Setiap manusia pasti memiliki kisah masa lalu kurang menyenangkan, terkadang terbentuk menjadi sebuah trauma yang sulit terlupakan atau disembuhkan. Berangkat dari peristiwa memilukan ini, banyak drama Korea mengangkat tema healing atau penyembuhan trauma. 

Berharap dengan hadirnya kisah tersebut, penonton tak lagi merasa sendirian mengalami hal serupa dan mampu melepaskan emosi yang selama ini terpendam. Dipadu dengan alur cerita dan bintang utama yang menawan, ada beberapa rekomendasi drama Korea bertema penyembuhan trauma yang bisa menghangatkan jiwa. 

Lantas, apa saja drama Korea yang membahas mengenai penyembuhan trauma? Seperti apa kisahnya? 

1. Hometown Cha-Cha-Cha (2021)

Hangatkan Jiwa, Ini 7 Drama Korea Bertema Penyembuhan TraumaHancinema.net

Berlatar di tepi laut desa Gongjin, dikisahkan seorang pemuda cerdas nan tampan bernama Hong Du Shik (Kim Seon Ho) atau dikenal dengan sebutan Kepala Hong. Ia digambarkan sebagai sosok yang supel dan senang membantu.

Namun, di balik kepribadian cerahnya itu, Kepala Hong menyimpan tragedi masa lalu tak terungkap. Ada satu cuplikan di mana Kepala Hong mengalami gangguan tidur dan kecemasan, hingga mengharuskan dirinya meminum obat penenang agar bisa rileks. 

Meski bertema trauma healing, KDrama garapan sutradara Yoo Je Won ini menjadi salah satu drama yang cukup ringan dan menghibur untuk ditonton. Apalagi, dibalut kisah asmara antara Kepala Hong dan Dokter Yoon Hye Jin (Shin Min Ah) yang kocak. Makin sayang untuk dilewatkan, lho!

2. You Are My Spring (2021)

Hangatkan Jiwa, Ini 7 Drama Korea Bertema Penyembuhan TraumaHancinema.net

Apa rasanya jika terjebak dalam kenangan masa lalu? Tentu, tidak mengenakkan dan ingin melepaskan semuanya. Hal ini pula yang dialami oleh sejumlah karakter utama di drama You Are My Spring. Mereka terjebak dalam kenangan ketika berusia tujuh tahun. 

Karakter tersebut adalah Joo Yeong Do (Kim Dong Wook), Kang Da Jeong (Seo Hyun Jin), Chae Joon (Yoon Park), dan Ahn Ga Yeong (Nam Gyu Ri) di mana mereka memiliki profesi dan kenangan masa lalu yang menyakitkan. 

Kisah sejumlah karakter dalam drama ini semakin menarik saat salah satu karakter baru muncul bernama Ahn Ga Yeong yang diperankan oleh Nam Gyu Ri. Ia merupakan seorang aktris terkenal dan memiliki kehidupan glamor.

Namun, kemewahannya tak mampu memberinya kebahagian, hingga ia merasa kesepian. Penulisnya sendiri, Lee Mi Na mengutarakan jika drama Korea ini hadir untuk menyembuhkan mereka yang memiliki trauma.

3. A Piece of Your Mind (2020)

Hangatkan Jiwa, Ini 7 Drama Korea Bertema Penyembuhan TraumaHancinema.net

Tak ada seorang pun yang ingin kehilangan anggota keluarga, terutama sosok ibu di usia muda. Namun, takdir berkehendak lain pada karakter Moon Ha Won (Jung Hae In). Ia kehilangan sosok ibu saat masih sekolah karena ulah salah satu temannya. 

Selain kehilangan ibu, Ha Won juga harus menanggung luka batin saat cinta pertamanya, Kim Ji Soo (Park Ju Hyun) menikah dengan orang lain. Sebagai seorang pengembang kecerdasan buatan, Ha Won sangat tertutup dengan siapa pun, kecuali Moon Soon Ho (Lee Ha Na). 

Bertemunya Ha Won dengan Han Seo Woo (Chae Soo Bin) membuat keduanya saling menyembuhkan. Hubungan asmara mereka berlangsung begitu alami dan bertahap, meski sempat mendapat kritikan dari warganet Korea karena dianggap membosankan. 

Namun, secara keseluruhan, kisah dua anak manusia yang terluka karena kehilangan membuat drama A Piece of Your Mind ini sangat menghangatkan hati. Ditambah, dengan alunan musik yang menenangkan saat didengar rasanya drama ini cocok ditonton saat sore atau malam hari. 

4. When the Weather is Fine (2020)

Hangatkan Jiwa, Ini 7 Drama Korea Bertema Penyembuhan TraumaHancinema.net

Layaknya sebuah kaca yang pecah, pasti akan meninggalkan bekas dan tak mungkin bisa utuh sedia kala. Jika pun bisa utuh, ia akan tetap rapuh. Seperti itulah kepribadian karakter Mok Hae Won (Park Min Young). 

Berprofesi sebagai guru violin di kota Seoul, Hae Won mengalami satu kejadian di mana dirinya harus kembali ke kampung halaman dan bekerja paruh waktu di toko buku milik Im Eun Seob (Seo Kang Joon). 

Keduanya merupakan teman masa sekolah dan memiliki trauma masa lalu yang disimpan sendiri. Mereka pun berjuang untuk sembuh dan melangkah ke depan bersama. Bergenre melodrama, drama ini beralur lambat dan mempunyai efek menenangkan. 

Apalagi, sutradara When the Weather is Fine sukses mengeksekusi drama ini dengan sinematografi yang memanjakan mata di setiap episodenya. Kamu juga akan dibuat terhanyut dengan adegan klub buku milik Im Eun Seob. 

5. Chocolate (2019)

Hangatkan Jiwa, Ini 7 Drama Korea Bertema Penyembuhan TraumaHancinema.net

Sukses di masa depan belum tentu memiliki kisah masa lalu yang indah. Hal inilah yang menggambarkan karakter Moon Cha Young (Ha Ji Won) yang berprofesi sebagai seorang koki. 

Dulunya, ia memiliki pengalaman masa kecil super pahit. Ia ditinggalkan oleh sang ibu saat kecil dan terjebak di bangunan roboh. Akibatnya, Cha Young menderita PTSD, depresi, hingga serangan panik dari waktu ke waktu. 

Menjadi koki spesialisasi coklat menjadi sarana terapeutik untuk Cha Young. Namun, kehadiran Lee Kang (Yoon Kye Sang) membuat trauma Cha Young kembali muncul. Ia pun mencoba berdamai dengan trauma masa kecilnya.

6. Forest (2019)

Hangatkan Jiwa, Ini 7 Drama Korea Bertema Penyembuhan TraumaHancinema.net

Berlatar di sebuah hutan misterius, Jung Young Bae (Jo Bo Ah) yang dulunya seorang psikiater harus banting setir menjadi ahli bedah akibat trauma setelah merawat pasien-pasiennya yang mengalami gangguan kejiwaan. 

Ditempatkan di rumah sakit Miryeong yang berada di tengah hutan, Young Bae bertemu dengan Kang San Hyeok (Park Hae Jin), seorang anggota tim penyelamat 119. Ia kehilangan memori masa kecilnya dan merasa hidupnya tidak bahagia. 

Keduanya hidup bersama dan mulai menemukan kebahagiaan kecil yang belum pernah mereka rasakan. Hubungan mereka yang manis membuat drama Forest terasa meneduhkan dan cocok ditonton untuk kamu yang sedang mencari arti kata bahagia. 

7. Just Between Lovers (2017)

Hangatkan Jiwa, Ini 7 Drama Korea Bertema Penyembuhan TraumaHancinema.net

Berjuang melawan trauma dan luka batin sendirian tentu tidak mudah, sosok pendamping diperlukan untuk berjuang bersama dalam proses penyembuhan. Lee Kang Doo dan Ha Moon Soo pun melakukan hal yang sama, keduanya memiliki pengalaman menyakitkan akibat kehilangan orang terdekat. 

Kang Doo (Lee Junho '2PM') kehilangan sang ayah dalam sebuah insiden. Sementara, Han Moon Soo (Won Ji Ah) harus kehilangan adik perempuan di tempat yang sama dengan insiden ayah Kang Doo. 

Mereka berdua menjalani hidup terpisah dengan menyimpan trauma dan membentuk kepribadian Kang Doo yang keras kepala dan senang membuat onar. Berada di situasi kerja yang sama membuat keduanya kerap berinteraksi dan saling menyembuhkan luka batin. 

Itulah deretan rekomendasi KDrama bertema penyembuhan trauma yang bisa menghangatkan hati, Bela. Mengalami masa lalu yang kelam, bukan berarti masa depanmu suram. Tapi, cobalah untuk berdamai dan berbagi kisah melalui bantuan profesional. 

Baca Juga: Rekomendasi 7 Film Hollywood Terbaik yang Mengangkat Kesehatan Mental

Baca Juga: Selain 'My Roommate Is A Gumiho', Ini 6 KDrama Tentang Gumiho

Baca Juga: 7 Rekomendasi Drama Korea yang Berhubungan dengan Kesehatan Mental