Di balik kesuksesan drama Korea, alur cerita menarik dan menegangkan menjadi salah satu poin penting yang diperhatikan oleh tim produksi. Kebanyakan dari drama Korea memang mengambil alur cerita fiktif, tapi tidak buat beberapa drama Korea bertema kejahatan. 

Sebagian drama Korea bertema kejahatan ini justru mengadaptasi dari kisah nyata, lho. Hal ini pula yang membuatnya sukses menarik perhatian penonton. Bahkan, ada kasus dari drama Korea ini yang pelakunya baru tertangkap di tahun 2019 lalu. Sungguh di luar dugaan, kan. 

Lantas, drama Korea apa saja yang mengadaptasi dari kisah nyata? Merangkum dari berbagai sumber, intip rekomendasinya di sini. 

1. Taxi Driver (2021)

Menegangkan, 6 Drama Korea Ini Diangkat dari Kisah NyataHancinema.net

Dibintangi oleh Lee Je Hoon, drama Korea berjumlah 16 episode ini baru saja mengejutkan penonton karena diangkat dari kisah nyata. Di episode 5 & 6, dikisahkan sebuah aksi balas dendam tim Rainbow Taxi terhadap CEO U Data, Park Yang Jin (Baek Hyun Jin) karena telah menganiaya karyawannya, Seo Young Min (Jeon Sung Il). 

Demi melancarkan aksinya, Kim Do Ki (Lee Je Hoon) melakukan penyamaran dan dipercaya oleh Park Yang Jin untuk menjadi bagian dari tim Perencanaan Strategis. Rupanya, kisah di episode tersebut merupakan kisah nyata yang terjadi di 2018 lalu. 

Seorang CEO WeDisk dan pengembang robot K-Technology, Yang Jinho ditangkap atas kasus kekerasan dan penyalahgunaan narkoba. Ia tertangkap lewat video yang terekam pada 2016 silam. Tak hanya itu, video lain dari Yang Jinho juga memperlihatkan bahwa CEO melecehkan mantan karyawannya, lalu menampar wajahnya hingga berulang kali. 

Tanpa rasa takut, aksi penamparan itu ditayangkan dengan apik dalam drama Taxi Driver. Pantas saja, kalau episode tersebutTaxi Driver menuai respon positif, hingga menyentuh rating lebih dari 14 persen. 

2. Mouse (2021)

Menegangkan, 6 Drama Korea Ini Diangkat dari Kisah NyataHancinema.net

Serial ini berkisah tentang pembunuhan berantai yang dilakukan oleh seorang psikopat. Ia dijuluki Head Hunter (Ahn Jae Wook) dan memiliki seorang anak dengan indikasi gen psikopat. Drama ini tayang setiap hari Rabu-Kamis pada 22:30 KST. 

Dibintangi oleh Lee Seung Gi, Park Joo Hyun, Kwon Hwa Woon, Lee Hee Joon, hingga P.O, drama Mouse berhasil mengecoh penonton dengan alur cerita yang penuh teka-teki dan teori. Ternyata, alur cerita drama ini diangkat dari kisah nyata seorang psikopat.

Sebelum diproduksi, sang sutradara, Choi Joon Bae bertemu dengan seorang psikopat di penjara. Saat melakukan sesi tanya jawab, kesenjangan emosi yang dimiliki oleh pelaku pembunuhan membuatnya terheran-heran, namun berhasil mendorongnya untuk menggarap drama ini. 

3. Extracurricular (2020)

Menegangkan, 6 Drama Korea Ini Diangkat dari Kisah NyataHancinema.net

Mengangkat kisah tentang kenakalan remaja di masa sekolah, drama Extracurricular yang diperankan oleh Kim Dong Hee, Park Joo Hyun, Nam Yoon Soo, hingga Jung Da Bin juga berasal dari sebuah kisah nyata. 

Drama produksi Netflix Original menerima banyak pujian karena alur ceritanya yang berbeda dari drama Korea bergenre remaja. Sang penulis naskah, Jin Han Sae, membeberkan bahwa alur cerita di drama ini ditulis berdasarkan pengalaman saat masih sekolah di New Zealand. 

Ia pernah melihat seorang anak menjual rokok ke teman sebayanya demi mendapatkan uang dan bertahan hidup. Sejak saat itu, Han Sae mulai terusik dengan berbagai berita mengenai kenakalan remaja dan memutuskan menulis naskah Extracurricular pada musim gugur 2018 lalu. Ternyata, drama ini memiliki kemiripan dengan kasus Nth Room yang sempat menghebohkan publik Internasional, karena pelakunya adalah seorang pelajar. 

4. Life on Mars (2018)

Menegangkan, 6 Drama Korea Ini Diangkat dari Kisah NyataHancinema.net

Berjumlah 16 episode, drama yang dibintangi oleh Jung Kyung Ho, Go Ah Sung, Park Sung Woong, dan Kim Jae Kyung ini menarik perhatian penonton karena salah satu kasus di drama ini diangkat dari kisah nyata. 

Alur ceritanya berfokus pada kasus cat kuku, dengan detektif Han Tae Joo (Jung Kyung Ho) terlempar ke tahun 1988 untuk menyelidiki pembunuhan. Menariknya, pembunuhan tersebut selalu menandai para korbannya dengan cat kuku yang menjadi ciri khas dari sang pelaku.

Ternyata, kasus di drama Life on Mars pernah terjadi di Kota Pocheon, Korea Selatan pada 2004 atau dikenal dengan kasus cat kuku merah. Kasus itu menewaskan seorang pelajar bernama Eom Hyeon-A. Tubuhnya ditemukan di saluran Sogyeok-eup, Gogyo-ri, Pocheon-si, Gyeonggi-do. Namun, polisi tidak berhasil menemukan pelaku pembunuhan tersebut.

Baru setelah 16 tahun berlalu, korban lain yang berhasil selamat dari kasus pembunuhan memberikan kesaksian. Sketsa yang diungkap korban memiliki kecocokan dengan salah satu wajah tersangka yang sempat dicurigai pihak kepolisian. Tapi, kurangnya bukti, polisi pun membebaskan tersangka. Saat ingin ditangkap kembali, sang pelaku sudah meninggal dunia di tahun 2010 silam. 

5. Tunnel (2017)

Menegangkan, 6 Drama Korea Ini Diangkat dari Kisah NyataHancinema.net

Serial ini mengangkat kisah tentang seorang detektif Park Gwang Ho (Choi Jin Hyuk), yang berusaha keras menangkap pelaku pembunuhan berantai pada 1986. Namun saat proses pengejaran, ia masuk ke sebuah terowongan yang membawanya ke tahun 2017. 

Park Gwang Ho berulang kali mencoba keluar dari terowongan tersebut, tetapi selalu gagal. Bersama rekannya di kepolisian tahun 2017, ia berupaya menyelesaikan kasus tak terungkap yang telah terjadi 30 tahun silam. 

Kasus 30 tahun silam dalam drama Tunnel merupakan kasus pembunuhan terkeji yang menelan banyak korban dari berbagai usia di wilayah Hwaseong, Provinsi Gyeonggi pada tahun 1986-1991. Minimnya teknologi pemeriksaan DNA di tahun tersebut, membuat pelaku baru bisa tertangkap pada 2019 lalu. 

6. Signal (2016)

Menegangkan, 6 Drama Korea Ini Diangkat dari Kisah NyataHancinema.net

Tidak hanya Tunnel, kisah kelam pembunuhan Hwaseong juga diangkat ke dalam drama Signal yang dibintangi oleh Lee Je Hoon, Kim Hye Soo, dan Choi Jin Woong. Drama ini menceritakan kerja sama seorang detektif di zaman dahulu dengan detektif yang berada di masa sekarang. 

Berbekal walkie-talkie, mereka berupaya untuk memecahkan kasus pemerkosaan dan pembunuhan yang terjadi. Kerennya, drama ini berhasil menyabet penghargaan kategori Best Drama dan Best Screenplay di acara Baeksang Arts Awards 2016. Selain itu, Signal meraih rating tertinggi sepanjang sejarah televisi kabel. 

Itulah deretan drama Korea yang alur ceritanya diangkat dari kisah nyata. Benar-benar bikin bulu kuduk merinding, ya. Mana yang menjadi drama favoritmu, Bela?

Baca Juga: Bersiap untuk Episode Lebih Gila, KDrama 'Penthouse' Bakal Tayang Juni

Baca Juga: Penuh Teori, 7 Drama Korea Ini Bikin Penonton Ikut Berpikir

Baca Juga: Rating Langsung Melesat, Ini 5 Fakta Menarik KDrama 'Taxi Driver'