Ditayangkan pada 2021, Our Beloved Summer telah menarik banyak perhatian. Kisah cinta Yeon Soo dan Choi Woong yang seperti rollercoaster mengingatkan penonton akan cinta pertama mereka di masa sekolah. 

Nama Kim Da Mi dan Choi Woo Shik seketika meroket, selagi drama Korea ini mengudara di Netflix dan SBS. Berjumlah 16 episode, drama Korea Our Beloved Summer memasuki episode akhir pada 25 Januari 2022. Banyak penonton menunggu kisah pemeran utama berakhir indah. 

Buat kamu yang belum siap move on, intip kilas balik hal-hal menarik dari Our Beloved Summer di bawah ini. 

1. Drama Korea paling banyak dibicarakan

Berakhir, 10 Hal yang Perlu Kamu Tahu dari KDrama 'Our Beloved Summer'Inikpop.com

Our Beloved Summer yang disiarkan setiap hari Senin-Selasa, berhasil mencatat perolehan rating di atas 3 persen. Drama ini juga sukses menjadi drama Korea terfavorit di sejumlah negara Asia seperti Hong Kong, Taiwan, Filipina, Vietnam, hingga Indonesia. 

Menyadur dari data mingguan Good Data, kisah asmara Yeon Soo dengan Woong menempati posisi teratas sebagai drama Korea yang paling banyak dibicarakan di linimasa pada minggu pertama dan kedua Januari. 

2. Menempati peringkat 10 besar di Netflix

Berakhir, 10 Hal yang Perlu Kamu Tahu dari KDrama 'Our Beloved Summer'Kstartrend.com

Memiliki alur cerita yang sangat baik dan ringan, Our Beloved sempat berada peringkat teratas TOP 10 Show in Korea Netflix. Drama yang diadaptasi dari webtoon ini mengalahkan Single's Inferno dan The Silent Sea pada 8 Januari 2022. 

Keduanya turun tahta setelah Our Beloved Summer masuk daftar drama terpanas di tahun 2021-2022. Drama tersebut mempertahankan eksistensinya di urutan kesembilan dalam Top 10 TV Show Netflix pada 19 Januari 2022.

3. RM 'BTS' pernah membeli lukisan asli Choi Ung

Berakhir, 10 Hal yang Perlu Kamu Tahu dari KDrama 'Our Beloved Summer'Tentangsinopsis.com

Dikisahkan karakter utama bernama Choi Ung, yang diperankan Choi Woo Shik. Choi Ung merupakan sosok anak laki-laki dengan mimpi sederhana dan berhasil menjadi seorang ilustrator terkenal.

Dalam drama, Choi Ung membuat lukisan pohon dan bangunan yang menyita perhatian. RM yang terkenal menyukai seni pernah membeli lukisan asli karakter Choi Ung. sang leader BTS ini memboyong lukisan tersebut dari ilustrator asli dan ditampilkan dalam Our Beloved Summer. 

Lukisan yang digambar oleh Choi Ung di drama merupakan hasil karya ilustrator terkenal asal Prancis, Thibaudherem. Karya seni tersebut pernah RM posting di akun media sosial pada 2020 lalu. 

4. Bakal diproduksi menjadi film spesial

Berakhir, 10 Hal yang Perlu Kamu Tahu dari KDrama 'Our Beloved Summer'Hancinema.net

Berkat tingginya popularitas, Our Beloved Summer akan diproduksi sebagai film spesial berjudul Our Beloved Summer: The Movie. Film spesial ini direncanakan tayang pada 27 Januari 2022, dua hari setelah episode finalnya berakhir. Our Beloved Summer: The Movie berisi tayangan versi singkat dari drama yang tayang sejak Desember 2021 dan kumpulan wawancara para pemain. 

5. Deretan musisi mengisi soundtrack drama ini

https://www.youtube.com/embed/6fqhUqB4tyI

Tidak lengkap rasanya, sebuah drama tanpa lagu tema yang mendukung. Our Beloved Summer menghadirkan deretan musisi ternama untuk mengisi lagu tema dari drama mereka. Soundtrack pertama dinyanyikan oleh Kwon Jung Yeol berjudul "Drawer", lagu ini muncul pertama kali pasca penayangan perdana. 

Selanjutnya, suara merdu Janet Suhh di lagu "Why" muncul pada episode pertama Our Beloved Summer, saat video dokumenter kedua pemeran utama kembali viral di internet. Terkenal dengan lagu "Breath", Sam Kim menyumbangkan suara di lagu tema berjudul "Summer Rain" yang mengangkat tema hujan di musim panas. 

Tak ketinggalan, solois BIBI merilis lagu tema berjudul "Maybe If". Sementara, suara V 'BTS' mengalun indah di lagu tema "Christmas Tree", sebagai bentuk dukungan kepada sahabatnya, Choi Woo Shik. 

6. "Christmast Tree" mendominasi Billboard Chart

Berakhir, 10 Hal yang Perlu Kamu Tahu dari KDrama 'Our Beloved Summer'Pantip.com

Menjadi lagu tema terakhir dari Our Beloved Summer, "Christmas Tree" menjadi single teranyar dari V 'BTS' dan terasa spesial karena dirilis bertepatan dengan malam Natal. Lagu "Christmas Tree" dipenuhi dengan alunan melodi berpadu suara khas dari V yang lembut. 

Tidak mengherankan apabila lagu tema yang dinyanyikan V 'BTS' ini mendominasi tangga lagu Billboard sejak 4 Januari 2022. "Christmas Tree" sukses debut di posisi teratas di tangga Penjualan Lagu Digital dan menjadikan V 'BTS' sebagai solois Korea pertama yang berhasil mencapai peringkat tersebut. Billboard juga mengungkapkan bahwa "Christmas Tree" masuk dalam daftar Hot 100 di peringkat ke-79. 

7. Noh Jung Eui menjadi scene stealer

Berakhir, 10 Hal yang Perlu Kamu Tahu dari KDrama 'Our Beloved Summer'Hancinema.net

Selain akting pemeran utama yang memukau, pesona Noh Jung Ui juga sulit untuk dilupakan. Ia menjadi scene stealer di Our Beloved Summer, berkat kemampuan aktingnya yang solid dan sukses memerankan sosok NJ dengan sangat apik. Noh Jung Ui lahir di tahun 2001 dan tumbuh menjadi gadis yang berbakat.

Ia menekuni dunia akting sejak masih kecil. Noh Jung Ui membuat debut aktingnya di film aksi, I Am Dad. Sejak saat itu, Noh Jung Ui tampil di berbagai drama Korea seperti The King's Doctor, Firstborn dan Pinocchio. Ia sempat mencuri perhatian saat bermain di drama Korea 18 Again bersama Lee Do Hyun di tahun 2020 lalu.

8. Momen terbaik ada di episode ke-12

Berakhir, 10 Hal yang Perlu Kamu Tahu dari KDrama 'Our Beloved Summer'Hancinema.net

Berfokus pada kisah asmara Yeon Soo dan Choi Woong yang kembali bersemi, warganet dibuat gemas dengan pertemuan manis keduanya di episode ke-12. Episode tersebut menampilkan adegan Choi Woong (Choi Woo Shik) yang datang secara tiba-tiba muncul di tempat kerja Yeon Soo. 

Di pertemuan tersebut, keduanya berciuman hangat, yang disebut sebagai 'hot dog kiss'. Banyak warganet memilih adegan pertemuan Yeon Soo dan Choi Woo Shik sebagai momen terbaik dalam Our Beloved Summer. Keduanya sukses 'mematenkan' ciuman manis khas drama Korea. 

9. Choi Woo Shik bertolak belakang dengan Choi Ung

https://www.youtube.com/embed/zLqe37JyquQ

Karakter Choi Woong digambarkan sebagai ilustrator yang berjiwa bebas, namun tertutup terhadap perasaannya sendiri. Namun, jangan mengharapkan kepribadian tersebut hadir dalam diri Choi Woo Shik di kehidupan nyata. Beberapa fans menangkap momen lucunan memalukan Choi Woo Shik dari balik layar.

Ada banyak nama panggilan yang diberikan penggemar kepada aktor muda tersebut, tetapi 'Chick' menjadi nama panggilan paling menggemaskan untuk Choi Woo Shik. Ia dengan bebasnya menari lagu anak-anak berjudul "Little Zoo" yang muncul dalam drama Korea, Hogu's Love.

Choi Woo Shik juga sukses membuat malu Jang Ki Yong saat dirinya menarikan tarian dari "Roulette Rusia" di depan Joy, anggota Red Velvet dengan penuh percaya diri. Hal ini membuktikan bahwa kepribadian Choi Woo Shik bertolak belakang dengan perannya sebagai Choi Ung.  

10. Merilis album fisik dan buku naskah

Berakhir, 10 Hal yang Perlu Kamu Tahu dari KDrama 'Our Beloved Summer'Twitter.com/ktown4u_eu

Memasuki episode akhir, Our Beloved Summer  akan merilis album fisik spesial dan buku naskah yang dapat dinikmati penggemar. Album fisik Our Beloved Summer direncanakan rilis pada 2 Februari 2022 berisi daftar lagu tema terlengkap mereka. 

Penggemar juga dimanjakan dengan isi dari album fisik Our Beloved Summer terdiri dari buku foto, penanda film, kartu foto sebanyak lima jenis, ilustrasi kartu foto sebanyak tiga jenis, kertas sketas, kalender musim, hingga poster pemeran utama Our Beloved Summer. Harga OST Our Beloved Summer ditaksir mencapai Rp30 ribu. 

Nah, itulah deretan hal yang perlu kamu ketahui dari Our Beloved Summer, drama Korea kesayangan warganet. Hari ini menjadi episode terakhir kisah cinta Yeon Soo dan Choi Woong, jangan sampai kelewatan, Bela. 

Baca Juga: 9 Fakta Choi Woo Shik, Aktor ‘Our Beloved Summer’ yang Sedang Melejit

Baca Juga: 10 Fakta Kim Da mi, Pemeran Kook Yeon Su di ‘Our Beloved Summer'

Baca Juga: Daftar Soundtrack Drama 'Our Beloved Summer' yang Patut Masuk Playlist