Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung membuat seluruh kegiatan dibatalkan. Mulai dari kegiatan belajar, acara musik, sampai acara wisuda yang mengalami pergeseran dari pusat keramaian menjadi virtual

Tentu rasa sedih dirasakan semua kalangan, tak terkecuali para siswa yang lulus di tahun ini. Mereka yang lulus harus mengalah dan bersabar untuk merayakan hari bahagia melalui virtual graduation. Melihat hal ini, YouTube mengadakan acara berjudul Dear Class of 2020. Nggak ketinggalan, BTS ikut ambil bagian dalam acara ini bersama penyanyi dan tokoh terkemuka dari Amerika Serikat lainnya. 

Tayangan Dear Class 2020 berlangsung pada tanggal 7 Juni 2020 untuk merayakan kelulusan angkatan 2020. Angkatan yang tak bisa memeriahkan acara kelulusan di tengah keramaian. Setiap member diberikan kesempatan untuk menyampaikan pesan hangat dan inspiratif untuk para lulusan. 

Pesan yang hampir membuat penggemar mereka, ARMY turut terharu mendengarnya. Apa saja pesan dari member BTS? Yuk, lihat selengkapnya di sini. 

1. RM

Bikin Haru Fans, BTS Beri 7 Pesan Inspiratif di 'Dear Class of 2020'Koreanarea.com

RM, sebagai leader BTS memberi selamat kepada lulusan yang tahun ini harus dilewati tanpa bunga dan perayaan yang meriah. Melewati tahun yang sulit, RM memberi secercah harapan untuk tetap semangat menjalani hari. 

Walau nggak bertemu secara pandangan mata namun, RM mengatakan bahwa "Di mana pun, kamu berada. Kamu tetap bisa melihat kami meski dari layar kecil di ponselmu. Setelah ini berlalu, kamu pasti akan menjadi pribadi yang luar biasa dan terus berkembang dengan talenta yang dimiliki." 

Ia juga berbagi pengalaman saat dirinya mengalami perasaan mendebarkan di wisuda. Perasaan menyenangkan yang RM miliki, semoga dapat menghibur dan menghangatkan hati para lulusan tahun 2020. Kerennya, RM memberikan pesan tersebut dalam bahasa Inggris, lho. Makin bangga, deh, sama leader satu ini. 

2. Jungkook

Bikin Haru Fans, BTS Beri 7 Pesan Inspiratif di 'Dear Class of 2020'Soompi.com

Member termuda di BTS ini turut mengucapkan selamat kepada lulusan yang sudah bekerja keras selama ini. Untuk kamu yang ingin tahu upacara kelulusan Jungkook seperti apa, kamu bisa melihatnya di akun Youtube Bangtan Bom. Ada yang sudah menontonnya?

Melalui masa kelulusan bersama anggota BTS di sampingnya, Jungkook merasa ada perubahan besar yang terjadi dalam hidupnya. Dan, itu dalam arah yang positif. Ia terus mempelajari banyak hal baru bersama para member. Ia berharap dengan membagi pengalaman positifnya ke publik, ada hal baik yang dirasakan. 

Jungkook mengungkapkan untuk "Kamu yang sedang dalam masa transisi, lakukan hal yang terbaik untuk diri sendiri dan masa depanmu. Teruslah mencoba dan pantang menyerah".  

3. Jin

Bikin Haru Fans, BTS Beri 7 Pesan Inspiratif di 'Dear Class of 2020'Aminoapps.com/Seokjinaminosja

Sebagai member tertua di BTS, Jin meraih kelulusannya sebelum ia bergabung dengan BTS. Dulu, ia hanyalah seorang siswa laki-laki biasa yang berusia 20 tahun dan punya keinginan untuk masuk Universitas.

Sama seperti lulusan sekolah pada umumnya, Jin juga merasakan perasaan gelisah ketika menjadi orang dewasa. Terkadang, rasa khawatir muncul kala melihat teman-temannya yang sudah meraih banyak hal. Sedangkan, dirinya masih bingung dengan jati dirinya. 

Tanpa tahu arah, Jin mencoba mengikuti ritme teman-temannya. Perlahan, ia sadar bahwa hal itu melelahkan. Dari sanalah, ia yakin bahwa suksesnya seorang teman bukan berarti jalur sukses untuk dirinya. Belajar dari pengalamannya tersebut, ia meluangkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri, mengenal lebih dalam kekurangan dan kelebihannya.   

"Jika kamu merasa tersesat, ragu, atau memiliki tekanan. Jangan terburu-buru melangkah, bernapaslah sejenak. Lakukan setiap langkah kehidupan secara perlahan, kamu akan menemukan hal penting yang mungkin terlewat. Dengan begitu, kamu akan menikmati setiap momen sebagai peluang baru untuk dijalani. Ikutilah ritme kehidupanmu tanpa perlu membandingkan diri dengan orang lain".

4. Suga

Bikin Haru Fans, BTS Beri 7 Pesan Inspiratif di 'Dear Class of 2020'Kpopping.com

Rapper dari BTS ini mengatakan hidup saat ini ibarat tinggal di sebuah pulau terpencil. Terkadang, kita kewalahan dengan berbagai masalah hidup yang dihadapi. Saat ingin meminta bantuan, tak ada seorang pun yang membantu. Mau tak mau, bangkit dan menyembuhkan sendiri menjadi langkah awal yang baru.

Suga juga berpesan "Jangan khawatir atau takut jika sendirian. Fokuslah dengan dirimu yang sekarang dan lewati batas kemampuanmu. Seseorang yang tampak biasa saja pasti punya mimpi besar, tak perlu ragu. Saat meraih mimpi, ada banyak hal yang tak bisa dikontrol. Satu-satu hal yang dapat dilakukan adalah mengontrol diri sendiri. Kerahkan segala usaha agar mimpi besarmu terwujud."

5. Jimin

Bikin Haru Fans, BTS Beri 7 Pesan Inspiratif di 'Dear Class of 2020'Twitter.com/BTS_nasional

Di kondisi yang tak menentu seperti ini, Jimin juga merasakan perasaan cemas. Nggak memikirkan diri sendiri, ia juga mengkhawatirkan kondisi kesehatan semua orang, termasuk penggemar setianya. Ia berharap, semua dalam keadaan yang sehat dan baik. 

Dengan penuh ketulusan, Jimin menginginkan semua orang termasuk kamu yang baru saja lulus untuk tidak pernah menyerah dengan situasi ini. Jimin mengatakan "Walau hidup di negara dan bahasa yang berbeda, mari saling memberi semangat dan memperhatikan satu sama lain."

6. J-Hope

Bikin Haru Fans, BTS Beri 7 Pesan Inspiratif di 'Dear Class of 2020'Soompi.com

Member BTS yang dikenal dengan sifat moodbooster-nya ini juga punya perasaan yang sama dengan Jin. Terkadang, ia merasa menemui jalan buntu saat membuat musik. Baginya, hal tersebut adalah hal biasa yang terjadi dalam hidup. 

Di kehidupan, ada kalanya kamu kebingungan atau kesulitan menentukan keputusan baik karier, jurusan, atau pekerjaan yang diinginkan. Namun, J-Hope memberi saran terbaik untuk kamu lagi gundah akan hal ini, "Percayalah dengan dirimu sendirimu. Jika hari ini belum melakukan yang terbaik, lakukanlah di hari berikutnya. Hari ini pasti lebih baik dari hari sebelumnya. Jangan cepat menyerah dan jadilah pemimpin untuk dirimu".

Jika menemui masalah yang berat, J-Hope sering mengatakan sesuatu yang baik untuk dirinya sendiri seperti "Kamu bisa melakukan hal ini. Kamu telah melakukannya dengan baik. Kamu melakukannya lebiha baik dari siapa pun." 

Memberi pujian terhadap diri sendiri itu penting, lho. Biar kamu tetap semangat dan tak larut dalam rasa bersalah. 

7. V

Bikin Haru Fans, BTS Beri 7 Pesan Inspiratif di 'Dear Class of 2020'Facebook.com/bangtan.official

Dalam pidatonya, V mengatakan jika ia tidak terlahir dengan bakat menyanyi dan menari yang baik dibandingkan member lainnya. Tapi, passion  dan keinginannya untuk bertahan membawanya sampai ke tahap ini, bergabung dengan grup sebesar BTS. 

V pun berbagi pesan hangat untuk kamu, "Jika ada di antara kamu yang hilang arah, dengarkan kata hati dirimu. Walau keadaan lagi sulit, akan ada saatnya kesempatan dan keberuntungan terbuka lebar untukmu. Kata hati tak akan pernah berbohong. Kata hati akan menuntunmu ke tempat yang tepat, tempat seharusnya dirimu berada. Sabarlah sedikit, maka hari itu akan tiba."

Wah, benar-benar menginspirasi sekali para member BTS. Pesan manakah yang jadi favoritmu, Bela?

Baca Juga: Ikuti BTS, Army Berhasil Galang 1 Juta Dolar untuk #BlackLivesMatter

Baca Juga: Dukung Aksi #BlackLivesMatter, 7 Idol Kpop Tunjukkan Solidaritas

Baca Juga: ARMY Detected! 9 Seleb Indonesia Ini Fans Berat BTS