak 3 Agsutus 2022 dan berhasil melampaui 1 juta penonton. Beberapa pemain seperti Song Kang Ho, Im Siwan, Lee Byung Hun, dan Jeon Do Yeon bersama sutradara Han Jae Rim turut merayakan pencapaian baru mereka atas film ini. 

Pencapaian Emergency Declaration sudah bisa disejajarkan dengan film Korea lain, Ashfall dan Exit yang mencetak rekor dalam waktu 3 hari penayangan. Kini, film tersebut diputar di bioskop Indonesia pada 16 Agustus 2022. 

Akun Instagram, @cgv.id sudah memberikan isyarat special screening film Emergency Declaration pada 10 Agustus 2022 jam 18.30 di Grand Indonesia. Buat kamu yang tertarik untuk menonton lebih dulu, bisa intip cara mendapatkan tiketnya di akun Instagram CGV.

Dilihat dari jajaran pemain dan sinematografi, Emergency Declaration wajib masuk dalam daftar tontonan, nih! Siapa yang bakal kamu ajak nonton film ini, Bela?

Baca Juga: 6 Fakta Film 'Broker', Premiere yang Dihadiri Selebriti Korea Selatan

Baca Juga: Hyun Bin is Back! 7 Hal Menarik Film Korea 'Confidential Assignment 2'

Baca Juga: Film Korea 'Believer 2' Rilis Daftar Pemain, Ryu Jun Yeol Ikut Main?