Industri Kpop kembali berduka, seorang idol Kpop berusia muda menghembuskan napas terakhirnya pada tanggal 16 Juni 2020. Kim Jeong Hwan atau dikenal dengan nama panggung Yohan TST dilaporkan meninggal dunia oleh pihak keluarga dan dikonfirmasi langsung kebenarannya oleh agensi, tempat Yohan TST bernaung. 

TST sendiri adalah sebuah grup rookie besutan JSL Company. Grup ini beranggotakan tujuh orang pria berusia masih sangat muda. Awalnya, grup ini sebelumnya bernama 7Stone. Tiga dari tujuh anggota TST merupakan mantan anggota dari grup yang pernah debut tahun 2013. Mengawali debut pada tanggal 4 Januari 2017, TST pernah mengeluarkan mini album pertama bertajuk, Time's Up

Kabar meninggalnya Yohan TST tentu mengejutkan banyak pihak. Kamu pun penasaran dengan sosok idol Kpop ini, bukan? Inilah sederet fakta tentang Yohan TST yang Popbela rangkum. 

1. Pernah debut dengan grup bernama NOM

Baru Berulang tahun, Inilah Sederet Fakta Yohan TST yang Tutup Usiastarbiz.net

Pria kelahiran 1992 ini memulai debut pertamanya pada tahun 2013 bersama grup NOM (No Other Man) yang beranggotakan lima orang, yaitu A-in, K, Yohan, Yun dan Tyty. Di grup tersebut, Yohan sudah mengeluarkan tiga single yaitu "Pretty Sister", "You, It's You", dan "Kidding Me". 

Sayang, banyaknya perubahan anggota di grup NOM dan kurang menarik perhatian penggemar membuat grup ini dibubarkan pada tahun 2016. Setahun kemudian, Yohan bergabung dan debut bersama grup baru, TST. Yohan bersama anggota grup lainnya termasuk aktif mempromosikan diri dan berkomunikasi dengan penggemar melalui media sosial dan V Live. Bahkan, bulan Januari lalu TST baru saja merilis single album berjudul Countdown.

2. Mencintai dunia seni dari kecil

Baru Berulang tahun, Inilah Sederet Fakta Yohan TST yang Tutup UsiaInstagram.com/yohanee0416

Yohan TST yang lahir di Ulsan memang mencintai dunia seni sejak kecil. Ia berlatih menari saat masih duduk di bangku sekolah dasar. Melewati banyak rintangan di industri musik, tak membuatnya patah arang dan semangat untuk tetap bisa bertahan di hal yang disukainya. 

Terbukti, gagal debut di grup pertama, Yohan TST masih ingin terus berkarya dengan debut kembali di grup barunya. Selain itu, Yohan TST juga jago masak. Menurut A-In TST, ia merupakan juru masak di grup. 

3. Pengagum grup Kpop senior lintas generasi

Baru Berulang tahun, Inilah Sederet Fakta Yohan TST yang Tutup UsiaInstagram.com/yohanee0416

Walau berbeda agensi dan generasi, namun Yohan TST termasuk penggemar dari grup senior Kpop, lho. Ia mengaku kalau dirinya merupakan penggemar dari grup BTOB, INFINITE, B.A.P, VIXX. 

4. Punya segudang talenta

Baru Berulang tahun, Inilah Sederet Fakta Yohan TST yang Tutup UsiaInstagram.com/yohanee0416

Tak hanya piawai menari, Yohan TST juga punya segudang talenta lain seperti bermain piano, drum,  sampai beatboxing. Di grup TST sendiri, Yohan mendapat posisi sebagai seorang vocalist, lho. Pemilik golongan darah O ini juga sangat mencintai binatang. 

Hal ini terungkap dari postingan di akun Instagram miliknya, ia mempunyai seekor kucing putih berbulu yang ia rawat dan sayangi. Ia juga sering mengunggah video tentang kucing kesayangannya itu.

5. Terlihat aktif di sosial media dan baru merayakan ulang tahun ke-28

Baru Berulang tahun, Inilah Sederet Fakta Yohan TST yang Tutup UsiaInstagram.com/yohanee0416

Hampir setiap bulan, Yohan mengunggah postingan terbaru tentang dirinya agar tetap terhubung dengan penggemar. Dalam fotonya tersebut, Yohan TST tampak menampilkan sisi yang ceria dan memperlihatkan senyum cerahnya. Ia juga terlihat bergembira saat menikmati waktu bersama teman-temannya.

Tepat dua bulan lalu, 16 April 2020. Yohan TST baru saja merayakan ulang tahun ke-28 (umur Korea 29 tahun). Di foto ulang tahunnya tertulis caption "Last birthday of the 20's. Thank you for all the congratulations. Thank to you, I had the best birthday."

6. Dikabarkan meninggal setelah mengunggah postingan terakhir berlatar pantai

Baru Berulang tahun, Inilah Sederet Fakta Yohan TST yang Tutup UsiaInstagram.com/yohanee0416

Pada tanggal 31 Mei 2020, Yohan TST mengunggah postingan terakhir sebelum dirinya menghembuskan napas terakhir. Berlatar pantai dalam balutan busana biru, Yohan TST memamerkan raut bahagianya seolah ingin 'pergi' jauh. Di caption Instagramnya tertulis "I want to travel." 

Kabar meninggal Yohan TST pertama kali diberitakan oleh SPOTV News pada 17 Juni 2020. Sontak, berita duka ini menghebohkan sejumlah pihak, termasuk penggemar. Tak lama kemudian, JSL Company mengeluarkan pernyataan resmi, "Halo, ini adalah agensi dari Top Secret (TST). Kami ingin menyampaikan berita duka bahwa salah satu member Top Secret, Yohan telah meninggal dunia pada 16 Juni 2020." 

7. Penyebab meninggalnya dirahasiakan

Baru Berulang tahun, Inilah Sederet Fakta Yohan TST yang Tutup UsiaInstagram.com/yohanee0416

Meninggal di usia yang sangat muda dan cukup mendadak tentu membuat publik bertanya-tanya, apa penyebab perginya idol Kpop ini. Namun, pihak agensi meminta publik dan penggemar untuk menghormati keputusan keluarga dari mendiang Yohan yang ingin merahasiakan penyebab kematian sang anak. 

Pihak agensi pun dengan tegas mengungkapkan tidak akan menyebarkan desas-desus yang dapat memperkeruh suasana bagi yang ditinggalkan. Tempat persemayaman Yohan TST diadakan di Severance Hospital, Sinchon, Seoul. Sementara, untuk proses pemakaman akan digelar pada 18 Juni 2020 di Yongin, Seoul. 

Itulah sederet fakta tentang Yohan TST yang tutup usia. Semoga Yohan dapat beristirahat dengan tenang. Keluarga, teman, dan penggemar yang ditinggalkan semoga diberi kekuatan, ya, Bela. 

Baca Juga: Deretan Karier Cemerlang Hana Kimura Sebelum Meninggal Dunia

Baca Juga: Aktor Bollywood Sushant Singh Rajput Tewas, Diduga Bunuh Diri

Baca Juga: Tak Jodoh, 3 Calon Pemain Film Gatot Kaca Ini Meninggal dan Dipenjara