Berencana Salat Idulfitri di Istiqlal? Simak 5 Hal Penting Ini

Catat persiapan maksimalnya biar kebagian tempat, nih!

Berencana Salat Idulfitri di Istiqlal? Simak 5 Hal Penting Ini

Nuansa Hari Raya Idulfitri mulai terasa, umat muslim di Indonesia telah menjalani hampir setengah puasa Ramadan. Hampir 2 tahun, Masjid Istiqlal tidak mengadakan Salat Idul Fitri lantaran pandemi COVID-19. 

Tampaknya di tahun 2023, Masjid Istiqlal kembali mengadakan Salat Idul Fitri 1444 Hijriah. Mereka berbondong-bondong memadati area dalam Masjid agar kebagian dan mendapat tempat terbaik saat mengikuti Salat Idulfitri. 

Meski, area yang disediakan untuk salat nanti sebanyak lima lantai, tetap saja ada jamaah yang tidak kebagian. Lantas, bagaimana menyiasati agar tahun 2023 bisa Salat Idulfitri 1444 H di masjid terbesar se-Asia Tenggara? Catat baik-baik lima hal di bawah ini.  

1. Sebaiknya datang lebih awal

Berencana Salat Idulfitri di Istiqlal? Simak 5 Hal Penting Ini

Melansir Kompas, Yusuf Fauzy selaku Humas Masjid Istiqlal mengungkapkan bahwa area salat di Masjid Istiqlal disediakan dari lantai utama hingga lima lantai. Namun, itu tentu penuh. 

Lalu, ada dua teras besar dan dipastikan akan penuh. Jika di dalam sudah terisi, maka di luar halaman menjadi alternatif bagi jamaah yang datang terlambat. Demi mengantisipasi tidak kebagian, sebaiknya umat Muslim yang ingin Salat Idulfitri di dalam Masjid Istiqlal datang lebih awal. 

Biasanya, Salat Idulfitri akan dimulai 06.30 WIB. Jika datang sekitar jam lima atau enam, sulit mendapatkan tempat terbaik di masjid bersejarah itu. Yusuf menyarankan agar umat muslim datang sebelum subuh agar mendapat shaf di dalam Masjid dan meraih pahala yang lebih besar. 

2. Membawa perlengkapan salat pribadi

Meski Masjid Istiqlal menyiapkan perlengkapan Salat untuk jamaah yang hadir, namun tak ada salahnya para jamaah tetap membawa alas Salat atau sajadah sendiri.Tak hanya alat salat, kamu juga perlu membawa koran atau alas untuk sajadah saat area dalam Masjid penuh.

Koran atau alas sajadah bisa kamu gunakan saat Salat Idulfitri di halaman Masjid. Selain untuk antisipasi, membawa perlengkapan salat sendiri membuat kamu lebih cepat untuk mengikuti jalannya ibadah seperti mendengarkan ceramaa sebelum salat Idulfitri. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here