Seperti yang diketahui sebelumnya, BTS baru saja menyelesaikan konser virtual mereka yang megah dan keren bersama para ARMY. Namun, sebuah kabar mengejutkan menghampiri BTS pada 12 Oktober 2020. 

Melansir dari Koreaboo.com, kalau grup besutan Big Hit Entertainment ini dianggap telah menyakiti perasaan penggemar mereka di Tiongkok. Bahkan, dua merek ternama yang berkolaborasi dengan BTS sampai mengambil tindakan atas kontroversi tersebut. 

Lantas, apa yang sebenarnya terjadi hingga BTS terlibat kontroversi? Merek apa yang menghapus semua postingan mengenai produk BTS? Yuk, telusuri faktanya di sini, Bela. 

Pidato RM dinilai tidak respek ke penggemar Tiongkok

Baru Rampungkan MAP of The Soul One, BTS Terlibat Kontroversi?Koreaboo.com

BTS baru menerima penghargaan James A. Van Flee pada 9 Oktober 2020 lalu dan seperti biasa, RM selalu memberikan pidato yang menginspirasi banyak orang, tetapi sayangnya pidato tersebut ditanggapi berbeda oleh warga Tiongkok. 

Mereka menilai pidato RM tersebut tidak respek dengan mereka. Kala itu, RM memberikan pidato yang bertepatan dengan ulang tahun ke-70 Perang Korea. Sayangnya, saat perang itu terjadi, Tiongkok berada di pihak oposisi, yakni Korea Utara. Ada begitu banyak warga Tiongkok yang hilang karena dampak dari perang tersebut. 

Pidato RM tersebut kembali memunculkan kenangan yang pahit. Oleh karena itu, warga Tiongkok bereaksi dan menganggap jika BTS telah menyakiti perasaan penggemar mereka di Tiongkok. Terlebih, penggemar di sana cukup loyal mengeluarkan uang untuk idolanya. 

Dua merek ternama menghapus produk BTS

Baru Rampungkan MAP of The Soul One, BTS Terlibat Kontroversi?Koreaboo.com

Tidak main-main, pidato RM yang semula tidak berniat menyudutkan pihak mana pun. Malah, berdampak pada kolaborasi mereka di negara tersebut. Seorang blogger Tiongkok menelusuri bahwa ada dua merek ternama yang menghapus semua postingan mengenai produk BTS, yaitu FILA dan Samsung. 

Diketahui, Samsung Tiongkok sudah menghapus produk yang berhubungan dengan BTS, begitu pula dengan FILA Tiongkok. Kedua merek tersebut meniadakan produk BTS dari akun Weibo resminya. 

Selain itu, netizen Tiongkok sampai menaikkan postingan 'Weibo Resmi FILA menghapus semua konten terkait BTS' dan 'Samsung China BTS'. Mereka juga menuntut permintaan maaf dari BTS. 

Big Hit Entertainment belum mengambil tindakan

Baru Rampungkan MAP of The Soul One, BTS Terlibat Kontroversi?Koreaboo.com

Hingga berita diturunkan, pihak agensi dari BTS, yakni Big Hit Entertainment belum mengambil tindakan atau menanggapi kontroversi yang terjadi. Penggemar berharap Big Hit Entertainment bisa mengeluarkan pernyataan secepatnya untuk meredam kemarahan netizen Tiongkok. 

Bahkan, produk ponsel keluaran Samsung yang berkolaborasi dengan BTS, yaitu Galaxy S20+ telah menghilang dari situs resmi mereka di Tiongkok. Diikuti oleh produk FILA yang turut menghilangkan produk BTS pasca kontroversi ini mencuat ke permukaan. 

Wah, semoga masalah ini segera terselesaikan, ya. Buat kamu yang penasaran dengan pidato RM yang memicu kontroversi di kalangan penggemar Tiongkok. Saksikan di bawah ini, Bela. 

https://www.youtube.com/embed/QSg7RPSQEhc

Baca Juga: Sukses Besar, MAP of The Soul One BTS Raih Pendapatan Miliaran

Baca Juga: Bikin ARMY Terharu, Inilah 7 Pesan Mendalam BTS di MAP of The Soul One

Baca Juga: RM BTS Ulang Tahun, Ini 10 Alasan Namjoon Terus Saja Memesona ARMY